Tips Aman Belanja Online Internasional
in Umum

Tips Aman Belanja Online Internasional

 

Cara paling mudah memperoleh barang berharga dengan kualitas yang sama dan murah, maka seringkali dilakukan melalui belanja online. Terlebih lagi untuk belanja online internasional tentunya harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan melakukan pembelian barang di toko online Indonesia. Meskipun demikian, tips aman belanja online internasional tetap harus di diperhatikan untuk menghindari kerugian.

Ada banyak sekali situs online internasional yang bisa dijadikan sebagai tempat belanja dengan produk berkualitas tinggi dan harga murah. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa harga dari produk internasional dianggap lebih murah jika dibandingkan pada situs lokal. Namun sayangnya berbelanja online internasional lebih Riskan terhadap permasalahan.

Misalnya saja yaitu permasalahan pengiriman maupun kegagalan dalam pembayaran. Meskipun masih ada jalan selain yang dapat menyiasati pada berbagai langkah proaktif. Namun sayangnya permasalahan sulit dihindarkan. Cara yang dilakukan untuk menyiasati yaitu dengan berbelanja pada situs jual beli internasional yang sudah terpercaya.

Tips Terhindar Dari Penipuan Saat Belanja Online Internasional

Meskipun berbelanja online pada toko online internasional yang terpercaya menjamin keamanan, akan tetapi Anda sebagai konsumen diharuskan untuk selalu waspada. Tidak sedikit orang yang merasa dirugikan karena transaksi secara online. Misalnya sudah mentransfer uang namun barang tidak dikirim. Selain itu kerugian akibat barang yang dikirimkan tidak sesuai pesanan.

Berikut ini tips aman belanja online internasional agar terhindar dari penipuan:

  1. Jangan Asal Memberikan Data Pribadi

Saat melakukan pendaftaran di situs belanja online Anda memang akan diminta untuk melakukan pengisian data diri, termasuk data pribadi. Namun tidak semua data pribadi Anda harus dicantumkan dalam situs tersebut. sebisa mungkin berikanlah data pribadi yang minim. Waspadai apabila pihak tertentu meminta untuk mengisi data berupa hari ulang tahun, sedangkan toko online tidak membutuhkan hari ulang tahun pembelinya.

  1. Carilah Situs yang Sudah Terpercaya

Memang tidak semua situs belanja online mampu dipercaya dengan keamanan. Khususnya dalam bertransaksi. Hal ini membuat para pembeli merasa kebingungan dalam menemukan toko online yang sudah terpercaya. Sebaiknya Anda tidak tergiur dengan adanya diskon yang diberikan oleh toko online tersebut. untuk memastikan bahwa toko online yang Anda beli terpercaya silahkan membaca review dan komen para pembeli.

  1. Gunakan Metode Pembayaran yang Aman

Saat Anda berbelanja di toko online lokal mungkin bisa melakukan pembayaran melalui transfer uang melalui ATM. Namun hal ini tidak berlaku apabila Anda melakukan pembelian di belanja online internasional. Memahami tata cara menggunakan alat pembayaran yang tepat wajib diperhatikan supaya Anda bisa berbelanja dengan aman.

Kebanyakan dari toko online atau platform internasional akan menyediakan berbagai pilihan pembayaran seperti kartu kredit, Western Union maupun Paypal. Jika Anda bingung menentukan metode pembayaran yang tepat, silahkan gunakan metode pembayaran Paypal saja. Cara ini bertujuan supaya menghindarkan Anda dari kerugian. Namun sebaiknya cari tahu terlebih dahulu kelebihan serta kekurangan dari masing-masing metode pembayaran tersebut.

  1. Harus Tahu Pajak di Bea Cukai

Permasalahan pembelian barang dari luar negeri mengharuskan Anda untuk mengetahui biaya atau pajak di Bea Cukai. Biaya tersebut memang harus ditanggung oleh pembeli. Sebagai salah satu tips aman belanja online internasional Anda wajib memahami harga sekaligus pajak yang dibayarkan sebelum melakukan pembelian produk atau barang.

Apabila membeli barang yang bernilai kurang dari 3 USD maka akan terbebas dari bea cukai. Untuk nilai barang yang lebih dari 3 USD akan terkena PPH, PPN, dan PPNBM sementara nilainya disesuaikan pada nilai barang yang Anda beli tersebut.

  1. Jasa Pengiriman Barang

Semakin banyaknya jumlah peminat pembelian barang secara online, maka hal ini menjadikan jasa pengiriman barang semakin berkembang dengan pesat. Salah satunya yaitu dengan melayani wilayah domestik ataupun internasional. Anda harus mencari jasa pengiriman barang yang tepat agar terhindar dari penipuan atau kerugian.

Selain itu, Anda juga harus lihat jangkauan dari pengiriman barang. Pastikan bahwa barang tersebut sudah sampai pada tempat yang dituju dan tidak berhenti pada wilayah tertentu saja. apabila hal tersebut terjadi Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk pengiriman ke tempat tujuan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment