Samsung Galaxy M31, Batere Jumbo dengan Performa Gaming Memuaskan

harga dan spesifikasi samsung galaxy m31

Samsung bermain di segala lini pengguna ponsel. Bila seri Galaxy S ditujukan untuk konsumen kelas atas, seri Galaxy M lebih menyasar pengguna kelas menengah yang cenderung aktif seperti kalangan anak muda milenial. Salah satu portofolio terbaru keluarga Galaxy M adalah seri M31. Agar lebih mengenalnya, berikut ulasan lengkap berbagai kelebihan spesifikasi Samsung Galaxy M31.

Desain Generik Tetap Cantik

Tak banyak perubahan diberikan untuk tampilan luar Galaxy M31 dibanding Galaxy M20. Meski menggunakan rancangan yang terbilang generik namun tetap terlihat menawan, jauh dari kesan murahan. Pihak vendor menyediakan dua pilihan warna baru yang lumayan cantik yaitu Ocean Blue dan Ungu Kemerahan. Yang menarik, warna bodi tersebut akan berubah saat permukaannya diterpa cahaya matahari. Kesing tetap mengandalkan bahan polikarbonat dengan finishing glossy layaknya kaca. Hanya saja permukaan yang mengkilap memiliki efek pada noda jari yang mudah menempel. Dengan bobot hanya 191 gram dan ketebalan 8,9mm, ponsel Samsung terbaru ini masih cukup enak saat digenggam dan dioperasikan dengan satu tangan. Masih setia memberikan port audio jack 3,5mm di sisi bawah bodi dan pemindai sidik jari di punggung. Tak ada sensor in-display ultrasonik sebagaimana dimiliki Galaxy A30s. Sensor face unlock pun dijejalkan ke kamera depan sebagai alternatif fitur keamanan perangkat. Galaxy M31 menyediakan sekaligus tiga slot yaitu dua untuk kartu SIM dan satu untuk kartu memori.

Baca juga : Samsung Galaxy M21, Layar dan Baterenya Bikin Kepincut

Layar Premium

Untuk kesempurnaan visual, spesifikasi Galaxy M31 memboyong layar Super AMOLED berbentang 6,4 inci. Resolusi maksimal yang bisa dihasilkan mencapai full HD+ atau setara dengan 1080 x 2340 piksel ditambah aspek rasio tinggi 19,5:9. Panel layar pun diberikan lapisan Corning Gorilla Glass 3 untuk menambah kekuatan dan melindunginya dari benturan atau goresan. Untuk menempatkan lensa kamera depan, di tepi atas layar dibuat sedikit coakan yang oleh Samsung dinamakan dengan Infinity U. Kualitas panel layarnya yang premium membuatĀ  Galaxy M31 benar-benar nyaman saat digunakan menikmati serial favorit dari Netflix dan juga bermain game. Pihak vendor pun menghadirkan teknologi blue light filter yang akan menjaga mata pengguna tak mudah lelah saat memandang layar dalam waktu lama. Fitur yang biasanya ada pada ponsel Samsung premium pun dihadirkan di sini yaitu Always On Display. Berbagai notifikasi atau pesan baru tak akan terlewatkan lagi berkat fitur tersebut.

Kamera Mengesankan di Kelas Menengah

Untuk kamera depan, spesifikasi Galaxy M31 mengusung sensor 32MP aperture f/2.0 berukuran 1/2,8 inci. Untuk kamera utama di belakang, lensa utama adalah 64MP f/1.8 lalu ada sensor 8MP f/2.2 ultra wide-angle, sensor 5MP untuk kedalaman, serta sensor 5MP f/2.4 makro. Foto-foto yang dihasilkan secara umum lumayan bagus untuk ponsel di segmen menengah. Tone tak berlebihan dengan warna yang direproduksi dengan baik. Sementara lensa ultra wide-angle terkesan lebih hangat. Lensa makro dapat difungsikan untuk memotret obyek berukuran kecil dengan hasil yang cukup bagus, detil tetap terlihat meski hanya berkekuatan 5MP. Saat situasi sekeliling gelap, pengguna bisa mengaktifkan Night Mode di kamera belakang dan juga depan. Saat night mode aktif, mengambil gambar perlu beberapa detik. Hasilnya adalah foto dengan tingkat kecerahan yang signifikan namun tak over-exposure.

Kamera depan dan belakang pun dapat difungsikan untuk merekam video yang menghasilkan resolusi maksimal sampai 4K di 30fps. Hanya saja harus dipahami jika fitur EIS (electronic image stabilization) cuma ada untuk resolusi full HD. Kemudian ada fitur HDR yang aktif secara default, atau teknologi AI Scene Optimizer yang berguna untuk memperbaiki hasil jepretan mengikuti obyek yang dipilih. Beberapa fitur penting lain diantaranya Live Focus, Pro, Bixby Vision, Panorama, Hyperlapse hingga super slow-motion video.

Performa Bebas Lag

Spesifikasi Galaxy M31 hadir dengan chipset Exynos 9611 berfabrikasi 10nm yang cukup irit daya. Berbekal jeroan handal buatan Samsung sendiri, menjalankan berbagai aplikasi sangatlah menyenangkan sebab cepat dan bebas lag. Performanya pun didukung penggunaan storage internal UFS 2.1 berukuran 128GB ditambah keberadaan RAM besar 6GB. Processor grafis dari seri Mali-G72 MP3 pun ikut mendukung sajian visual yang mengesankan terutama saat memainkan game grafis tinggi misalnya PUBG: Mobile. Memainkan game Mobile Legends pun bisa dilakukan dengan pengaturan grafis hingga high framerate 60fps yang membuat pergerakan terasa mulus tanpa patah-patah.

Secara software, Galaxy M31 mengoperasikan versi Android 10 dalam antarmuka One UI 2.0. UI buatan Samsung yang memiliki model tombol besar-besar sehingga memudahkan dalam pengoperasian menu-menu menggunakan satu tangan. Banyak aplikasi terinstal di dalamnya. Beberapa yang menarik seperti dark mode, pop-up view hingga Dual Messenger. Yang disebut terakhir memungkinkan pengguna menjalankan dua aplikasi WhatsApp, Facebook atau Telegram dalam waktu bersamaan. Yang tak kalah menarik adalah mode Game Booster. Dalam mode tersebut pemain dapat mengambil screen shot layar, membalas pesan dan yang lain sambil tetap memainkan game. Focus Mode pun cukup berguna dimana saat mode ini aktif maka notifikasi yang masuk akan dibatasi agar tak mengganggu aktifitas harian.

Ridebuddy adalah aplikasi menarik yang ditujukan untuk pengguna kendaraan roda dua. Menawarkan fitur sebagaimana walkie talkie yang bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan pembonceng. Bukan itu saja, masih ada beberapa fitur lain yang cukup berguna untuk para pemotor demi menjamin keselamatan dan kenyamanan berkendara. Aplikasi MyFaith bukan untuk berkendara namun sebagai aplikasi religi yang berisi berbagai konten dari 6 Agama di Indonesia. Sedangkan aplikasi Salaam ditujukan khusus untuk umat islam yang ingin mengetahui jadwal sholat, Alquran digital dan juga materai hadist-hadist populer.

Baterai Jumbo Super Awet

Termasuk kelebihan lain Galaxy M31 yang cukup berguna adalah baterainya yang jumbo. Bayangkan saja, kapasitasnya mencapai 6.000 mAh yang bahkan lebih besar dibanding kepunyaan flagship Galaxy S20 Ultra yang hanya 5.000 mAh. Untuk penggunaan wajar, baterai bisa bertahan hingga dua hari lamanya tanpa perlu cas ulang. Penggunaan wajar itu seperti menonton konten di Netflix, bermain game PUBG Mobile, membuka situs jejaring sosial hingga menyediakan internet ke perangkat lain lewat mobile hotspot. Hebatnya lagi, pihak vendor pun menyertakan charger yang mendukung fitur fast charging dengan daya 15 Watt. Kapasitasnya yang besar membuat waktu pengisian membutuhkan waktu hingga 3 jam meski fitur fast charging telah dibenamkan.

Harga Samsung Galaxy M31

Samsung Galaxy M31 datang dengan beberapa kelebihan seperti baterai jumbo, layar cemerlang Super Amoled, spesifikasi kamera memuaskan, memori besar ditambah performa tak mengecewakan. Menyasar kalangan milenial di Indonesia, harga Samsung Galaxy M31 ditawarkan Rp.3,7 juta. Pilihan warna yang tersedia ada tiga yaitu hitam, biru dan merah. Ponsel terbaru Samsung yang satu ini sudah menghiasi etalase situs belanja online besar Indonesia sejak beberapa waktu lalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *