Samsung Galaxy M21, Layar dan Baterenya Membuat Kepincut
in Tekno

Samsung Galaxy M21, Layar dan Baterenya Membuat Kepincut

harga dan spesifikasi samsung galaxy m21

Samsung baru-baru ini merilis produk ponsel terbaru mereka seri Galaxy M21 di beberapa negara. Dilengkapi dengan spesifikasi istimewa dan baterai yang sangat kuat, Samsung Galaxy M21 datang membidik pangsa konsumen milenial. Bagaimana dengan kinerja perangkat? Jangan berhenti untuk membaca ulasan spesifikasi Samsung Galaxy M21 berikut ini. Cek juga harga yang ditawarkan.

Baca juga : Galaxy A71, Ponsel Baru Samsung Lima Kamera Teknologi 5G

Desain, Layar, dan Antarmuka

Dari segi desain, Samsung Galaxy M21 sudah cukup memuaskan sebagaimana yang banyak diharapkan dari sebuah smartphone murah di tahun 2020. M21 memiliki bodi plastik dengan bezel tepian layar yang tipis dan apa yang disebut “drip notch” atau Infinity U di bagian tengah atas layar. Drip notch tersebut berisi lensa kamera selfie 20 megapiksel yang juga berfungsi untuk pengenalan wajah. Bagian belakang Galaxy M21 hadir dalam dua rasa: biru dan hitam. Selain kamera yang cukup mencolok, ada pemindai sidik jari di bagian belakang agar mudah dibuka dan chip NFC. NFC seperti diketahui berfungsi untuk mempermudah transaksi pembayaran tanpa uang tunai. Secara keseluruhan, desain ponsel ini tidak mewah, tetapi cukup bagus dengan ukuran besar.

Layar, di sisi lain, tentu saja diberikan kelas mewah. Samsung dikenal dengan produksi layar Super AMOLED yang indah dan itu pula yang dipasang ke Galaxy M21. Layar memiliki kontras yang tak terbatas dan menampilkan warna yang benar-benar indah. Kecerahan lebih dari cukup saat digunakan di luar di bawah sinar matahari. Kekurangan kecil pada layar 6,4 inci mungkin hanya adanya sedikit distorsi. Namun pengguna kebanyakan hampir tidak akan menyadarinya. Untuk melindungi bagian layar, pihak produsen telah menambahkan kaca pelapis buatan Corning yaitu Gorilla Glass 3 yang meski bukan yang terbaru namun sudah cukup kuat melindungi dari goresan atau benturan.

Galaxy M21 mendapatkan antarmuka pengguna buatan Samsung sendiri yaitu One UI. Antarmuka ini sangat warna-warni dengan basic-nya dari Android 10. One UI adalah skin yang indah dengan berbagai fitur yang bermanfaat, seperti fitur Phone Manager yang lengkap dan juga adanya aplikasi pemindai virus. Galaxy M21 pun termasuk dalam daftar perangkat yang akan mendapatkan pembaruan keamanan setiap kuartal dan juga core update dari Samsung.

Komunikasi dan Multimedia

Menelepon, menjelajahi internet maupun mengirim pesan dapat dilakukan dengan sangat lancar di Galaxy M21. Samsung pun menambahkan fitur untuk melakukan panggilan melalui WiFi secara default; berguna jika jangkauan sinyal seluler di rumah tidak begitu baik. Kualitas fitur panggilan di perangkat ini sangat baik dimana pengguna tidak akan mengalami masalah koneksi yang terputus.

Pengalaman multimedia dari smartphone ini pun terbaik yang tentu saja salah satunya karena kehadiran layar Super AMOLED 6,4 inci yang indah. Amoled akan membuat pengalaman menonton konten video yang sangat menyenangkan. Galaxy M21 masih tetap membawa jack audio 3,5mm di perangkat, sehingga pengguna dapat menghubungkan earphone biasa untuk mendengarkan musik. Speaker yang terpasang di perangkat ada di bagian bawah dengan kualitas yang standar. Bagi yang jeli mungkin output suaranya agak cempreng dan mulai pecah pada volume tinggi. Jika pengguna ingin mendengarkan musik atau menonton video, ada baiknya menghubungkannya dulu ke headphone.

Kamera

Spesifikasi Samsung Galaxy M21 di sektor imaging memboyong tiga kamera dengan sensor utama 48 megapiksel. Selengkapnya adalah : 48 MP, f/2.0, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF; 8 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm; dan 5 MP, f/2.2, (depth). Tidak buruk untuk ponsel dengan harga terjangkau. Kamera utama 48 MP Galaxy M21 tadi mampu mengambil foto dengan hasil yang terperinci ditambah warna-warna yang indah dan cerah. Di sebelah kamera utama ada kamera sudut lebar 8-megapiksel. Fungsinya untuk memudahkan pengguna mengambil foto grup, misalnya, atau mengambil gambar bangunan yang memanjang.

Secara kualitas mungkin tidak terlalu bagus, tetapi bila mendapat cahaya yang cukup, pengguna bisa menghasilkan foto yang oke. Namun itu tidak berlaku untuk kamera ketiga: kamera 5 megapiksel yang digunakan untuk pengenalan kedalaman (depth sensor) pada mode potret. Hasil foto dengan mode potret  ini tidak lebih baik dari hasil yang diperoleh dengan kamera tunggal. Samsung Galaxy M21 memiliki kamera selfie 20 megapiksel. Hasil kamera selfie memiliki kualitas yang cukup, tidak terlalu detail atau tajam, tetapi indah dalam warna. Pengguna pun bisa merekam video dengan Galaxy M21 dalam resolusi Full-HD yang hasilnya terlihat bagus.

Performa

Satu-satunya poin yang kurang kuat dari spesifikasi Samsung Galaxy M21 adalah kadang-kadang kinerjanya yang agak lambat. Smartphone ini membawa chipset Exynos 9611 delapan inti dari Samsung dengan kombinasi 4GB RAM atau varian lain dengan RAM 6GB. Untuk internal memori, pilihannya ada dua yaitu kapasitas 64 GB dan 128 GB. Meski demikian, pengguna yang ingin menambah kapasitas penyimpanan masih dimungkinkan dengan memanfaatkan slot kartu microSD dengan maksimal 521 GB.

Kombinasi jeroan utama itu memang tidak salah untuk ponsel Android kelas bawah. Hanya saja performa Galaxy M21 terkadang gagap. Ini mungkin ada kaitannya dengan penggunaan antarmuka Samsung One UI yang meski tampilannya sangat bagus namun cukup berat loading-nya. Namun jangan salah paham, pengguna tetap dapat melakukan semua tugas harian di Galaxy M21 dengan sangat lancar termasuk memainkan game sesekali. Hanya saja jika dibandingkan dengan merek ponsel lain di rentang harga sama, performa Galaxy M21 memang sedikit lebih lambat.

Baterai

Banyak diakui jika baterai smartphone ini sangat baik. Kapasitas baterai 6000mAh adalah salah satu yang terbesar untuk smartphone saat ini. Pengguna dapat dengan mudah melalui seharian penuh beraktifitas dengan Samsung Galaxy M21 dengan masih menyisakan banyak daya baterai untuk hari kedua. Hanya saja pengisian daya tidak secepat yang diharapkan. Itu tidak mengherankan, dengan baterai yang begitu besar, tetapi charger bawaan hanya 15W yang relatif lambat. Selain itu, smartphone ini cukup “pilih-pilih” pengisi daya apa yang diterimanya. Pengisi daya bawaan memang tidak menyebabkan masalah, tetapi jika pengguna menggunakan sembarang pengisi daya USB-C kemungkinannya tidak akan berfungsi dengan baik. Meski begitu secara umum baterai besar adalah salah satu poin plus dari Samsung Galaxy M21.

Harga Samsung Galaxy M21

Samsung Galaxy M21 adalah smartphone murah yang menawarkan beberapa keunggulan terutama dengan layar indahnya dan baterai besar. Fitur kamera pun sangat baik di kelasnya dan cocok untuk penggunaan sehari-hari. Satu-satunya kekurangan dari Galaxy M21 adalah performanya yang standar meski untuk penggunaan wajar sehari-hari tak akan menimbulkan masalah. Secara resmi akan hadir di pasar Indonesia 18 Mei mendatang, harga Samsung Galaxy M21 ditawarkan Rp.3,199 juta. Salah satu online store yang menyediakan perangkat ini adalah Lazada Indonesia. Warna yang tersedia untuk ponsel ini adalah Raven Black dan Midnight Blue.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment