Tips Mudah Mencari Forwarder Alibaba di Indonesia

Alibaba adalah marketplace terbaik sebagai tempat kulakan aneka barang untuk dijual di toko online Anda. Harga murah yang langsung dari produsen adalah pertimbangan utama para pembeli memesan barang di sana. Alibaba berpusat di China dan masih satu kerabat dengan Aliexpress yaitu di bawah kendalai Alibaba Group. Berbagai kelebihan Alibaba berikut ini boleh jadi akan membuat Anda segera berpaling ke pusat grosir online terbesar di dunia ini :

  1. Harga murah

Alibaba menawarkan kepada pembeli akses ke harga grosir yang bahkan lebih rendah dari apa yang ditawarkan di Amerika untuk produk yang sama.

  1. Berbagai macam produk

Ada jutaan produk di dalam hampir setiap kategori. Anda boleh jadi dapat menemukan produsen yang menawarkan apa yang dikehendaki.

  1. Kemudahan untuk kustomisasi

Anda dapat menyesuaikan produk sesuai dengan yang anda inginkan. Mungkin Anda hanya ingin merek Anda sendiri ditambahkan ke suatu produk. Atau mungkin Anda membutuhkan sesuatu yang spesifik. Anda bisa menyesuaikan produk sesuai keinginan Anda tanpa banyak kesulitan.

  1. Kemasan produk

Sama sebagaimana Anda dapat menyesuaikan produk, Anda pun bisa menyesuaikan kemasan sesuai yang Anda inginkan. Anda dapat memastikan bahwa produk yang anda pesan memang sudah sesuai dengan spesifikasi yang anda tetapkan.

  1. Cek kualitas produk lebih dulu sebelum dijual

Dengan sistem dropship, Anda tidak dapat benar-benar melihat produk sebab langsung dikrimkan ke pembeli Anda. Anda tidak tahu bagaimana kualitasnya. Namun dengan membeli di Alibaba, produk akan dikirim kepada Anda lebih dulu, sehingga Anda dapat mengeceknya sebelum dijual lagi ke konsumen.

  1. Langsung bekerjasama dengan supplier

Anda bisa bekerjaama langsung dengan produsen. Anda harus mengecek supplier Anda dengan teliti untuk memastikan bahwa supplier itu bukan hanya perantara.

  1. Mendapatkan supplier berkualitas

Saat ini sistem di Alibaba kian ketat sehingga Anda sebagai pembeli dapat memilih dengan mudah mana supplier berkualitas.Kemungkinan untuk mengalami masalah di kemudian hari cukup kecil sebab sistem Alibaba sudah menyaring hanya para pemasok terbaik yang bisa memajang produknya di sana. Hanya saja bagi pemula mungkin agak kesulitan sebab mekanisme cara belanja di Alibaba memang agak rumit. Karena melibatkan perdagangan antar dua negara maka di sini pembeli dari Indonesia akan berurusan dengan Customs atau bea cukai. Solusi bagi pembeli pemula yaitu memanfaatkan jasa forwarder Alibaba. Mencari forwarder Alibaba di Indonesia mungkin gampang-gampang susah.

Bilamana pembeli Alibaba tak memanfaatkan jasa forwarder ketika membeli barang dalam jumlah banyak maka mungkin saja karena belum berpengalaman barang tertahan di bea cukai. Pembeli diharuskan membayar berbagai jenis pajak dan biaya lain sehingga barang dapat diambil. Karena itu bila pembeli tak ingin repot menangani semuanya maka sebaiknya manfaatkan jasa forwarder. Ada banyak layanan seperti ini di Indonesia, namun untuk keamanan dan kenyamanan, Rajabeli.com adalah layanan yang paling direkomendasikan.

Jadi prosedurnya ketika pembeli menggunakan jasa forwarder, barang yang dibeli dari Alibaba diperintahkan untuk dikirimkan ke warehouse yang dimiliki forwarder di China. Alamat warehouse di China biasanya akan dikirimkan forwarder begitu negosiasi dengan pembeli deal. Selanjutnya penjual akan mengirimkan barang ke gudang milik forwarder sesuai yang diinstruksikan pembeli. Penjual harus mencantumkan marking code dan juga meminta nomor resi pengiriman begitu barang dikirimkan ke warehouse sehingga forwarder bisa memantau posisi barang terakhir.

Pihak forwarder akan menangani pengiriman barang ke Indonesia yang bisa melalui kapal udara ataupun kapal laut. Begitu barang tiba di Bandara atau Pelabuhan di Indonesia selanjutnya prosedur Custom Clearance, dokumen dan sebagainya yang diminta oleh Bea Cukai akan ditangani forwarder. Sesudah proses custom clearance beres, barang akan diambil forwarder ke gudang mereka. Forwarder akan menghubungi pembeli begitu barang masuk ke warehouse forwarder di Indonesia. Pembeli akan dikirimi tagihan berdasarkan nilai barang yang sudah keluar. Begitu pembeli melunasi tagihan tersebut maka pihak forwarder akan mengirimkan barang ke alamat tujuan pembeli.

Untuk pengiriman menggunakan kapal udara biasanya akan lebih cepat dibanding dengan kapal laut. Estimasinya bila dihitung waktunya dari barang sampai di warehouse forwarder di China bila menggunakan kapal udara sekitar 7-12 hari kerja sementara bila menggunakan kapal laut bisa mencapai 4-5 minggu hari kerja. Waktu pengiriman bisa saja molor jika terjadi kondisi redline. Biaya layanan forwarder Alibaba akan berbeda-beda ditentukan oleh oleh jenis barangnya. Namun yang pasti biaya layanan forwarder Rajabeli.com sangat kompetitif dengan kualitas layanan yang sangat memuaskan dan tepat waktu sesuai perjanjian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *