Trik Cara Menambang Bitcoin
in Crypto

Trik Cara Menambang Bitcoin

Salah satu cara mendapatkan mata uang kripto Bitcoin adalah dengan menambang (mining). Bagaimana cara menambang Bitcoin? Untuk memahami penambangan, Anda harus tahu dulu apa itu blockchain. Faktanya, blockchain bukanlah inovasi paling menarik yang pernah dibawa Bitcoin. Blockchain tidak lebih dari rantai blok yang terhubung satu sama lain dengan cara yang cerdik.

Memahami Cara Kerja Blockchain

Dalam blockchain, setiap blok adalah baki data yang diisi dengan data transaksi dan sidik jari dari blok sebelumnya. Karena setiap blok baru berisi sidik jari dari blok sebelumnya, seluruh sejarah blockchain, rantai blok, dimasukkan ke dalam blok baru. Jika Anda mengubah aspek kecil di blok sebelumnya, sidik jari berubah dan dengan itu sidik jari dari semua blok berikutnya pun begitu. Jika seseorang menyesuaikan transaksi, ini segera terlihat karena sidik jari dari semua blok berikutnya berubah.

Dalam istilah teknis, sidik jari dari sebuah blok dapat dikatakan sebagai hash. Ini adalah string acak huruf dan angka yang selalu memiliki panjang yang sama. Untuk menghasilkan hash, penambang menggunakan rumus matematika yang rumit di mana semua informasi dari blok dihentikan. Sebagai contoh:

Masukkan BLOK 1

Blok hash sebelumnya: 00000

Piet mengirim 1 bitcoin ke Henk

Henk mengirim 2 bitcoin ke Ria

Ria mengirim 1 bitcoin ke Piet

Ingrid mengirim 1 bitcoin ke Henk

Informasi ini bersama-sama menghasilkan hash ‘6U9P2’. Hash ini kemudian digunakan lagi saat menghasilkan hash untuk blok berikutnya.

Masukkan BLOK 2

Hash blok sebelumnya: 6U9P2

Henk mengirim 1 bitcoin ke Piet

Piet mengirim 2 bitcoin ke Ria

Ingrid mengirim 1 bitcoin ke Piet

Henk mengirim 1 bitcoin ke Ria

Informasi ini menghasilkan hash ‘8Y5C9’. Jika kita mengubah informasi di blok pertama, hashnya akan berubah. Karena hash dari blok pertama digunakan sebagai input untuk menghasilkan hash dari blok kedua, hash dari blok kedua juga akan berubah. Pada dasarnya beginilah cara kerja blockchain! Anda sekarang mengerti bahwa sangat mudah untuk melihat jika seseorang mencoba untuk membalikkan transaksi atau mengubah hal-hal lain di blok.

Konsep Penambangan Bitcoin

Sederhananya, ketika Anda membiarkannya menambang, komputer akan terus-menerus menghitung hash yang merupakan solusi untuk blok berikutnya. Dalam contoh di atas digunakan hash dengan panjang hanya 5 karakter. Misalnya, blockchain Bitcoin bekerja dengan algoritma SHA-256 untuk menghasilkan hash.

Sekarang Anda mungkin berpikir, seberapa sulitkah itu? Jika Anda memiliki hash dari blok sebelumnya dan Anda memasukkan transaksi dari blok baru ke dalam algoritma, bukankah hash yang baik akan keluar dengan sendirinya? Betul sekali! Tapi ada aturan permainan penting yang menentukan kesulitan menambang. Untuk mempersulit penambang, protokol mengharuskan jumlah karakter X pertama dari solusi menjadi 0 (nol). Itulah bagian cerdik dari mekanisme Proof of Work (PoW) yang digunakan oleh hampir setiap cryptocurrency. Ini adalah ukuran yang menentukan seberapa sulit untuk menghasilkan hash yang benar.

Setiap hash harus dimulai dengan setidaknya 18 angka nol untuk diterima sebagai sidik jari yang valid untuk blok baru. Semakin banyak komputer yang terlibat dalam proses, semakin tinggi kesulitannya. Mekanisme ini memastikan bahwa menambang satu blok membutuhkan waktu rata-rata sekitar 10 menit. Apakah lebih banyak komputer bergabung dengan jaringan? Maka penyelesaian harus ditemukan dengan lebih dari 18 nol.

Sebuah algoritma menghasilkan hash berdasarkan input yang Anda berikan. Input ini mencakup transaksi di blok, time stamp, sidik jari dari blok sebelumnya dan nonce. Anda dapat melihat nonce sebagai solusi atau kunci yang dicari para penambang secara massal. Penambang mengubah nonce sampai hash keluar dari algoritma yang dimulai dengan 18 nol. Satu-satunya hal yang terus-menerus dikerjakan oleh semua komputer itu adalah menyesuaikan variabel ini dan memeriksa apa yang kemudian dihasilkan oleh algoritma. Apakah mereka memiliki hash dengan 18 nol? Kemudian mereka menunjukkannya ke seluruh jaringan sesegera mungkin. Penambang lain kemudian dapat memeriksa blok dan jika benar menambahkannya ke blockchain.

Penambang yang pertama kali menemukan dan mempublikasikan jawaban yang benar akan menerima hadiah berupa keping bitcoin. Saat ini, hadiah ini adalah 12,5 bitcoin per blok. Setiap 210.000 blok, hadiah ini berkurang 50%. Di dunia crypto, ini juga disebut halving. Halving bitcoin berikutnya dijadwalkan pada Mei 2020. Ini telah ditunggu-tunggu oleh komunitas Bitcoin untuk sementara waktu karena selalu memiliki efek positif pada harga sejauh ini. Cukup logis juga, karena jumlah bitcoin baru yang bisa masuk ke pasar berkurang setengahnya.

Jika Anda menggunakan komputer untuk menambang maka perangkat ini terus bekerja untuk menemukan jawaban untuk blok tersebut. Yaitu, mencari nonce yang menyebabkan output dari algoritma hashing dimulai dengan 18 nol (tingkat kesulitan). Bila menemukan maka kemudian komputer menyajikannya ke jaringan. Jaringan kemudian dapat dengan cepat memeriksa apakah jawaban yang ditemukan benar dengan memasukkannya ke dalam algoritma hashing. Apakah akan ada hash yang dimulai dengan 18 nol? Jika jawabannya benar maka jaringan akan menambahkan blok Anda ke blockchain. Jawaban yang ditemukan komputer Anda adalah bukti dari pekerjaan yang telah dilakukan atau Proof of Work.

Cara Menambang Bitcoin Sendiri

Apakah Anda ingin mulai menambang Bitcoin sendiri? Pada dasarnya ada dua cara Anda dapat melakukannya. Anda dapat memilih untuk membeli peralatan sendiri dan membangun pengaturan Anda sendiri, tetapi Anda juga dapat mengalihdayakannya dan menyewa dari perusahaan cloud mining. Dalam kasus cloud mining, pada dasarnya Anda tidak perlu mengatur apa pun sendiri. Ini adalah perusahaan yang telah mendirikan pusat data mereka sendiri di negara-negara di mana listrik murah.

Komputer yang menambang cryptocurrency menghabiskan banyak listrik dan karenanya menjadi sangat panas. Untuk mencegah peralatan mahal dari rusak karena panas, penting bahwa harus dipasang banyak pendingin. Karena alasan inilah negara-negara seperti Islandia, karena suhunya yang rendah, merupakan lokasi yang populer untuk jenis bisnis ini.

Keuntungan besar dari cloud mining adalah Anda dapat mulai menambang cryptocurrency tanpa memiliki banyak keahlian. Anda tidak perlu membeli perangkat, Anda tidak perlu menginstalnya sendiri dan Anda tidak menderita panas dan kebisingan yang dihasilkan selama penambangan. Namun, sebelum Anda baru memutuskan untuk membayar cloud mining, disarankan untuk melakukan penelitian dulu. Ada banyak penipu di internet. Apakah layanan tersebut transparan tentang rincian kontak dan alamat mereka? Apakah mereka memiliki gambar pusat data mereka secara online? Adakah banyak review bagus tentang mereka?

Sementara jika Anda ingin mengatur semuanya sendiri, penting untuk membaca dengan cermat dan memikirkan koin mana yang ingin ditambang. Tidak setiap koin menggunakan algoritma hashing yang sama dan Anda memerlukan perangkat keras yang berbeda untuk bentuk yang berbeda. Misalnya, untuk Bitcoin dan Litecoin Anda memerlukan ASIC untuk menambang seefisien mungkin, tetapi untuk menambang Ethereum Anda memerlukan GPU yang kuat. Bahkan ada perbedaan antara merek AMD dan NVIDIA.

Karena semakin banyak persaingan di antara para penambang, menjadi semakin tidak menguntungkan untuk memulai penambangan. Pada akhirnya, hanya satu penambang beruntung yang diizinkan untuk menambahkan blok berikutnya ke blockchain Bitcoin dan mengklaim bitcoin sebagai hadiah. Jika Anda menambang dengan 10.000 orang pada satu waktu, itu bisa memakan waktu lama sebelum Anda muncul sebagai pemenang. Untuk menyebarkan risiko, orang-orang mulai bekerja sama dalam apa yang disebut mining pool.

Anda menggabungkan kekuatan komputer yang tersedia dengan seluruh kelompok orang dan bersama-sama mencari solusi untuk blok berikutnya. Apakah kumpulan penambangan Anda dapat menambahkan blok berikutnya ke blockchain? Kemudian Anda mendapatkan hadiah dan dibagi sesuai dengan jumlah daya komputasi yang telah disumbangkan setiap peserta. Dengan cara menambang bitcoin ini Anda memiliki pendapatan yang jauh lebih teratur dan lebih aman daripada jika Anda mulai menambang secara individual.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment