Tips Komunikasi dengan Seller di Alibaba

 

Bagi Anda yang hendak melakukan transaksi jual beli di Alibaba, mungkin Anda belum tahu bagaimana caranya mengingat Anda mungkin belum familiar dengan aplikasi ecommerce satu ini. Tidak usah panik, ini dia beberapa tips melakukan transaksi di Alibaba, terutama untuk tips berkomunikasi dengan seller.

Tips Berkomunikasi Seller di Alibaba

Jika Anda bertransaksi jual beli di Alibaba, maka Anda harus tahu jika ecommerce ini berbeda dengan aplikasi ecommerce lainnya di Indonesia. Alibaba konsepnya adalah global dimana banyak penjualnya berasal dari berbagai negara, salah satunya yang terbesar adalah China.

Selain aplikasinya yang mudah digunakan, ada banyak para pedagang besar yang bergabung dalam Alibaba sehingga akan memudahkan Anda mencari supplier. Barang dagangannya pun bisa dibeli dalam jumlah ribuan buah dan harganya yang sangat kompetitif. Bahkan, para pedagang ecer suka membeli di Alibaba karena harganya yang murah dengan kualitas pelayanan yang prima.

Dari Indonesia pun banyak pedagang ecer yang mencari produk impor dari sana. Umumnya, mereka mengimpor tidak hanya 1 – 2 buah produk saja, melainkan bisa ratusan hingga ribuan jenisnya. Oleh karena itu, Anda pun harus tahu bagaimana sistem jual beli di aplikasi satu ini, salah satunya adalah tips berkomunikasi calon seller. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tipsnya, dibawah ini ada ulasannya, yaitu :

  1. Buat Akun Lebih Dulu

Sebelum melakukan chatting seller, Anda harus membuat dulu akun di Alibaba. Jika Anda sudah punya akun, maka silahkan login dan kemudian cari produk yang tersedia dan akan dilakukan transaksi. Jika Anda belum ada akun, maka silahkan untuk mendaftarkan diri. Ada beberapa metode yang bisa Anda pilih, mulai dari memakai email, facebook, hingga memakai line id.

  1. Pikirkan Apa yang Akan Anda Beli

Kedua, Anda harus memikirkan produk apa yang akan dilakukan chat seller. Alibaba memiliki banyak sekali produk yang jumlahnya bisa jutaan jenis. Oleh karena itu, kenali apa yang Anda cari dan fokuskan pada produk tersebut. Lakukan riset mendalam untuk tahu mana yang sekiranya terbaik untuk Anda tindak lanjuti.

  1. Komunikasi Seller

Lakukan chatting seller dengan mengisi formulir pesan. Di Alibaba, Anda bisa melihat tombol “kontak supplier” dan fitur “mengobrol sekarang”. Jika Anda sudah terhubung, maka silahkan lakukan kontak seller. Harus Anda ketahui, berkomunikasi di Alibaba mengharuskan Anda untuk bisa bahasa inggris. Pasalnya, market yang dijalankan berskala global dan Anda tidak bisa menggunakan satu bahasa lokal saja.

Jika Anda tidak bisa bahasa inggris, tenang saja. Anda bisa menggunakan Google Translate untuk menerjemahkan ucapan Anda kepada seller dan menerjemahkan ucapan seller kepada Anda. Dalam komunikasi ini, usahakan minim kesalahan agar tidak trjadi salah pemesanan.

  1. Berunding Hingga Dapat Final Pemesanan

Manfaatkan momen chatting ini dengan berunding kepada penjual. Di Alibaba, ada fitur ‘kirim permintaan’ dan ‘mulai memesan’. Sebelum itu, rundingkan dulu berapa MOQ atau Minimal Order Quantity yang disarankan seller. Lakukan kesepakatan bersama, termasuk jasa logistik apa yang ingin Anda gunakan dan berapa biaya pengirimannya.

Jika bisa, Anda harus memastikan bahwa pengiriman tersebut masuk dalam kategori Free On Board atau FOB. Artinya, biaya di pelabuhan pemuatan terkait pengiriman yang dilakukan akan dibayarkan penjual dan Anda hanya akan membayar biaya di pelabuhan tujuan saja.

  1. Akhiri Komunikasi dengan Send

Setelah komunikasi mencapai kesepakatan final, Anda tinggal mengisi pemesanan dan mengirim tombol ‘Send’. Begitu surat sudah keluar, maka surat ini akan menjadi dokumen Anda dan si penjual. Simpan dokumen guna kelancaran pengiriman.

Demikian ulasan mengenai tips berkomunikasi calon seller Alibaba. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *