Tips Aman Belanja di Tokopedia Bebas Penipuan
in Tokopedia

Tips Aman Belanja di Tokopedia Bebas Penipuan

 

Ketika teknologi internet belum ditemukan, membeli keperluan pokok sehari-hari atau barang-barang lain dilakukan dengan pergi ke toko, pasar, atau mal. Memang pembeli dapat melihat langsung barangnya, namun dengan cara itu perlu waktu dan tenaga. Internet menawarkan cara belanja lain yang praktis, yaitu secara online yang salah satunya bia dilakukan di Tokopedia. Kendalanya berbelanja online rawan dengan penipuan bila tak hati-hati.

Saat membeli barang online, konsumen tak dapat mengecek kondisi barang langsung, original atau KW, dan juga tak kenal dengan penjualnya. Sebagai marketplace besar di tanah air, Tokopedia sebenarnya sudah cukup maksimal dalam menjamin keamanan proses jual beli antara penjual dan pembeli. Namun tidak ada salahnya jika tips aman belanja di Tokopedia berikut ini selalu dijadikan pegangan.

Cek reputasi seller

Saat akan berbelanja suatu produk via online misalnya di Tokopedia maka perlu untuk mengecek dulu lapak seller dari barang yang hendak dipesan. Hal yang perlu dilakukan adalah mengecek lapaknya aktif atau tidak, berapa lama lapak itu berdiri sampai ulasan dari pembeli banyak positifnya atau negatifnya. Penjual dengan badge Power Merchant pun bisa dipilih sebagai jaminan bila penjual itu memang terbukti mampu memberikan layanan terbaik kepada para pelanggannya.

Cek review produk

Sesudah mengecek bahwa memang seller tersebut meyakinkan, pembeli pun perlu mengecek review produk dari pembeli lain. Baca review itu satu demi satu juga foto barang yang dikirimkan sehingga bisa lebih yakin dengan barang itu. Produk dengan banyak review negatif sebaiknya ditinggalkan dan cari penjual lain yang lebih terpercaya.

Harga yang realistis

Tips aman belanja di Tokopedia lainnya adalah cek harga. Pembeli jangan sekali-kali tertarik dengan harga murah. Pembeli harus membandingkan harga barang tersebut dari beberapa lapak lain di Tokopedia. Harga yang ditawarkan harus masuk akal, artinya lebih murah atau lebih mahal sedikit dibanding rata-rata harga di pasaran. Menimbulkan tanda tanya bila harga produk yang dijual itu kelewat murah. Bukan tak mungkin ada indikasi penipuan atau produk yang ditawarkan adalah produk KW.

Teliti deskripsi produk

Tips aman belanja di Tokopedia pun termasuk membaca deskripsi produk secara teliti. Pastikan judul yang digunakan sesuai dengan deskripsi yang tercantum. Cek nama produk, varian, spesifikasi sampai aksesoris yang diberikan memang sesuai. Bilamana data yang diberikan tak begitu lengkap, pembeli boleh bertanya langsung ke seller via menu pesan.

Baca syarat dan ketentuan

Tiap lapak di Tokopedia biasanya punya syarat dan ketentuan sendiri-sendiri. Misalnya lama garansi, pengembalian barang dan lainnya. Bila pembeli mau membaca dengan teliti syarat dan ketentuan yang ditetapkan lapak tersebut maka tak akan terjadi salah pengertian. Penjual tentu tak bisa disalahkan jika memang dalam S&K ada ketentuan tersebut yang tak dibaca pembeli.

Jangan membayar langsung ke seller

Di Tokopedia sudah menyediakan fitur transaksi yang akan menjembatani pembeli dengan penjual. Sehingga pembeli tak langsung mentransfer pembayaran ke nomor rekening seller. Namun pembayaran dari pembeli disimpan dahulu oleh Tokopedia dan baru diberikan ke seller begitu pesanan sampai ke tangan pembeli. Jangan pernah mau bila seller meminta untuk membayar langsung ke nomor rekeningnya sebab pasti itu upaya untuk menipu.

Bukti transaksi harus disimpan

Begitu berhasil membayar pesanan, pembeli disarankan untuk menyimpan bukti pembayarannya. Itu mungkin saja akan dibutuhkan jika terjadi sesuatu yang tak diduga sebelumnya.

Cek keamanan smartphone

Ketika membeli secara online, jika memang bisa maka akses dari laptop atau ponsel milik sendiri. Jangan melakukan pemesanan dari perangkat publik misalnya di warnet sebab keamanannya sangat diragukan. Kecuali itu, upayakan untuk memasang aplikasi antivirus andalan untuk mencegah segala ancaman di internet yang dapat menyerang kapan saja.

Periksa pesanan dan hapus riwayat

Kalau segala hal telah dicek dengan baik lalu pembayaran pun berjalan tak terkendala. Pembeli tinggal menunggu pesanan dikirimkan ke tempat tujuan.Begitu paket tiba di rumah, pembeli harus membuka lalu cek isi paketnya untuk memastikan jika barang yang dikirim memang sudah sesuai dengan pesanan. Cek pula bahwa barang itu tak mengalami kerusakan atau cacat. Kalau ditemukan kerusakan, pembeli dapat langsung memberitahukan penjual sehingga bis ditindaklanjuti segera. Lazimnya ketika pesanan dikirim akan tercantum data diri pembeli misalnya nama, alamat sampai nomor Hp. Pembeli harus memastikan jika pembungkus yang berisi data-data itu tak dilempar begitu saja ke tong sampah. Sebelumnya gunting-gunting atau sobek-sobek dulu sehingga tak lagi bisa dibaca. Langkah tersebut berguna untuk mencegah orang lain bisa menggunakan data-data itu untuk menipu yang mengatasnamakan pembeli.

Mengikuti tips aman belanja di Tokopedia tadi penting dijalankan tiap kali hendak berbelanja online. Dengan begitu sesuatu yang tak dikehendaki akan dapat dicegah untuk keamanan dan kenyamanan membeli secara online.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment