Ulasan Mengenai Blibli Paylater
in e-Payment

Ulasan Mengenai Blibli Paylater

Blibli, sama halnya dengan layanan berbelanja online lokal lainnya, kerap meluncurkan terobosan-terobosan baru dalam berbagai bentuk untuk memperbaiki pengalaman transaksi konsumennya sekaligus untuk menarik perhatian konsumen lain. Belum lama ini, perusahaan e-commerce tersebut juga turut menghadirkan fitur PayLater sebagai metode pembayaran dalam layanannya. Opsi pembayaran tersebut adalah hasil kerjasamanya dengan perusahaan fintech lokal Indodana.

Layanan PayLater Blibli umumnya hampir sama dengan layanan serupa yang telah ada, dimana penggunanya dapat memperoleh pinjaman online dengan opsi cicilan 2 sampai 12 bulan. Mungkin fitur seperti PayLater Blibli ini sudah sering Anda temukan, terutama pada beberapa aplikasi yang berbasis dompet digital. Meskipun Blibli lebih berfokus pada pelayanan jual beli online, namun kehadiran fitur ini dinilai mampu membantu pelanggannya dalam menikmati kenyamanan bertransaksi mereka. Oleh sebab itu, berikut adalah beberapa ulasan mengenai fitur PayLater Blibli, mulai dari keuntungan, kekurangan, dan lain sebagainya.

Keuntungan Blibli PayLater

Sejak diluncurkannya pada bulan Mei tahun 2020 kemarin, pengguna layanan Blibli PayLater tengah mengalami peningkatan dengan rata-rata sekitar 63% per bulannya. Para penggunanya pun telah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Peningkatan pengguna layanan ini dapat diperoleh karena layanan Blibli sendiri lebih dipusatkan pada pembelanjaan bahan kebutuhan sehari-hari, sehingga para penggunanya lebih merasa terbantu dengan adanya fitur PayLater sebagai salah satu metode pembayaran dalam layanan tersebut. Beberapa keuntungan lain yang dapat diperoleh dari fitur PayLater Blibli ini, diantaranya:

  1. Beli Sekarang, Bayar Nanti

‘Beli Sekarang Bayar Nanti’ adalah slogan yang tepat untuk setiap pengaplikasian fitur PayLater itu sendiri. Namun, meskipun demikian, perlu diingat kembali bahwa kehadiran fitur semenarik ini bukan tanpa biaya layanan tertentu. Seperti halnya metode pembayaran dengan kartu kredit, terdapat sejumlah bunga yang akan diterapkan di setiap transaksi melalui metode pembayaran ini.

  1. Tenor Cicilan

Meskipun konsepnya adalah kredit online, namun cicilan yang dapat diperoleh melalui fitur ini tanpa harus menggunakan kartu kredit secara fisik lagi. Sehingga pengguna bisa membeli suatu produk tertentu secara online tanpa harus memiliki kartu kredit. Tenor cicilan yang diberlakukan dalam layanan fitur PayLater ini bisa dipilih mulai dari 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 12 bulan. Setiap opsi yang ada tentu saja memiliki nilai bunga yang berbeda, dimana semakin banyak cicilannya, maka bunga juga akan mengikuti.

  1. Kenaikan Limit

Pada dasarnya, bagi pengguna yang terpilih dan dapat melakukan aktivasi pada layanan ini akan diberikan limit layanan maksimal hingga 8 juta rupiah. Namun, Anda juga dapat mengajukan kenaikan limit secara otomatis ataupun manual. Namun sebelum itu, pastikan Anda termasuk pengguna layanan yang sudah sering berbelanja di Blibli dengan fitur PayLater tersebut.

  1. Metode pembayaran tagihan

Pembayaran tagihan melalui fitur PayLater Blibli ini juga termasuk mudah. Tagihan Blibli PayLater yang merupakan hasil penggunaan fitur itu sendiri dapat dibayar melalui rekening BCA, transfer virtual, maupun melalui dompet digital seperti Dana dan Sakuku.

Kekurangan Fitur Blibli PayLater

Meskipun memiliki keuntungan dan manfaat tersendiri, namun tidak dapat dipungkiri bahwa layanan semacam PayLater pada aplikasi digital tentunya memiliki kekeurangan tersendiri juga. Secara detail, beberapa kekurangan dari fitur PayLater dalam layanan Blibli ini, diantaranya yaitu:

  • Fitur ini hanya bisa digunakan untuk transaksi di Blibli dan tidak dapat digunakan untuk belanja diluar dari aplikasi.
  • Seperti sistem kredit pada umumnya, bunga yang mungkin saja bisa diperoleh akan semakin besar seiring dengan tenor cicilan yang juga semakin besar.
  • Setiap transaksi dengan menggunakan fitur PayLater ini akan dikenakan biaya tambahan sebagai biaya layanan.

Bunga Blibli PayLater

Secara garis besar, besaran suku bunga pada setiap transaksi belanja melalui Blibli PayLater disesuaikan dengan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak Blibli maupun Indodana selaku perusahaan fintech yang bekerjasama dalam meluncurkan fitur ini. Bunga untuk fitur pembayaran ‘beli sekarang bayar nanti’ adalah sebesar 2%. Sedangkan, bunga untuk metode cicilan 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan adalah sebesar 3%. Sementara itu, biaya layanan melalui fitur ini akan disesuaikan dengan nominal transaksi yang dilakukan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment