Ternyata ini 7 Perbedaan Antara Alibaba dan Aliexpress

Kedua platform belanja online ini telah banyak dikenal orang seantero dunia termasuk Indonesia. Bagi mereka yang sering berbelanja online internasional, nama keduanya tentu sudah tidak asing lagi. Seperti kita ketahui, dua web besar ini datang dalam satu group yang sama. Tetapi ternyata masih banyak yang bertanya tentang apa saja sih perbedaan Alibaba dan aliexpress. Berikut adalah 7 perbedaanya :

  1. Alibaba adalah platform yang secara umum ditujukan untuk melayani B2B, alias Business to Business. Artinya mereka mempertemukan pelaku bisnis yang satu sebagai penjual dengan pelaku bisnis lainnya sebagai pembeli. Sedangkan di aliexpress secara umum lebih ke skema B2C, alias Business to Customer. Artinya mempertemukan produsen / penjual langsung kepada konsumen.
  2. Alibaba umumnya menjual barang secara grosir, alias dalam jumlah pesanan yang relatif banyak. Sedangkan aliexpress bisa melakukan pesanan secara satuan, alias tidak syarat minimum tertentu, seperti halnya di Alibaba.
  3. Di Alibaba, harga harus dikomunikasikan dan dinegosiasikan lebih dahulu dengan sellernya. Sedangkan di aliexpress kita bisa langsung melihat harga terpampang di masing masing listing, dan kita bisalangsung membeli seperti halnya di platform ecommerce umumnya.
  4. Di platform Alibaba kita bisa membeli barang secara customs, bahkan dengan merk, label dan desain kita sendiri. Sedangkan di aliexpress, hal ini tidak bisa dilakukan.
  5. Di aliexpress, umumnya menjual barang yang sudah diproduksi. Alias sudah ready, sehingga ketika kita membeli, maka barang bisa segera langsung dikirim. Sedangkan di Alibaba, banyak yang belum diproduksi, sehingga ketika kita membeli barangnya, seringkali memerlukan waktu tertentu untuk memproduksinya
  6. Di Aliexpress menyediakan fitur dropshipping, sedangkan di Alibaba tidak. Dan sebenarnya Agak sulit melakukan dropshipping dari Alibaba, karena minimum order mereka besar.
  7. Di aliexpress harga langsung bisa kita lihat di masing masing listing, sedangkan di Alibaba harus dinegosiasikan lebih dahulu dengan seller tergantung dengan jumlah barang yang akan kita beli.

Nah, disamping perbedaannya, kita juga bisa melihat persamaan diantara keduanya, yaitu :

  1. Kedua platform ini dimiliki oleh group yang sama, yaitu Alibaba Group
  2. Keduanya menawarkan harga yang cukup menarik dan terjangkau, sehingga kita bisa memanfaatkannya untuk menjalankan bisnis
  3. Alibaba dan aliexpress berbagai macam metode pembayaran, seperti Kartu kredit, Transfer bank, yang cukup mudah dilakukan
  4. Keduanya menawarkan jaminan perlindungan konsumen yang melakukan pembelian secara langsung di platform mereka.

Demikianlah pembahasan kita tentang apa saja perbedaan Alibaba dan aliexpress, serta kesamaannya yang harus diketahui. Salam sukses !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *