Review Western Union, Layanan Transfer Uang Berbasis Digital
in e-Payment

Review Western Union, Layanan Transfer Uang Berbasis Digital

 

Jika bicara tentang transfer uang, jika kita melakukan transfer uang di satu wilayah negara, kita memang dapat dengan mudah melakukan aktivitas tersebut menggunakan layanan transfer bank lokal. Akan tetapi jika kegiatan transfer yang dilakukan adalah transfer beda negara, tentu saja aktivitas transfer tersebut tidak bisa dilakukan dengan menggunakan jasa transfer bank lokal karena perbedaan mata uang.

Untuk itu, Western Union hadir sebagai jawabannya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan review Western Union sebagai layanan transfer uang berbasis digital yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan transfer beda negara.

Kita juga akan memberikan ulasan tentang cara kirim atau terima uang melalui Western Union sekaligus berbagai fitur yang dihadirkan. So, Lets check these out!

Review Western Union – Mengenal Western Union

Untuk Anda yang mencari layanan pengiriman uang antar negara, Western Union menjadi layanan terbaik yang Anda bisa pilih. Western Union sebagai layanan pengiriman uang berbasis digital, pertama kali didirikan di Amerika Serikat.

Perusahaan ini pada awalnya berdiri masih belum melayani transaksi keuangan. Awalnya Western Union hanya memberikan jasa berupa pengantaran surat dan telegram saja. Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, perusahaan ini mengalami pertumbuhan yang sangat signifikan. Bahkan, pertumbuhannya sudah melebihi 500 perusahaan.

Pada awal abad ke-20 kemudian Western Union hampir memonopoli industri jasa pengiriman dengan cara melakukan pengakuisisian terhadap kompetitor utamanya yaitu Postal Telegraph, Inc di tahun 1943. Pertumbuhan yang signifikan tersebut menjadi awal perkembangan Western Union di bidang layanan transfer uang antar negara.

Anak perusahaan Western Union kemudian menjalar di berbagai macam negara, termasuk di Indonesia. Bagi pengguna Western Union di Indonesia, Anda dapat mencari Western Union terdekat dengan cara masuk ke situs resminya.

Kemudian Anda dapat memilih negara dan mengisi kolom kode posnya. Selanjutnya, Anda nantinya akan segera diarahkan ke agen atau kantor Western Union Indonesia terdekat.

Di Indonesia, beberapa kantor Western Union hadir di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Bandung dan Tangerang. Mengenai lokasi kantor Western Union di kota lain, Anda bisa coba cek di situs resminya. Temukan berbagai macam informasi yang Anda butuhkan tentang Western Union disana.

Jika Anda masuk ke situs resmi Western Union, Anda akan temukan berbagai macam fitur yang dihadirkan untuk menunjang kebutuhan pengguna dan client Western Union. Adapun beberapa fitur yang dihadirkan tersebut diantaranya :

Quick pay

Fitur Quick pay merupakan suatu fitur yang disediakan oleh Western Union untuk memudahkan setiap pengguna dalam melakukan pengiriman uang dengan tujuan ke sebuah lembaga yang telah terdaftar pada layanan tersebut.

Banyak orang yang memberikan review Western Union secara positif atas hadirnya fitur yang satu ini. Melalui fitur Western Union yang satu ini, kita juga dapat mengirim uang dan membayar segala sesuatunya untuk keperluan tertentu kepada tujuan lembaga terdaftar secara mudah dan cepat.

Dengan quick pay, Anda tak perlu pergi ke kantor lembaga terkait untuk melakukan kegiatan pembayaran. Namun Anda jangan lupa bahwa hanya lembaga terdaftar saja yang bisa ditujukan pembayarannya melalui quick pay dari Western Union.

Will call

Seperti apa fitur will call ini? Jadi, fitur will call merupakan sebuah layanan khusus untuk pengiriman uang dimana penerima merupakan individu bukan merupakan kelompok tertentu, agen tertentu atau perusahaan tertentu. Jadi, fitur will call merupakan fitur untuk mengirimkan uang antar individu.

Layanan antar dan jemput uang

Seperti apa layanan ini disediakan oleh Western Union? Melalui layanan ini, pengguna dapat mengirim uang secara langsung ke rumah penerima. Namun bagaimana prosesnya? Prosesnya sama seperti transfer. Penerima bisa langsung menerima uang yang diantar jemput menggunakan sistem online semacam sistem rekening bank.

Kelebihan Western Union Sebagai Jasa Transfer Internasional

Anda yang sedang mencari layanan transfer nasional atau internasional yang real time online, maka Western Union dapat menjadi pilihan jasa transfer Anda. Untuk layanan transfer nasional, memang menggunakan bank local bisa dilakukan namun bank lokal tidak memiliki kelebihan seperti yang dimiliki oleh Western Union.

Lantas, apa saja sebenarnya kelebihan Western Union sebagai jasa transfer internasional yang memudahkan aktivitas transfer dana baik antar negara atau beda negara? Disini kami berikan ulasannya untuk Anda!

Memberikan layanan ekstra cepat

Western Union menjamin kepada para nasabah atau client bahwa ketika para client atau nasabah mengirimkan sejumlah uang, maka saat itu juga uang yang dikirimkan akan sampai. Jadi prosesnya sangat cepat dan butuh waktu hitungan detik saja untuk uang tersebut sampai di tangan penerima.

Secara sederhana, ketika Anda memasukkan uang ke kantor penyedia Western Union, kemudian petugas memasukkannya ke data tujuan, maka bisa dipastikan saat itu juga uang yang dikirim bisa secara langsung diambil oleh penerima.

Namun jangan Anda berpikir bahwa uang Anda nantinya akan diantarkan dari kantor pengirim ke kantor penerima secara kilat. Tidak demikian. Namun penggunaannya adalah dengan memanfaatkan sistem online semacam sistem rekening bank.

Tidak ada batasan nominal

Menggunakan Western Union transaksi pengiriman uang tidak dibatasi dengan angka nominal tertentu. Jadi Western Union tidak memberikan batasan nominal tertentu. Anda dapat mengirimkan sejumlah uang berapa saja nominalnya mulai kecil sampai nominal besar menggunakan Western Union.

Western Union melayani lebih dari 200 negara

Western Union mengklaim bahwa layanan mereka sudah mampu menjangkau lebih dari 200 negara yang ada di dunia. Jadi apa lagi yang membuat Anda mengalami keraguan?

Melalui layanan Western Union sendiri bahkan para tenaga kerja yang ada di Indonesia dan luar negeri dapat mengirimkan sejumlah uang kepada keluarga secara lebih cepat dan akurat. Jaringannya pun luas dan hal ini membuktikan bahwa Western Union merupakan suatu perusahaan yang benefit.

Agen Western Union tersebar luas

Kini berbagai macam agen Western Union sudah terbesar luas bahkan sampai di seluruh pelosok Indonesia. Ya, sebagaimana yang kita tahu bahwa di Indonesia Western Union menjalin kerja sama dengan kantor pos dan pegadaian sebagai perusahaan BUMN.

Namun selain itu juga ada agen Western Union di toko, bank atau kantor yang bukan termasuk bagian dari BUMN. Jadi, bersama Western Union dipastikan semua pengguna dimana pun mereka berada tidak akan pernah mengalami kesulitan untuk melakukan kegiatan transaksi apapun.

Didalam situs resmi Western Union, bahkan disebutkan bahwa Western Union sudah memiliki sebanyak 500 ribu agen resmi di berbagai penjuru dunia.

Tidak perlu rekening apapun

Biasanya untuk melakukan transfer dana via bank Anda harus punya rekening, begitu juga dengan pihak yang ditransfer atau pihak penerima. Namun bagaimana jika salah satu pihak tidak memiliki rekening? Tentu saja transfer tidak bisa dilakukan tanpa bantuan pihak ketiga yang memiliki rekening penampungan.

Namun semua masalah itu tidak akan bisa Anda temukan melalui Western Union. Mengapa? Karena layanan Western Union telah hadir menyediakan fitur transfer tanpa rekening. Bagi Anda yang menjalankan bisnis online utamanya saat partner bisnis belum memiliki rekening, kegiatan transaksi tetap bisa dilakukan melalui Western Union.

Prosedur dan proses mudah

Untuk melakukan transaksi transfer uang melalui Western Union, Anda cukup datang langsung ke agen Western Union. Kemudian Anda tulis formulir seperti data diri dan data penerima dengan disertai jumlah nominal uangnya.

Kemudian serahkan data tersebut kepada petugas maka Anda akan mendapatkan kode nomor transaksinya segera. Nah, kode transaksi yang Anda dapatkan tersebut nantinya akan Anda berikan kepada penerima sebagai kode untuk pencairan uang.

Proses transfernya hanya seperti itu. Sementara untuk penerima, Anda hanya perlu datang saja ke agen Western Union dengan membawa kartu identitas dan kemudian berikan kode nomor transaksinya.

Tersedia fitur pelacakan

Sama halnya dengan suatu jasa pengiriman barang yang disediakan, Western Union nyatanya juga menghadirkan fitur pelacakan pada situs resminya. Untuk melacak sesuatu caranya sangat mudah.

Anda hanya perlu masuk ke www.westernunion.co.id (Indonesia) kemudian klik tautan pelacakan yang terdapat di bagian halaman utamanya. Selanjutnya, Anda dapat melakukan pelacakan status uang yang Anda kirimkan dengan cara ketikkan nama yang sama seperti yang ada di formulir pengiriman uang, kemudian tulis nomor transaksi pengiriman uang (MTCN).

Western Union sudah terpercaya

Soal kehadiran Western Union sangat dapat dipercaya. Perusahaan ini nyatanya merupakan sebuah perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1851 di Amerika Serikat. Perusahaan ini jujur dan selalu menjalankan berbagai kegiatan secara legal.

Jika perusahaan ini tidak jujur tentunya Western Union tidak akan pernah bertahan lama bahkan sampai ratusan tahun dan sampai hari ini Western Union masih menjadi suatu lembaga yang sangat credible.

Cara Mengirim dan Menerima Uang Melalui Western Union

Pengiriman dan penerimaan uang melalui Western Union yang bahkan bisa dilakukan tanpa perlu tahu rekening masing – masing sangatlah mudah. Pengiriman uang secara real time online melalui Western Union bisa dilakukan dengan langkah – langkah sebagai berikut :

  • Langsung datang dan pergilah ke kantor terdekat
  • Mintalah formulir pengiriman uang kepada petugas dan isilah formulir tersebut
  • Nantinya petugas akan meminta Anda untuk menunjukkan kartu identitas Anda dan setelah itu cocokkan data yang telah terisi.
  • Selanjutnya bayarkan dan serahkan segera uang yang akan Anda transfer kepada penerima sesuai dengan jumlah yang telah ditentukan
  • Terakhir, Anda harus memberikan kabar kepada penerima uang tentang data pengirim, nominal uang yang akan Anda transfer atau kirim, kode daerah dan juga nomor referral pengambilan uangnya.

Sementara jika Anda bukan pihak pengirim uang atau dana dan merupakan pihak penerima uang atau dana, Anda bisa menerima dana yang dikirimkan kepada Anda dengan cara sebagai berikut :

  • Pertama, datangi kantor Western Union terdekat
  • Pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan informasi terkait rincian transaksi dari pihak pengirim yang berupa nama pengirim, jumlah uang dan berbagai informasi terkait lainnya yang juga penting.
  • Selanjutnya serahkan kartu identitas Anda supaya petugas dapat segera memastikan datanya valid dan benar. Anda pun bisa menunjukkan KTP atau SIM Anda.
  • Lakukan pengisian formulir yang tersedia dan diminta oleh petugas tentang suatu informasi transaksi, nama pengirim, jumlah uang serta asal daerah.
  • Pastikan bahwa informasi yang Anda input merupakan informasi yang benar dan penerima dapat mengambil uang yang dikirim dengan cepat tanpa butuh waktu lama

Demikian ulasan review tentang Western Union sebagai layanan transfer uang berbasis digital terbaik yang dapat Anda manfaatkan. Bersama Western Union, segala aktivitas transfer akan jauh lebih mudah ke semua negara.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment