Samsung Galaxy A01 Pengganti J2 Prime Yang Lebih Gahar
in Tekno

Samsung Galaxy A01 Pengganti J2 Prime Yang Lebih Gahar

Saat pasar sedang jenuh dengan berbagai merek ponsel Android high end berspesifikasi mewah dan perlombaan layar besar, Samsung malah mengeluarkan produk terbaru untuk kelas bawah. Yang terbaru adalah Galaxy A01 yang membacanya adalah Galaxy A nol satu. Produki ini diposisikan dalam kelompok “Ultra low cost”. Itu artinya spesifikasi Galaxy A01 lebih rendah dibanding saudaranya, Galaxy A10 dan juga Galaxy A10s.

Modelnya yang kompak pastinya menghadirkan spesifikasi yang mungkin jauh dari sebutan kuat. Beberapa diantara buktinya adalah penggunaan RAM yang hanya 2 GB, penyimpanan internal yang sebatas 16 GB dan juga pemasok daya dengan hanya ukuran 3000mAh. Kendati demikian, smartphone yang dipatok seharga Rp 1,5 juta ini telah menjalankan sistem operasi Android 10 dengan dipercantik antarmuka pengguna One UI 2.0 buatan Samsung terbaru. Lebih jauh tentang spesifikasi Samsung Galaxy A01 yang merupakan penerus J2 Prime, baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Layar Standar Entry Level

Spesifikasi ponsel yang sering menjadi bahan pertimbangan konsumen sebelum membeli adalah layar. Untuk sektor layar,  ponsel ini cukup memikat berkat pemakaian layar berukuran 5.7 inch. Tak seperti umumnya smartphone populer tahun 2019, Galaxy A01 justru mengadopsi ukuran layar cuma 5.7 inch. Boleh jadi pabrikan hendak menawarkan kemudahan untuk pengguna yang hobi menggunakan ponsel dengan satu tangan saja. Layar tadi mengaplikasikan panel IPS LCD dimana penampil konten ini mampu memberikan resolusi maksimal hingga 720×1560 piksel atau istilahnya HD+.

Produsen mengklaim jika tampilan yang disuguhkan layar tetap bagus, lebih-lebih dengan densitas pixel yang  mencapai 301 PPI. Akan tetapi yang mesti dimengerti, smartphone ini tak cocok untuk pengguna yang doyan memainkan game di ponsel. Sebagaimana ponsel kelas menengah dan premium, bagian layar juga dihiasi dengan lubang kecil serupa tetesan air di tepi tengah atas layar. Samsung sendiri menyebutnya sebagai infinity V sebagai wadah untuk menempatkan sensor kamera depan. Adanya infinity V ini sedikit banyak mampu meningkatkan aura mewah pada desain Galaxy A01. Mengusung aspek rasio kekinian 19:9 membuat ponsel ini sangat mengasyikkan saat digunakan untuk menonton konten video dengan tampilan lansekap.

Dapur Pacu Snapdragon

Spesifikasi utama Galaxy A01 adalah chipset Snapdragon 439 yang dikombinasikan dengan RAM 2 GB dan masih ditambah tersedianya kapasitas memori internal sebesar 16 GB. Untuk platform OS-nya adalah Android v.10 yang dipercantik One UI 2.0 sebagai antarmuka penggunanya. Untuk mencukupi kebutuhan daya, sebuah baterai non removable berkekuatan 3000 mAh telah terpasang di dalamnya. Qualcomm Snapdragon 439 (SD439) merupakan SoC mainstream yang lebih rendah untuk smartphone dan tablet berbasis Android.

Diperbandingkan dengan Snapdragon 435 yang lebih lama, Snapdragon 439 kini dibuat dengan manufaktur FinFET 12nm yang menawarkan kecepatan clock yang lebih tinggi mencapai 2 GHz dari delapan core ARM Cortex-A53. Untuk fungsi Wifi sudah mengadopsi ac Wave 2 / Wifi 5 lalu untuk Bluetooth sudah v5 yang terbaru, hanya saja GPU tetap menggunakan Adreno 505 yang agak lambat dengan modem LTE yang malah diturunkan ke X6 yang hanya Cat. 4/5 (maksimum 150 Mbps unduhan, 75 Mbps unggahan). Berkat kecepatan clock maksimum yang lebih tinggi, maka kinerja Snapdragon 439 pun dapat menyamai Snapdragon 625 yang diproduksi lebih lama (juga dengan clock speed 2 GHz dan delapan core Cortex-A53).

Kecuali diisi dengan aplikasi bawaan dari Samsung seperti Galaxy Store, Samsung Pay, Gallery, dan Samsung Members, system operasi Galaxy A01 pun sudah preinstalled aplikasi pihak ketiga popular seperti Facebook, Spotify, Vidio, dan Lazada. Yang juga menarik dari ponsel Samsung sejutaan ini adalah hadirnya fitur Digital Wellbeing dan Parental Controls. Keduanya adalah layanan dari Google untuk mengendalikan penggunaan gawai lebih bijaksana.

Kamera Utama Ganda

Bagian kamera merupakan aspek lain yang sering dilihat konsumen sebelum membeli smartphone. Jangan mengharapkan kamera hebat di Samsung Galaxy A01. Ponsel ini datang dengan spesifikasi kamera yang terbilang ketinggalan zaman. Ia cuma menghadirkan fitur kamera ganda saja. Tak seperti umumnya smartphone terbaru yang datang bersama konfigurasi kamera utama di atas dua buah. Samsung malah cuma memberikan sepasang kamera di area belakang. Kombinasi kamera ganda di belakang itu adalah lensa 13 MP dan 2 MP. Meski hanya dua, namun bagi kebanyakan konsumen kelas bawah, spesifikasi ini dirasa sudah cukup untuk mengoptimalkan aktifitas fotografi. Selain untuk memotret, kamera utama tadi pun memiliki kemampuan merekam video yang menghasilkan resolusi HD.

Sementara kamera depan, Galaxy A01 mengandalkan sensor 5 MP untuk aksi foto selfie yang mengasyikkan di mana saja. Untuk pengguna pemula Samsung Galaxy A01 menawarkan kamera yang luar biasa dengan banyak fitur, dapat menangkap gambar yang menakjubkan tanpa kehilangan detail. Kamera depan 5 MP pun dapat diandalkan untuk membuat koleksi foto narsis yang apik untuk diunggah ke akun jejaring sosial. Fitur utama kamera depan yang sangat menarik adalah Live Focus, berfungsi untuk membuat foto selfie dengan latar belakang blur. Oh ya fitur Live Focus juga dimiliki kamera belakang untuk menghasilkan gambar latar belakang yang samar layaknya foto profesional.

Konektifitas Cukup Lengkap

Spesifikasi koneksivitas di A01 tak perlu dimasalahkan oleh pengguna. Galaxy A01 sudah dilengkapi dengan fitur WiFi, Bluetooth, GPS dan USB Type C. Hanya saja untuk fitur keamanan, selain password, PIN dan pola, pengguna hanya akan mendapatkan fitur Face Unlock saja. Fitur pengenalan wajah untuk membuka layar terkunci ini memang canggih, hanya saja tingkat keamanannya banyak diragukan sebab bisa diakali dengan gambar foto. Untuk berinternetan, Galaxy A01 sudah menghadirkan kemampuan akses ke jaringan 4G yang kecepatannya hingga 150 Mbps untuk download dan 50 Mbps untuk upload. Ponsel ini juga menawarkan jack 3.5mm dan datang dengan peredam bising aktif ditambah mikrofon khusus yang berkualitas. Untuk WLAN Comms sendiri memiliki spesifikasi Wi-Fi 802.11 b / g / n dan hotspot.

Memiliki juga radio FM yang merupakan fitur lama yang masih sangat bermanfaat bagi sebagian pengguna. Produsen memberikan sepasang slot untuk kartu SIM dan satu slot kartu memori. Bila tak mau menambahkan kartu memori maka pengguna dianjurkan untuk menginstal aplikasi, utamanya untuk aplikasi jejaring sosial dengan memilih versi ringan yaitu aplikasi dengan tambahan nama “lite” di belakangnya untuk menyiasati memori internal yang terbatas.

Harga Samsung Galaxy A01

Samsung resmi menghadirkan Galaxy A01 ke Indonesia beberapa waktu lalu. Untuk mereka yang berencana akan membeli perangkat Android Samsung terbaru ini, beberapa situs belanja di tanah air sudah menyediakannya. Sebut saja Lazada dan JD.id. Harga Samsung Galaxy A01 dibanderol sekitar Rp.1,5 juta dengan tawaran cashback dan juga beberapa hadiah menarik lain. Hanya ada dua pilihan warna yang disediakan yaitu hitam dan biru.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment