Tips Aman Belanja di Bukalapak, Anti Tertipu Penjual Abal Abal
in Bukalapak

Tips Aman Belanja di Bukalapak, Anti Tertipu Penjual Abal Abal

 

Menjadi pilihan pasar online populer di Indonesia, Bukalapak datang dengan layanannya yang optimal kepada para pelanggan. Marketplace asli Indonesia ini selain menyediakan produk dan jasa yang lengkap juga menawarkan pengalaman berbelanja daring yang nyaman namun sekaligus juga aman. Simak tips aman belanja di Bukalapak dari penjelasan singkat berikut ini.

Menyikapi himbauan pemerintah terkait wabah virus Corona yang masih merajalela yaitu untuk tetap tinggal di rumah, berbelanja secara online menjadi pilihan paling tepat. Tak perlu keluar rumah, pembeli tinggal pesan produk yang diinginkan dari aplikasi atau website Bukalapak. Namun sebelum mulai aktifitas shopping, pembeli harus tahu dulu apa saja tips aman belanja di Bukalapak berikut ini :

Cek situs Bukalapak yang dibuka didahului dengan https, bukan http saja.

Jika pembeli melakukan pemesanan dari laptop atau komputer maka yang diakses adalah situs resmi dari Bukalapak dengan lamat www.bukalapak.com.  Sementara jika konsumen hendak melakukannya dari ponsel maka instal aplikasi Bukalapak dari Google Play Store untuk memastikan jika aplikasi tersebut memang resmi miliki Bukalapak. Bukalapak memiliki aplikasi khusus dengan ukuran file yang ringan sehingga konsumen akan dapat menggunakannya dengan lancar.

Hindari mengirimkan data pribadi kepada orang lain.

Umpamanya adalah informasi username, kata sandi, kode OTP, dan lainnya. Langkah tersebut dilakukan demi mencegah kemungkinan terjadinya peretasan akun yang boleh jadi akan disalahgunakan orang yang tak bertanggung-jawab. Saat ini praktik pencurian data-data penting marak terjadi di internet sehingga sikap kehati-hatian dari pembeli mutlak untuk dijalankan.

Acuhkan jika indikasi phising sedang terjadi.

Ada beberapa modus yang biasanya digunakan seseorang untuk menjalankan phising. Pertama terjadi saat transaksi. Jadi seseorang akan mengirimkan tautan phishing yang mempersilahkan kepada pembeli agar mengkonfirmasi pesanan dengan cara menekan link tadi. Kemudian ada lagi modus dengn mengatasnamakan admin. Seseorang akan mengirimkan order jika pembeli memperoleh hadiah, penawaran, atau promo yang sangat menarik lalu mempersilahkan mereka agar menekan link yang disediakan. Ada lagi modus informasi palsu yang diawali dengan adanya seseorang yang memberikan informasi tak benar lalu meminta pembeli agar menekan tautan yang disediakan.

Manfaatkan sistem pembayaran Bukalapak.

Bukalapak sudah menyiapkan sistem pembayaran yang aman yang bisa digunakan bertransaksi antara pembeli dengan penjual biar aman dari penipuan. BukaDompet merupakan fitur uang digital atau e-money yang dapat digunakan oleh seluruh pelanggan Bukalapak. Kegunaannya yaitu sebagai sarana transaksi praktis serta mempersingkat prosedur refund atau pengembalian dana. Di samping itu BukaDompet pun menawarkan berbagai benefit lain yaitu :

  • Realtime artinya transaksi akan diproses dengan cepat dalam hal verifikasi.
  • Mudah, konsumen tak usah mengingat-ingat nomor rekening maupun nominal belanja ketika mentransfer atau membayar dengan cara pembayaran yang lain.
  • Tak ada kode kode unik yang malah menyusahkan.
  • Dapat digunakan untuk membayar berbagai fitur dan layanan yang dijual di Bukalapak diantaranya BukaEmas, BukaReksa, maupun fasilitas Premium Account.

Bukalapak juga menawarkan cara pembayaran menggunakan metode transfer bank. Bukalapak sudah bekerjasama dengan beberapa bank besar seperti bank BCA, bank Mandiri, Briva (BRI Virtual Account), bank BNI, BNI Syariah, bank Danamon, CIMB Niaga dan Permata Bank. Bilamana pembeli menggunakan cara transaksi ini maka jumlah pembayaran belanjaan belum termasuk kode pembayaran untuk prosedur verifikasi otomatis. Sehingga pembeli diminta mentransfer dengan jumlah persis hingga 3 angka terakhir.

Pembayaran bisa pula diselesaikan memanfaatkan kartu kredit Visa, Mastercard, atau JCB dalam bentuk cicilan tanpa bunga. Menggunakan metode pembayaran tersebut maka pembeli tak akan dipungut biaya layanan. Apabila ada refund, otomatis dana akan ditransfer balik ke rekening kartu kredit. Yang juga menarik adalah fasilitas kredit bebas kartu kredit dengan menggunakan aplikasi Kredivo dan Akulaku. Kedua layanan tersebut menawarkan fasilitas pembayaran kredit tanpa pembeli harus memiliki kartu kredit. Untuk menggunakan fitur pembayaran tersebut, konsumen harus mendaftar lebih dulu.

Mengaktifkan Two-Factor Authentication (TFA)

Adalah sebuah fasilitas yang ditujukan menangkal apabila terjadi penyalahgunaan data penting dari perangkat yang tak dikenali. Kami juga menyarankan menjaga kerahasiaan password anda dan menggunakan security guide yang sudah disediakan Bukalapak . Dengan TFA maka saat bertransaksi pembeli akan diberikan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponsel yang terdaftar. Selanjutnya pembeli harus menginput kode OTP tersebut sebagai konfirmasi penyelesaian transaksi. Kuncinya di sini adalah nomor Hp yang terkait dengan aplikasi Bukalapak tersebut jangan sampai bisa diintip orang lain.

Dimaksudkan dengan mengetahui beberapa tips aman belanja di Bukalapak ini konsumen kian cerdik ketika membeli atau berjualan via online. Bukalapak senantiasa bersinergi dengan para penjual dan konsumen untuk kenyamanan dan keamanan dalam bertransaksi. Kuncinya adalah  transparansi dari kedua belah pihak.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment