Tips Aman Belanja di Bukalapak Tanpa Tertipu
in Bukalapak

Tips Aman Belanja di Bukalapak Tanpa Tertipu

 

Bukalapak menjadi jujugan banyak konsumen di Indonesia ketika berbelanja online. Ada banyak produk bisa dipesan di Bukalapak mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, barang elektronik, ponsel, TV hingga pulsa PLN pun ada di sana. Meski sudah menerapkan sistem keamanan berlapis bukan berarti konsumen 100 persen aman berbelanja di Bukalapak. Ikuti tips aman belanja di Bukalapak berikut ini.

Tak usah tergoda harga murah yang tak masuk akal

Terkadang pembeli menjumpai di salah satu lapak Bukalapak ada yang menjual barang misalnya sepatu dengan harga Rp.65.000. Sementara harga pasaran sepatu tipe itu berkisar Rp.90.000 sampai Rp.100.000. Ditemukan pula toko yang selain memberi harga murah masih memberi bonus barang. Harga barang sebagai bonusnya sendiri cukup lumayan. Ini tentu mencurigakan, namun masih banyak pembeli yang tertarik. Meskipun banyak konsumen yang memberikan feedback atau review negatif namun tetap saja banyak yang membeli yang akhirnya kecewa. Karena itu pembeli sebaiknya memang meluangkan sedikit waktunya membandingkan harga antara tiap-tiap lapak di Bukalapak. Jika dijual produk di luar harga wajar maka pembeli pantas curiga.

Mengetahui detil barang dengan lengkap

Tips aman belanja di Bukalapak selanjutnya adalah mengecek detil produk yang akan dibeli. Jika perlu, pembeli juga boleh meminta foto produk agar makin yakin. Jika penjual jujur tentu bersedia mengirimkan foto produk. Jika ternyata penjual tak mau mengirimkan foto produk atau detil barang lebih lengkap maka konumen boleh menaruh curiga.

Dilarang mentransfer pembayaran ke nomor rekening pribadi penjual

Setiap transaksi di Bukalapak memanfaatkan sistem rekening bersama (rekening bersama, rekber) dimana dana pembayaran akan disimpan sementara oleh Bukalapak. Tujuannya untuk menjamin transaksi bisa berlangsung dengan aman baik untuk pembeli maupun pelapak. Itu artinya pembeli akan mengirim dana pembayaran ke nomor rekening perusahaan Bukalapak dan tidak ke nomor rekening si penjual. Jika pembeli mentransfer uang pembayaran ke rekening pribadi penjual dan ternyata penjual tak mengirim pesanan maka hilanglah uang pembeli. Beda jika mentransfer ke nomor rekening Bukalapak maka bila penjual tak mengirim paket, uang pembayaran akan dikembalikan ke pembeli dan di tempatkan dalam saldo dompet Bukalapak.

Simak ulasan atau feedback produk

Agar makin meyakinkan, konsumen pun dapat membaca umpan balik atau review dari produk yang dikirimkan pembeli lain. Jika umpan balik atau review produk itu kebanyakan mengatakan negatif maka hendaknya konsumen mempertimbangkan kembali untuk membeli produk itu.

Cek data statistik toko

Pembeli bisa mengunjungi halaman lapak yang akan dibeli produknya. Klik saja nama toko di Bukalapak. Otomatis berikutnya pembeli akan diarahkan ke halaman toko bersangkutan. Selanjutnya tekan tombol lihat statistik. Dari halaman statistik toko, pembeli akan melihat detil produk quality sesuai rating bintang, mengetahui statistik transaksi yang diselesaikan pada rentang waktu 1 bulan, 3 bulan maupun 6 bulan. Semakin tinggi rating bintang 5 dan makin banyak transaksi yang berhasil diselesaikan terutama untuk bulan terakhir, tentu dapat dipastikan apabila lapak itu patut untuk dijadikan tempat berbelanja online.

Cek lagi detil order

Saat akan menyelesaikan pembayaran, cek lagi jika barang yang diorder sudah betul. Kecuali itu, cek bahwa telah mengetikkan alamat dan nomor Hp yang benar. Langkah tersebut untuk menghindarkan adanya kekeliruan ketika pengiriman barang ke alamat tujuan.

Jika ada hal tak wajar ketika bertransaksi maka tidak usah ragu untuk melaporkan ke customer service

Pembeli wajib untuk melapor ke customer service apabila memang menemui masalah ketika bertransaksi seperti pembayaran tak berhasil, produk yang dikirimkan tak sesuai order, produk yang dikirimkan cacat, produk yang dikirimkan ternyata KW atau tak sesuai dengan yang ada di etalase. Customer service Bukalapak membuka layanannya selama 24 jam atau nonstop sehingga kapan saja bisa dihubungi.

Berbelanja di marketplace Bukalapak memang sangat menyenangkan. Apa saja bisa diperoleh dari sana. Tak perlu keluar rumah, barang akan diantar oleh kurir. Namun pembeli pun harus tetap berhati-hati dengan mentaati berbagai tips aman belanja di Bukalapak di atas. Selamat berbelanja!

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment