Tips Memilih Jasa Import Barang dari China yang Mesti Diketahui oleh Pemula
in Forwarder

Tips Memilih Jasa Import Barang dari China yang Mesti Diketahui oleh Pemula

Bagi sebagian besar orang, mereka akan mengira bahwa proses import itu rumit dan butuh biaya yang sangat mahal. Padahal di zaman yang serba mudah ini, proses import pun dapat kita lakukan dengan sangat mudah yakni dengan menggunakan jasa import barang.

Misalnya pada proses import barang dari China ke Indonesia. Jika dilakukan sendiri tentu akan sulit, terlebih jika belum paham sama sekali alur import dan tranportasinya. Namun, dengan hadirnya jasa import barang, maka semua itu bisa dilakukan secara lebih mudah, lebih murah, dan lebih cepat.

Akan tetapi, tidak semua jasa import barang dari China itu bagus sehingga kita perlu memilah-milah dengan teliti sebelum menggunakan jasa mereka. Karena, jika sampai salah pilih tentu kita sendiri yang akan rugi, seperti barang nyangkut di bea cukai atau bahkan barang tidak dikirim sama sekali.

Maka dari itu, di kesempatan kali ini kami ingin berbagi beberapa tips seputar tips memilih jasa import barang dari China yang dapat kalian pilih nantinya. Yuk simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Apa itu Jasa Import Barang dari China?

Jasa import barang dari China merupakan perusahaan penyedia jasa pengangkutan barang dari China ke Indonesia secara menyeluruh.

Maksud dari secara menyeluruh di sini ialah semua hal yang berkaitan dengan pengakutan atau pengiriman barang akan menjadi tanggung jawab penyedia jasa. Misalnya berupa:

  • Pembelian barang dari suplier, penjual, atau marketplace
  • Penerimaan barang dari pihak penjual ke gudang tujuan di China
  • Penyimpanan barang yang telah dibeli klien selama belum dikirimkan
  • Sortasi (pemilahan jenis paket), pengukuran barang
  • Penimbangan dan pengukuran volume barang untuk penentuan biaya kirim
  • Penentuan rute pengiriman transportasi yang tepat
  • Pengurusan dokumen ekspor dari negara China
  • Penyelesaian segala perizinan yang dibutuhkan
  • Pengurusan dokumen impor dari negara Indonesia
  • Pendaftaran asuransi pengiriman barang serta pengajuan klaim
  • Penentuan tarif biaya pengiriman dan biaya lain yang dibutuhkan
  • Penyelesaian masalah penahanan barang di bea cukai

Dengan melakukan segala hal tersebut, tentunya pihak klien / pembeli tidak perlu repot-repot mengurus hal apapun seperti biaya pengiriman maupun dokumen perizinan yang dibutuhkan.

Hanya dengan bersantai di rumah, maka barang akan sampai dengan cepat, aman, dan tentunya tepat sesuai alamat tujuan.

Skema Proses Import Barang dari China ke Indonesia

Dalam proses pengiriman barang, jasa import akan menggunakan beberapa jenis skema pengiriman seperti berikut ini:

a)      Pembelian dan Pengiriman Barang ke Gudang di China

Pertama, barang dibeli dulu oleh pihak klien kepada pihak penjual baik itu supplier maupun marketplace seperti Alibaba, Aliexpress, 1688, Taobao, atau lainnya.

Selanjutnya, barang yang telah dibeli tersebut dikirim ke gudang yang berlokasi di kota-kota besar di China seperti di Shanghai, Shenzhen, Guangzhou, Yiwu, dan lainnya.

b)      Pengiriman Barang dari China ke Indonesia

Setelah sampai di gudang China, selanjutnya barang akan diproses dan dikemas ulang untuk tujuan selanjutnya yakni dimuat dalam alat transportasi pengiriman yang akan telah disepakati.

Begitu barang dimuat, maka selanjutnya akan dikirimkan ke Indonesia dengan tujuan utamanya ialah bandara atau pelabuhan di Jakarta. Namun ada juga yang melalui kota lain seperti Surabaya, Bali, Medan, atau lainnya.

c)       Pengantaran Barang ke Alamat Tujuan

Jika sudah sampai Indonesia, maka pihak jasa import akan mengurus segala hal yang berkaitan dengan proses bea cukai. Misalnya pengurusan dokumen impor, pembayaran pajak, dan lain sebagainya.

Apabila barang dinyatakan lolos oleh  pihak kepabeanan, selanjutnya akan diantarkan ke alamat pembeli menggunakan jasa ekspedisi lokal seperti POS, JNE, JnT, Sicepat, dan masih banyak lagi.

Tips Memilih Jasa Import Barang dari China yang Perlu Diketahui

Inilah hal-hal yang perlu kalian perhatikan apabila ingin menggunakan jasa import barang dari China ke Indonesia:

1)      Gunakan Jasa Import yang Berpengalaman

Salah satu tips memilih jasa tips barang dari China yang pertama kali harus diperhatikan ialah memastikan bahwa jasa import yang digunakan adalah jasa yang berpengalaman.

Lalu, seperti apa sih jasa import yang berpengalaman? Berikut ciri-cirinya yang perlu kalian ketahui:

  • Sudah melayani jasa yang sama selama bertahun-tahun
  • Punya banyak customer dari berbagai kalangan
  • Tersedia portofolio yang banyak dan lengkap
  • Review yang diberikan pelanggan bagus

2)      Pastikan Tarif Pengiriman yang Dikenakan Wajar

Apabila tarif pengiriman yang dikenakan oleh jasa import tidak wajar seperti terlalu murah atau terlalu mahal, maka kalian mesti curiga dengan hal tersebut.

Pasalnya, jasa pengiriman dari China umumnya mengenakan harga yang sesuai dengan standar dalam dunia pengiriman. Jadi, kalian perlu  membandingkan dulu antara satu jasa dengan jasa lain terkait  biaya yang mereka tetapkan.

3)      Pertimbangkan Syarat Minimum Quantity Pengiriman

Umumnya, jasa import barang dari China memiliki batasan dalam jumlah pengiriman. Kebanyakan dari mereka juga hanya melayani klien yang memesan barang dalam jumlah besar karena dianggap lebih menguntungkan serta mudah dalam penyewaan kontainer saat pengiriman barang nantinya.

Namun, hal tersebut tentunya menyulitkan klien yang memesan dalam jumlah kecil. Biasanya, klien ini termasuk ke dalam klien individu yang hanya membutuhkan barang dalam jumlah kecil.

Nah, bila kalian juga termasuk ke dalam klien seperti demikian, maka pilihlah jasa import yang menyediakan syarat minimum quantity yang rendah.

Rekomendasi Jasa Import Barang dari China Terbaik dan Terpercaya

Saat ini, jasa import barang dari China sangat banyak. Bahkan, karena saking banyaknya mungkin kalian sendiri akan kesulitan untuk memilih mana yang terpercaya dan mana yang tidak. Kami salah satu jasa import barang dari China terbaik yakni Rajabeli.com.

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh www.rajabeli.com:

  • Berpengalaman: layanan pengiriman barang melalui Rajabeli.com dijamin aman, cepat sampai, dan minim kerusakan. Hal ini karena ia telah berpengalaman selama puluhan tahun dlam mengirimkan paket dari China ke Indonesia.
  • Gratis Konsultasi: bingung terkait pengiriman dan pembiayaan import? Jangan ragu hubungi contact center Rajabeli.com untuk mendapatkan sesi konsultasi gratis baik melalui WA maupun telepon.

Nah itulah beragam tips memilih jasa import barang dari China yang dapat kalian pilih. Semoga bermanfaat dan sampai bertemu lagi di artikel yang akan datang!

whatsapp_rajabeli.com

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment