Tips Menjadi Seller di eBay
in ebay

Tips Menjadi Seller di eBay

Jika bicara tentang suatu e-commerce, pembahasan menarik yang bisa di bahas bukan hanya tentang bagaimana cara membeli di e-commerce tersebut melainkan juga bagaimana cara menjualnya. Demikian juga tentang eBay.

Ada banyak orang yang tidak hanya ingin belanja di eBay melainkan juga ingin menjadi seller di eBay. Untuk menjadi seller, berikut kami akan ulas bagaimana panduannya untuk Anda termasuk panduan dalam mencairkan dana hasil penjualan jika transaksi penjualan selesai dilakukan. So, simak informasi lengkapnya berikut ini!

Tata Cara Menjadi Seller di eBay

Pastikan Anda punya akun eBay

Untuk menjadi seller di eBay, caranya sangat mudah. Anda hanya perlu daftar seperti biasa dan akan segera mendapatkan email konfirmasi. Kemudian login masuk ke eBay dan cari menu sell on ebay lalu create listing. Disana Anda dapat memajang semua barang dagangan Anda.

Jangan lupa, Anda siapkan foto produk yang menarik, keterangan dan input harga barang. Pastikan Anda menaksir harga barang jangan terlalu murah atau terlalu mahal. Sesuaikan dengan nilai pembuatan produk dan margin yang memang harus Anda dapatkan.

Miliki akun PayPal yang sudah terverifikasi

Buatlah akun PayPal melalui website Paypal.com. Kemudian pilih akun primer. Setelah itu lakukan verifikasi PayPal tersebut dengan memanfaatkan kartu kredit.

Perhatikan barang yang diperjual belikan

Untuk yang satu ini, sangat dianjurkan agar Anda memilih menjual barang di eBay dengan sistem dropship. Karena jika Anda berjualan barang sendiri, biaya kirim dari Indonesia ke negara lain akan sangat mahal.

Berbeda dengan China yang kebanyakan biaya kirimnya gratis. Jadi jika Anda berjualan, pastikan Anda mencari seller yang berasal dari China. Dengan begitu Anda akan mendapatkan layanan gratis yang Anda bisa manfaatkan untuk memback up margin yang harus Anda dapatkan.

Jika transaksi penjualan sudah berhasil dilaksanakan, baru pencairan hasil penjualan bisa dilakukan. Mengenai bagaimana tutorial pencairan hasil penjualannya bisa dilakukan sesuai langkah berikut ini :

Cara mencairkan uang hasil penjualan

Jika Anda merupakan seller yang masih baru, jika ada buyer yang membeli barang dan melakukan transfer sejumlah dana melalui PayPal, uang tersebut tak bisa secara langsung dicairkan atau dipergunakan.

Biasanya saldo hasil penjualan Anda akan ditahan kurang lebih selama 21 hari atau jika buyer melakukan konfirmasi bahwa barang tersebut telah diterima. Akan tetapi juga terdapat beberapa cara agar saldo tersebut dapat cair lebih cepat yaitu :

  • Upload tracking number dari jasa pengiriman, jika ini Anda lakukan maka saldo Anda dapat cair dalam kurun waktu 3 hari setelahnya. Biasanya metode ini membuat Anda harus membayar biaya dari perusahaan jasa pengiriman yang Anda pilih.
  • Tandai barang sebagai “shipped” maka kemudian saldo akan cair dalam kurun waktu 7 hari setelahnya.

Berhati – hatilah dengan biaya listing barang yang dibebankan

Biasanya dalam melakukan listing barang, Anda akan dibatasi untuk melisting sampai 10 item. Kemudian untuk barang tertentu, Anda akan dikenai biaya listing. Jika hal ini terjadi maka Anda harus sangat berhati – hati.

Namun satu hal yang Anda harus tahu bahwa biasanya sebelum barang diterbitkan dengan listing, pemberitahuan biaya yang dikenakan dari proses listing akan diiinformasikan. Pastikan bahwa biaya tersebut tertulis $0 sebelum listing diterbitkan.

Cari tahu fee dari barang yang terjual dan fee paypal

Untuk fee dikenakan biaya sekitar 1% dari harga barang yang sudah dijual. Perlu Anda tahu juga bahwa ketika Anda melakukan berbagai macam transaksi baik itu transaksi keluar atau transaksi masuk di PayPal, maka feenya akan Anda dapatkan setelahnya.

Mengenai berapa presentase feenya kurang lebih berada di kisaran 0 – 5%. Yang jelas, presentase feenya tidak lebih dari 5%.

Itulah sekilas informasi tentang panduan dan tata cara menjadi seller di eBay beserta metode pencairan hasil penjualan yang bisa dilakukan. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan menginspirasi.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment