Tips Menghindari Modus Penipuan Belanja Online di Shopee
in Shopee

Tips Menghindari Modus Penipuan Belanja Online di Shopee

Tips menghindari penipuan belanja online melalui Shopee, harus tetap waspada ! Aksi penipuan memang selalu kerap terjadi karena penipunya sendiri selalu mencari cara baru yang seolah tidak ada habisnya.

Salah satu marketplace raksasa yang hingga kini masih kencang melakukan bakar-bakar uang yaitu Shopee. Berbagai promo menarik tentunya sangat ampuh membuat banyak orang untuk menggunakan marketplace yang khas dengan warna orange ini.

Salah satu promo besar yang paling terasa yaitu potongan gratis ongkir yang dapat memperingan total biaya belanja para penggunanya. Belum lagi pada hari spesial seperti 10.10 11.11 atau lainnya maka akan ada potongan harga dan gratis ongkir yang lebih banyak lagi.

Nah, dengan semakin terkenalnya shopee maka tidak heran jika menjadi incaran utama para penipu yang dapat merugikan pihak pembeli maupun penjual.

Untuk anda yang masih baru belanja dari Shopee maka sebaiknya ketahui tips berikut ini agar bisa terhindar dari penipuan yang sangat merugikan.

Tips menghindari penipuan belanja online Shopee

Pihak developer Shopee sebetulnya dari waktu ke waktu selalu rajin melakukan berbagai update guna membuat para pengguna merasa nyaman.

Contohnya saja seperti perbaikan bug pada aplikasi, penambahan fitur dan tentu saja peningkatan keamanan akun untuk semua transaksinya.

Jadi pada dasarnya menggunakan aplikasi Shopee untuk berjualan atau belanja sudah tergolong sangat aman. Lalu tentunya muncul pertanyaan kenapa masih ada kejadian penipuan online yang bisa merugikan salah satu pihak ?

Dari kasus-kasus yang hingga kini masih terjadi pada umumnya karena kecerobohan dari pengguna aplikasi shopee itu sendiri. Untuk lebih jelasnya silahkan simak hal-hal penting berikut ini.

PIN dan Kode OTP

PIN dan kode OTP sangat penting untuk dirahasiakan kepada orang lain termasuk admin resmi shopee sekalipun. Jadi dengan kata lain hanya pemilik akun resmi saja yang boleh mengetahui PIN dan kode OTP dari Shopee.

Tidak ada alasan apapun yang dapat diterima jika ada orang lain yang ingin meminta pin akun shopee anda. Sebab jika sampai bocor maka sudah pasti kasus penipuan akan terjadi yang membuat kerugian besar pada diri anda sendiri sebagai pengguna platform orange ini.

PIN itu sendiri ada dua jenis yaitu untuk login Shopee dan untuk akses transfer e-wallet shopeepay. Jadi tips aman berikutnya yang harus anda perhatikan yaitu membuat dua pin yang berbeda, jangan sama persis.

Sedangkan kode OTP berfungsi untuk memberikan keamanan tambahan. Password yang terdiri dari 6 digit ini hanya bisa sekali pakai, dan tentunya hanya anda sendiri yang boleh mengetahuinya.

Lakukan pembayaran langsung dari Shopee

Jika anda belanja dari Shopee maka saat bayar sudah tentu harus ke rekening shopee juga, bukannya platform lain yang tidak jelas.

Para penipu selalu menggunakan cara klasik ini untuk membodohi para pengguna yang masih awam. Biasanya para penipu ini mempunyai berbagai alasan yang dapat membuat bingung calon korban.

Contohnya saja seperti aplikasi sedang error, shopeepay belum aktif, atau alasan tidak masuk akal lainnya.

Untuk itulah sebagai tips aman bertransaksi di Shopee sebaiknya jangan percaya jika disuruh untuk transfer ke rekening lain selain Shopee.

Bagaimana jika sudah terlanjur kena tipu ?

Jika kesalahan murni dari kecerobohan anda sendiri seperti memberikan kode otp atau PIN maka sulit kemungkinan untuk uang bisa kembali lagi.

Namun jika masih penasaran anda bisa mencoba menghubungi Customer Service resmi Shopee 1500702.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment