Sekilas Tentang Adenium
in Home and Garden

Sekilas Tentang Adenium

Untuk mereka yang menggemari tanaman hias atau punya hobi bercocok tanam, berbagai jenis tanaman hias yang cantik bisa dipilih. Tanaman hias dengan daun unik misalnya monstera, atau bunganya yang jelita misalnya peace lily. Termasuk tanaman hias yang dapat digunakan sebagai pilihan yaitu adenium dengan daun dan bunga indah. Sekilas tentang apa itu Adenium tersaji dalam artikel berikut.

Bermula dari Afrika

Mungkin tak banyak yang tahu jika adenium yang aduhai tersebut adalah flora yang bermula dari daratan Afrika dan juga Timur Tengah. Dua benua tersebut adalah daerah dengan cuaca kering yang merupakan habitat yang cocok bagi adenium. Umumnya, berbagai jenis adenium dapat dijumpai di sepanjang wilayah Afrika Utara sampai ke Timur Tengah. Adenium cantik tersebut pun populer dengan sebutan mawar padang pasir karena keindahan bunganya.

Ahli tanaman mengelompokkan adenium dalam 5 atau 6 spesies asli yang dijumpai di penghujung abad 20. Sebetulnya, tumbuhan adenium ini dapat dibedakan ke dua kelompok besar ialah spesies dan varietas. Spesies yaitu kelompok adenium dari tipe yang asli yang tumbuh di daratan Afrika sampai Timur Tengah. Sementara varietas yaitu kelompok tumbuhan adenium sebagai hasil kawin silang yang dilakukan manusia. Hasilnya adalah bermacam macam adenium baru tak terkecuali yang punya bunga tumpuk.

Jenis-Jenis Spesies Asli Adenium

Seperti telah disebutkan, ada 6 jenis spesies asli Adenium yang ditemukan di dunia. Spesies-spesies tersebut memiliki variasi terutama dari warna bunga dan juga bentuk daun. Untuk lebih mengenal ciri-ciri dari spesies asli Adenium, berikut nama-nama keenam spesies tersebut

Adenium Arabicum

Spesies Adenium asli ini merupakan yang paling sering dibudidayakan para penggemar tanaman hias bunga. Adenium arabicum punya batang dengan jumlah banyak, tumbuh dari bonggol yang menyembul di atas tanah. Sepintas, spesies adenium ini menyerupai tumbuhan semak, akan tetapi ketika mengeluarkan bunga, adenium arabicum nampak cantik sebab bunga yang dihasilkan memang cukup banyak.

Adenium Obesum

Spesies adenium ini pun juga diminati para penggemar tanaman hias sebab penampilannya yang eksotis sementara itu cara pemeliharaan yang tak ribet.  Adenium jenis ini biasanya tumbuh membesar dan juga tinggi. Cabang yang dihasilkan pun banyak dengan variasi bentuk yang beragam. Spesies Adenium ini menghasilkan bunga dengan warna merah dihiasi nuansa putih. Untuk ukuran bunganya lebih besar dibanding bunga adenium arabicum.

Adenium Socotranum

Spesies adenium ini nampak besar dan bisa sangat besar apabila tumbuh di habitat liar.  Yang sangat menakjubkan, Adenium socotranum tersebut dapat bertahan hidup sampai ribuan tahun. Tampilan tumbuhan bunga ini pun eksotis sekaligus unik. Spesies Adenium ini menghasilkan bunga yang cantik, kombinasi dari nuansa putih dan merah muda. Hanya saja spesies tersebut langka berbunga serta tak punya daun yang banyak.

Adenium Swazicum

Jenis adenium yang satu ini menghasilkan dengan bentuk daun yang khas. Daunnya kecil, menyempit sekaligus memanjang, juga punya lapisan lilin di permukaannya. Tampilan tumbuhan ini langsing dengan bonggol kecil, malah ada yang tak punya bonggol sedikitpun. Spesies adenium merupakan jenis yang kerap menghasilkan bunga pastinya jika asupan zat hara terpenuhi.

Adenium Somalense

Adenium yang satu ini punya bonggol besar dimana cabang batangnya cukup banyak dan bentuknya pun beragam. Tipe adenium ini bisa tumbuh dengan cepat serta memiliki daya tahan terhadap lingkungan yang bagus sebab mampu beradaptasi.  Tampilan daun dari jenis Adenium ini seakan meruncing, sedangkan ukuran bunganya kecil tetapi ada banyak.

Adenium Boehmianum

Spesies adenium ini tergolong yang punya pertumbuhan cukup cepat apabila diperbandingkan dengan spesies yang lain. Adenium Boehmianum punya bonggol besar sekaligus eksotis adapun untuk ukuran daun lumayan lebar.  Sedangkan warna bunganya adalah pink yang dikombinasikan dengan nuansa ungu. Tampilan bunga spesies Adenium ini tak kalah mempesona dibanding spesies lain.

Setelah mengetahui sekilas tentang apa itu Adenium, sekarang saatnya memilih spesies mana yang akan ditanam di halaman rumah. Semua jenis Adenium asli tadi sama-sama memiliki tampilan dan bunga yang cantik. Hanya saja terkadang spesies tertentu cukup langka sehingga sulit diperoleh.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment