SPIN, Andalan Aplikasi Pembayaran Digital MNC Group

Sektor bisnis di bidang layanan pembayaran digital di Indonesia kian terbuka lebar dengan makin banyaknya masyarakat yang mulai beralih ke sistem pembayaran nontunai ini. Beberapa tahun ini masyarakat sudah mulai familiar dengan aplikasi GoPay, OVO dan juga LinkAja. Sekarang bertambah satu lagi pilihannya, SPIN. SPIN atau Smart Payment Indonesia adalah aplikasi pembayaran yang mengintegrasikan banyak fitur keuangan dan mengklaim dirinya sebagai Super Apps.

SPIN adalah pilihan aplikasi pembayaran non tunai yang dikeluarkan oleh PT MNC Teknologi Nusantara (MTN). Perusahaan startup di bidang payment gateway ini menawarkan 2 macam layanan pembayaran yang terdiri dari e-wallet atau dompet elektronik dan solusi pembayaran bagi usaha kecil menengah. Kecuali menawarkan pilihan metode pembayaran nontunai, SPIN pun menyediakan berbagai fitur keuangan terkini misalnya remittance bekerja sama dengan TrueMoney.

Menjadi perusahaan financial technology yang melayani Payment Gateway, SPIN pun sudah terintegrasi ke sistem QR Code standar nasional keluaran Bank Indonesia yaitu QRIS.  Mulai beroperasi resmi dari 1 Desember 2019 dengan dasar pijakan dari Surat :21/393/DKSP/Srt/B dan beralamat di iNews Tower Lantai 2 MNC Center Jalan Kebon Sirih Jakarta Pusat. SPIN dalam tahap awal ditargetkan akan melayani proses pembayaran untuk seluruh produk dari MNC Group mulai dari MNC Play, MNC Now, MNCShop.com, dan Misteraladin. Termasuk juga pembayaran untuk listrik, air dan bahkan juga isi ulang pulsa dan juga transfer uang melalui jaringan TrueMoney yang ada di berbagai tempat di Indonesia via Alfamart dan Alfamidi.

Pengguna SPIN selanjutnya tetap dapat menggunakan kode QR dari aplikasi e-money lain dengan terkoneksinya ke layanan QRIS. Hal ini akan bisa menurunkan tarif akuisisi merchant. Pengguna pun tak usah berganti-ganti aplikasi sebab dengan SPIN, semua bisa dilakukan. Menariknya lagi, termasuk kelebihan aplikasi SPIN yaitu pengguna pun dapat mengisi isi saldo SPIN menggunakan aplikasi pembayaran digital lain diantaranya OVO, GoPay, hingga Shopee Pay. Dan begitupun sebaliknya. Itu artinya pengguna akan lebih mudah saat menyelesaikan pembayaran apa pun dan untuk keperluan apa pun. Hanya saja kemudahan tersebut hanya bisa digunakan untuk pengguna SPIN Premium. Sehingga sangat disarankan untuk pengguna SPIN reguler agar segera meningkatkan akun me Premium agar bisa menikmati berbagai fitur sepenuhnya.

Tatacara mengisi ulang saldo aplikasi e-money lain menggunakan aplikasi SPIN cukup sederhana. Mula-mula, buka aplikasi SPIN selanjutnya dari halaman depan, pilih menu More. Kemudian pilih menu Top Up e-money sesuai yang diinginkan bisa Gopay , OVO atau Shopee Pay. Langkah berikutnya, masukkan nomor Hape tujuan yang terhubung ke aplikasi e-money tadi. Pilih denominasi nilai top up yang akan diisikan. Selanjutnya pilih tombol Bayar. Pengguna dipersilahkan mengetikkan kode PIN SPIN yang dimiliki. Done, transaksi isi ulang saldo berhasil dilakukan.

Secara lengkap aplikasi SPIN menawarkan berbagai fitur seperti di bawah ini :

  • SPIN Cash , Adalah bentuk e-money atau uang digital yang bisa dimanfaatkan dalam bertransaksi via online tanpa perlu melibatkan uang dalam bentuk fisik dan bahkan transfer bank.
  • SPIN Wallet , Dengan fitur ini pengguna bisa menambahkan data kartu debit maupun kartu kredit dari penerbit Visa dan Master Card. Dengan begitu aplikasi SPIN berfungsi pula untuk melakukan transaksi via online tanpa perlu membawa kartu bank.
  • SPIN transfer, Fitur penting yang berguna untuk melayani keperluan transfer saldo antar pengguna SPIN dan juga ke rekening bank.
  • Mata uang digital yang diterima sebagai alat pembayaran saat berbelanja di toko yang sudah menyediakan fitur kode QR.
  • Membayar tagihan bulanan listrik, PAM, kartu seluler pascabayar, TV berlangganan dan berbagai jenis tagihan yang lain.
  • Mengisi ulang pulsa prabayar Hp, Token listrik, voucher game, dan aneka kebutuhan pembayaran lain.
  • Keuntungan lain pengguna SPIN yaitu bisa menikmati update berita terbaru dari dalam dan luar negeri termasuk hiburan dari MNC Group yang merupakan jaringan Media terbesar di tanah air. Kebutuhan konten digital terupdate akan selalu terpenuhi kapan saja dan dimana saja tanpa perlu berlangganan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *