Tips Sebelum Memulai Bisnis Impor Barang China yang Perlu Anda Pahami
in Umum

Tips Sebelum Memulai Bisnis Impor Barang China yang Perlu Anda Pahami

Bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis impor barang China, ada berbagai macam hal penting terkait dengan bisnis impor yang Anda harus pahami. Dengan menjalankan tips tersebut tentu saja bisnis yang Anda jalankan berpotensi besar untuk berkembang.

Bisnis Anda juga tidak akan mandek di tengah jalan karena Anda salah jalur atau salah memulainya. So, informasi selengkapnya tentang tips sebelum menjalankan bisnis impor barang China yang Anda harus pahami dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini. Let’s check these out!

Tips Sebelum Memulai Bisnis Impor Barang China

Lakukan riset produk dan riset pasar

Tips sebelum memulai bisnis impor barang China yang pertama perlu Anda pahami adalah melakukan riset. Ada dua macam riset yang Anda perlu pahami yaitu riset produk dan riset pasar. Jadi, riset sangat penting untuk menentukan siapa target market Anda, apakah market Anda wanita atau pria, berapa usia dari target market Anda dan berbagai aspek terkait lainnya.

Setelah informasi tentang riset pasar sudah Anda kantongi, Anda dapat melakukan riset produk. Cari tahu produk apa yang disukai sesuai dengan target pasar yang Anda bidik. Dengan begitu Anda dapat menyediakan produk sesuai kebutuhan dan dapat memasarkannya tepat sasaran.

Cari penjual yang mampu memberikan harga terbaik

Setelah Anda menemukan produk yang sesuai untuk dijual, sekarang adalah waktu untuk Anda mencari penjual yang berani memberikan harga terbaik dan kompetitif. Caranya adalah dengan Anda mencoba untuk memanfaatkan platform jual beli online yang terdapat di berbagai situs yang ada di internet.

Mencari platform jual beli online di internet sangat mudah, tinggal ketik saja kata kuncinya. Atau jika Anda sudah tahu alamat marketplacenya, langsung Anda buka saja situsnya dan lakukan pencarian atas produk yang Anda inginkan.

Di situs tersebut, berbagai informasi akan Anda dapatkan mulai dari informasi tentang range harga, ketentuan pembelian, minimal order, spesifikasi produk, dan sebagainya. Cari penjual atau seller di marketplace yang memberikan produk sesuai dengan kebutuhan, kualitas yang mumpuni dan harga yang bersahabat. Dengan begitu produk terbaik akan Anda dapatkan.

Buat tanda pengenal importir

Sebagai seorang importir, Anda harus melakukan registrasi kepabea-an. Anda harus melakukan pendaftaran ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk mendapatkan Nomor Identitas Kepabeaan (NIK).

Pengurusan Angka Pengenal Importir (API) juga diperlukan. Terdapat dua jenis API. Jenis pertama adalah API-U yang ditujukan pada barang impor yang akan dijual kembali. API-P adalah jenis API kedua yang ditujukan pada barang impor yang akan digunakan sendiri.

Untuk pengurusan API-U, Anda dapat melakukan permohonan kepada Kepala Dinas Provinsi terkait dengan melampirkan beberapa dokumen berikut ini :

  • Fotocopy Akta Notaris Pendirian Perusahaan beserta perubahannya
  • Fotocopy surat keterangan domisili kantor pusat perusahaan yang masih berlaku atau fotocopy perjanjian sewa atau kontrak tempat usaha
  • Fotocopy izin usaha di bidang perdagangan
  • Fotocopy Tanda Daftar Perusahaan (TDP)
  • Fotocopy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan atau perseorangan dan penanggung jawab perusahaan
  • Referensi dari bank devisa
  • Fotocopy KTP atau paspor penandatanganan API yaitu direksi dan kuasa direksi.
  • Pas foto terakhir dengan latar belakang merah berukuran 3 x 4 cm

Manfaatkan pemasaran secara online

Bisnis online kini sedang menjadi trend di Indonesia. Hampir sebagian besar orang lebih nyaman membeli suatu produk secara online, memanfaatkan internet. Karena itu, Anda dapat mulai memasarkan produk impor yang Anda jual secara online.

Dengan melakukan pemasaran secara online, pangsa pasar yang bisa Anda jangkau juga akan jauh lebih luas. Dibandingkan sewa toko yang membuat Anda terbebani biaya sewa, lebih baik pasar online Anda kembangkan dan biaya sewa toko dapat Anda alihkan untuk biaya iklan. Dengan demikian bisnis impor barang China Anda akan jauh lebih berkembang pesat.

Anda yang ingin memulai bisnis impor barang China, beberapa tips di atas perlu Anda perhatikan dan pahami. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan menginspirasi.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment