Tips Aman Belanja di Shopee Jangan Lupakan Point Point ini
in Shopee

Tips Aman Belanja di Shopee Jangan Lupakan Point Point ini

 

Berbelanja online saat ini sangatlah mudah, lebih-lebih berkat keberadaan berbagai aplikasi marketplace misalnya Shopee. Sehingga, tak heran bila berbelanja online menjadi tren yang sangat disukai masyarakat, terutama dalam masa pandemi vitus Corona. Berbelanja via internet adalah solusi pilihan paling pas namun tetap harus memperhatikan faktor keamanan. Pelajari tips aman belanja di Shopee berikut ini.

Dari hasil sebuah penelitian yang dilakukan salah satu perusahaan media besar tanah air, kebanyakan konsumen bisa berbelanja di marketplace antara 3 hingga 5 kali dalam satu bulan yang menguras 15 % dari penghasilan bulanan. Tidak cuma ketika memilih produk saja, shoping online jadi bertambah mudah berkat hadirnya cara transaksi cashless lewat aplikasi dompet digital. Menggunakan sistem transaksi tersebut, konsumen tinggal memperhatikan nilai pembayaran sudah sesuaikah dengan harga barang yang dibeli. Pembeli selanjutnya cukup memberikan persetujuan pembayaran lalu memberikan konfirmasi, tanpa harus bersusah-payah menyediakan uang cash guna menuntaskan transaksi.

Bila dibandingkan dengan transfer bank atau pembayaran tunai, maka transaksi non tunai terlihat lebih praktis sekaligus mempersingkat waktu. Biar selalu aman dan nyaman ketika berbelanja daring atau bertransaksi cashless sikap kehati-hatian harus selalu diterapkan. Shopee adalah salah satu pilihan marketplace dengan sistem transaksi yang sangat aman. Meski begitu, tak ada salahnya untuk tetap memperhatikan tips aman belanja di Shopee berikut ini :

Jangan bertransaksi di luar platform

Mayoritas, kejadian penipuan ketika berbelanja online dialami para konsumen saat mereka bertransaksi di luar platform Shopee. Dengan bertransaksi di dalam aplikasi Shopee maka kasus sebagaimana di atas bisa dicegah. Aplikasi belanja online terpercaya Shopee mengadopsi cara mumpuni untuk melindungi konsumen maupun pelapak dari aksi penipuan. Contoh lainnya saat konsumen menerima barang yang tak sesuai dengan yang dipajang atau bahkan pesanan tak sampai ke alamat tujuan maka masalah semacam itu dapat diselesaikan lalu uang yang telah dikeluarkan pembeli akan dikembalikan.

Teratur mengganti password dan tak memberitahukan kode OTP kepada orang lain

Diantara perasaan tak yakin ketika menempatkan dana dalam aplikasi dompet digital yaitu aksi peretasan. Hanya saja, peretasan sesungguhnya dapat dicegah. Metode untuk menghindarkan diri dari peretasan, termasuk teratur merubah password, sekurang-kurangnya satu bulan sekali. Jikalau hacker mengetahui password maka mereka belum dapat meretas dompet digital sebab harus memecahkan kode OTP untuk dimasukkan. Karenanya jangan sampai orang lain tahu kode OTP yang dimiliki bilamana ada yang memintanya. Cuma pemilik akun yang boleh tahu.

Melindungi data pribadi

Demi mengurangi kemungkinan pencurian data pribadi dari akun dompet digital, langkah penting yang wajib dijalankan yaitu memastikan kerahasiaan data pribadi tak bocor ke orang lain. Informasi penting tersebut terdiri dari email, password, dan juga kode OTP. Mesti kehati-hatian saat ada orang yang mendadak bertanya tentang data penting tadi. Bila konsumen selalu melindungi kerahasiaan informasi kredensial maka hacker akan susah dalam meretas akun dompet digital. Apalagi, kini aplikasi belanja online maupun layanan e-wallet pun kian canggih, yang membuat keamanan makin berlapis.

ShopeePay merupakan contoh aplikasi pembayaran milik Shopee yang menerapkan sistem keamanan berjenjang sehingga akan memberikan keamanan maksimal untuk para penggunanya. Kemampuan tersebut disebabkan Shopee Pay sudah resmi memperoleh ijin dari Bank Indonesia mulai Agustus 2018 silam. Para pelanggan yang bertransaksi secara offline menggunakan ShopeePay juga dijamin sebab telah menerapkan teknologi QR Code yang selain aman juga cepat sekaligus nyaman. Sistem keamanan yang diterapkan Shopee kian canggih dengan tier 4 data center serta berstandar keamanan internasional ISO 27001 yang menjamin keamanan data pengguna secara maksimal. Berkat digunakannya sistem keamanan maksimal sebagaimana dijelaskan tadi maka tidak ada lagi rasa bimbang konsumen ketika memakai ShopeePay.

Cek reputasi penjual

Ketika berbelanja di Shopee supaya makin aman dan menyenangkan, silahkan cek reputasi penjual yang menawarkan produk yang sedang dicari. Di Shopee dijual banyak produk sama dengan seller berbeda-beda. Karena itu konsumen harus bisa menentukan seller terbaik dilihat dari kualitas layanan, stok barang, ongkos kirim dan beberapa parameter lain. Konsumen sebisanya mengambil penjual yang mempunyai badge star seller atau dengan nilai rating bagus.

Gunakan cara transaksi termudah

Transaksi seringnya dianggap sebagai proses yang ribet utamanya untuk konsumen yang baru pertama kali membeli. Gampang atau susah sebenarnya relatif ditentukan oleh dari pengetahuan yang dikuasai. Umumnya pihak Shopee memberikan beragam metode pembayaran misalnya dengan kartu kredit, dari Alfamart atau Indomaret, transfer bank dan channel transaksi lain. Konsumen harus memilih satu cara transaksi yang dirasa paling mudah. Hal tersebut akan mempermudah konsumen menuntaskan langkah pembayaran produk yang dipesannya.

Dengan memperhatikan beberapa tips aman belanja di Shopee diharapkan konsumen tak akan merasa ragu lagi saat ingin membeli sesuatu dari sana. Terlebih di masa wabah corona masih mengganas di luar sana, berbelanja di Shopee adalah salah satu pilihan tepat memenuhi kebutuhan. Selamat berbelanja!

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment