SPIN Bisa Dipakai Buat Apa Saja sih ?
in e-Payment

SPIN Bisa Dipakai Buat Apa Saja sih ?

 

Masyarakat modern menuntut segala sesuatunya bisa dilakukan dengan cepat dan praktis. Salah satunya adalah kecepatan bertransaksi. Karena itu kini di Indonesia sedang tren yang namanya dompet digital atau e-wallet. Sudah ada beberapa pemain yang terjun ke sana. Yang terakhir adalah SPIN. SPIN atau kepanjangannya Smart Payment Indonesia berbentuk aplikasi besutan MNC Group. SPIN bisa dipakai buat apa saja sih?

Sebagaimana layanan dompet digital yang lain yang lebih dulu beroperasi, SPIN pun menawarkan fungsi utama sebagai e-money, e-wallet dan digital remittance. Dengan tiga fungsi utama tersebut maka SPIN sudah lengkap untuk memenuhi segala kebutuhan finansial penggunanya. Kini pengguna pun makin mudah dan praktis saat ingin menyelesaikan transaksi baik itu pembelian barang, pembayaran tagihan dan juga transfer uang ke orang lain.

SPIN sebagai e-money

Secara umum e-money atau electronic money yang bisa diterjemahkan sebagai uang elektronik yaitu alat pembayaran yang ditempatkan secara digital dalam sebuah server atau chip. Uang digital tersebut bisa difungsikan untuk bermacam macam pembayaran misalnya membayar tiket angkutan umum, tiket tol ataupun membeli di merchant yang sudah bermitra dengan penerbit e-money. SPIN bisa dipakai buat melunasi tagihan PLN, air, kartu seluler pascabayar, langganan TV Kabel maupun tagihan bulanan yang lain. SPIN yang berisi sejumlah saldo di dalamnya pun dapat digunakan menyelesaikan transaksi pembelian di banyak merchant. Metode yang digunakan pun sangat canggih yaitu pengguna cukup scan kode QR dan pembayaran pun bisa diselesaikan. Hebatnya lagi, SPIN pun sudah mengadopsi teknologi QRIS dari Bank Indonesia. QRIS yang kepanjangannya adalah QR Code Indonesia Indonesian Standard. Yaitu standarisasi pembayaran memanfaatkan metode QR Code yang mana satu kode QR harus bisa di-scan oleh berbagai macam aplikasi yang memiliki fitur transaksi lewat kode QR. Berarti saat pengguna dihadapkan dalam transaksi dengan bermacam-macam aplikasi misalnya Gopay, OVO, Dana atau yang lainnya mereka tetap bisa menyelesaikannya dari aplikasi SPIN.

SPIN sebagai e-wallet

Fungsi SPIN selanjutnya adalah sebagai dompet untuk menyimpan saldo uang digital. Layaknya dompet, SPIN berfungsi menyimpan sejumlah uang di dalamnya yang sewaktu-waktu dibutuhkan bisa dikeluarkan. SPIN berbentuk aplikasi di ponsel sehingga bisa dibawa kemana-mana persis seperti dompet di saku belakang. Ketika bepergian, dompet pun dibawa untuk berjaga-jaga bila di perjalanan membutuhkan uang segera. SPIN pun begitu, aplikasi ini bisa diisi sejumlah uang dengan cara top up.  Cara top up SPIN telah disediakan beberapa saluran mulai dari lewat ATM bank, mobile banking, internet banking sampai melakukannya di minimarket pun bisa. Untuk akun SPIN yang belum terverifikasi maka saldo maksimal yang dapat dimasukkan sebesar Rp.2 juta sedangkan akun SPIN premier boleh mengisi hingga Rp.10 juta. Cara top up SPIN yang lain adalah melalui jaringan minimarket Alfamart. Jaringan Alfamart sendiri membawahi lebih dari 14 ribu minimarket sementara Alfamidi memiliki lebih dari 1.400 minimarket di berbagai daerah di tanah air. Fitur SPIN Wallet di dalamnya yaitu layanan dimana pengguna dapat memasukkan akun kartu debit dan kartu kredit Visa atau Master Card sehingga kian mempermudah ketika bertransaksi. Itu artinya pengguna bisa bertransaksi secara elektronik tanpa harus repot mengeluarkan kartu kredit.

SPIN sebagai digital remittance

SPIN sangat praktis dan mudah saat digunakan untuk mengirimkan uang kepada orang lain. Apakah itu ke akun SPIN lain maupun transfer ke nomor rekening bank dalam negeri. Dengan begitu, pengguna tak perlu mencari ATM terdekat saat ingin mengirimkan uang kepada orang lain. Keperluan tersebut langsung bisa dilakukan dengan mudah cukup dari genggaman tangan. Tinggal tentukan berapa jumlah yang hendak dikirimkan, input nomor ponsel pengguna SPIN tujuan atau nomor rekening tujuan, ketikkan PIN aplikasi SPIN maka uang pun berhasil dikirimkan.

Aplikasi SPIN tersedia gratis di Google Play Store untuk diunduh dan dipasang di ponsel. Setelah terinstal di ponsel, segera lakukan pendaftaran untuk membuat akun. Gunakan nomor ponsel aktif untuk menyelesaikan pendaftaran. Lanjutkan dengan melakukan upgrade ke akun premier agar bisa menikmati semua fitur yang ditawarkan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment