Sekilas Tentang Apa itu FLIP ?
in e-Payment

Sekilas Tentang Apa itu FLIP ?

Belum ada tanda-tanda berakhirnya Pandemi Covid-19, lambat laun merubah pilihan nasabah ketika bertransaksi keuangan. Saat ini kian sering masyarakat Indonesia yang tergantung dengan layanan transaksi finansial online. FLIP adalah salah satu aplikasi yang menawarkan fasilitas transfer gratis antar bank. Simak sekilas tentang apa itu FLIP?

Mengenal Layanan FLIP

Selama pandemi terjadi di Indonesia, telah terjadi peningkatan bertransaksi mengirim uang via online menggunakan layanan FLIP. Sebelum itu masyarakat lebih sering menggunakan ATM bank ketika mereka hendak mengirimkan uang. Di samping itu, karena pandemi membuat sektor ekonomi terhambat maka kebanyakan masyarakat pun berusaha mengurangi pengeluaran. Termasuk untuk menghemat adalah memanfaatkan fasilitas transfer antar bank bebas biaya seperti yang diberikan FLIP.

Dalam melayani permintaan layanan transfer antar bank dari nasabah yang makin tumbuh, FLIP pun bekerjasama dengan berbagai bank besar tanah air. Seperti diketahui,bank-bank besar itu sudah memiliki teknologi perbankan yang sangat canggih. Salah satunya adalah Bank DBS Indonesia yang memiliki teknologi DBS RAPID. Dengan begitu proses transfer antar bank yang diminta nasabah FLIP pun bisa berjalan lancar bebas kendala. Untuk diketahui, teknologi DBS RAPID bekerja dengan memproses setiap transaksi secara real time secara cepat. Proses transaksi real time tak cuma akan memberikan efisiensi bagi nasabah namun juga menghadirkan pengalaman finansial memuaskan.

Layanan FLIP tentu saja bukan hanya transfer dana antar bank bebas biaya, aplikasi keuangan digital ini pun menawarkan beberapa fitur penting lain. Sebagaimana yang tersedia di aplikasi FLIP Android, layanan yang diberikan meliputi : Kirim Uang, Buat Refund, Isi Paket Data, Beli Pulsa, Token Listrik, Tarik Saldo, hingga Flip Globe.

  • Buat Refund : nasabah yang ingin meminta refund uang yang telah terkirim maka harus menyediakan data : bukti transfer; alasan refund; nominal refund; dan data rekening tujuan refund. Mekanisme refund dana biasanya diproses mulai jam 07.00 WIB-20.00 WIB setiap hari.
  • Beli Pulsa dan Isi Paket Data : nasabah yang hendak membeli pulsa maupun paket data maka prosesnya : mulai, review, kirim, hingga bukti transfer. Nasabah harus menginput nomor Hp lalu besaran pulsa atau paket data dari menu ‘mulai’. Kemudian pembayaran dilakukan di tahap review. Di sini nasabah dapat bertransaksi menggunakan saldo Flip atau melalui transfer dari salah satu bank berikut : bank BRI, BCA, Mandiri, Bank Syariah Mandiri, BNI/BNI Syariah, Jenius/BTPN/BTPN Wow!, CIMB/CIMB Syariah, Permata/Permata Syariah, Muamalat dan DBS.
  • Token Listrik : nasabah yang berlangganan listrik prabayar di rumah, untuk isi ulang pulsa dapat menggunakan fitur Token Listrik di FLIP. Nasabah cukup menginput nomor meter atau nomor pelanggan lantas mengetuk nominal pulsa listrik prabayar yang hendak dibeli. Hanya saja harap diingat bahwa pembelian pulsa listrik listrik ini tidak dapat diproses dari jam 11 malam sampai jam 1 dini hari.
  • Tarik Saldo : nasabah diberikan kesempatan menarik saldo di dalam aplikasi FLIP satu kali sehari dan paling banyak Rp5 juta.
  • Flip Globe : fitur mentransfer dana ke rekening di luar negeri khususnya ke Thailand, Malaysia, Filipina, India, Singapura, Korea Selatan, dan Tiongkok. Prosesnya ada yang realtime atau akan sampai di hari yang sama. Untuk pengiriman dana ke rekening di luar negeri FLIP memberlakukan sejumlah biaya tertentu.

Kelebihan Layanan FLIP

Sebagai aplikasi keuangan non tunai terkemuka di Indonesia, ada banyak kelebihan yang dimiliki FLIP. Salah satunya adalah kemudahan. Relatif berbeda dibanding aplikasi keuangan non tunai lainnya misalnya Ovo atau Gopay, FLIP tidak mengadopsi password atau kode keamanan ketika nasabah mengakses aplikasi. Untuk segi kenyamanan, hal tersebut tentu saja memudahkan nasabah. Telah terdaftar di Bank Indonesia, FLIP menerapkan sistem keamanan enkripsi untuk data sensitif sehingga pengguna tak perlu sangsi lagi memanfaatkan layanannya.

Kelebihan FLIP yang kedua adalah bebas biaya admin untuk fasilitas transfer antar bank. Bilamana nasabah merasa keberatan dengan pemberlakuan biaya admin, tentu memanfaatkan layanan FLIP akan lebih menyenangkan. Memang biaya admin yang biasanya dibebankan kepada nasabah yang melakukan transfer ke rekening bank cukup murah, misalnya OVO sebesar Rp.2.500. Namun bila nasabah memiliki frekuensi tinggi mengirimkan uang ke berbagai rekening dalam sehari tentu akumulasi biaya yang harus ditanggung cukup lumayan.

Termasuk kelebihan lain FLIP adalah pemilik akun dapat melakukan transfer antar rekening dari berbagai bank besar di Indonesia. Hebatnya lagi, penerima dana tak harus memiliki akun FLIP sehingga fitur ini sangat fleksibel. Setelah melakukan transfer dan berhasil maka pengirim akan mendapatkan notifikasi di aplikasi dan juga email terdaftar.

Cara daftar FLIP ternyata juga sangat mudah. Setelah memasang aplikasinya di ponsel, segera lakukan pendaftaran dengan mengisikan nama, kota, alamat email dan nomor ponsel aktif. Lakukan verifikasi No Hp maka setelah itu akun FLIP pun aktif.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment