Review WeChat Pay, Dompet Digital China yang Resmi Masuk Indonesia
in e-Payment

Review WeChat Pay, Dompet Digital China yang Resmi Masuk Indonesia

 

Bagi Anda yang masih belum mengenal apa itu WeChat Pay, kita akan menggali lebih detail informasi tentang WeChat Pay dalam review WeChat Pay kali ini.

WeChat Pay merupakan sebuah dompet digital yang berasal dari negara China. WeChat Pay hadir dibesarkan oleh negara yang sama dengan tempat dimana AliPay dibesarkan. Tertanggal 1 Januari 2020 ini, WeChat Pay dengan segala macam fitur yang hadir didalamnya secara resmi masuk di Indonesia.

Akan tetapi dalam aturan yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia, tak semua pihak dapat secara leluasa dan bebas mengakses WeChat Pay. Hanya turis China yang berada di Indonesia saja yang dapat menggunakan layanan ini, sementara masyarakat Indonesia tidak dapat menggunakannya.

Melalui WeChat Pay yang masuk ke Indonesia, ada banyak keuntungan yang akan didapatkan. Review WeChat Pay secara lengkap akan kami ulas dalam informasi berikut ini. Lets check these out!

Review WeChat Pay

Per tanggal 1 Januari 2020, WeChat Pay sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Bank Indonesia telah secara resmi masuk di Indonesia. Akan tetapi tidak semua pihak dapat mengaksesnya. Hanya turis China yang masuk ke Indonesia saja yang dapat mengakses WeChat Pay di Indonesia.

Termasuk WeChat Pay, menjadi sebuah layanan pembayaran non tunai yang menggunakan QR code dalam prakteknya. Dengan masuknya WeChat Pay ke Indonesia, sebenarnya ada banyak keuntungan yang akan didapatkan oleh Indonesia.

Salah satu keuntungan yang akan didapatkan oleh Indonesia melalui hadirnya WeChat Pay salah satunya adalah Indonesia bisa mengetahui berapa banyak turis mancanegara khususnya yang berasal dari China yang membelanjakan sebagian uangnya di Indonesia.

Indonesia juga bisa tahu daya beli turis China ketika berlibur di Indonesia seperti apa, konsumsi mereka seperti apa dan sebagainya. Dengan begitu ketika Indonesia akan melakukan ekspansi pasar ke China, Indonesia sudah tahu pangsa pasar apakah yang cocok menjadi ladang bisnis Indonesia di China.

Jadi WeChat memang sangat ambisius. Tidak hanya menyediakan layanan chatting saja, WeChat juga terdepan dalam sektor pembayaran. Setidaknya melalui WeChat Pay, ada dua cara atau metode pembayaran yang dapat dilakukan. Dua cara tersebut sebagai berikut :

  • Cara yang pertama, toko dapat melakukan pemindaian barcode WeChat dari merchant tempat pengguna WeChat Pay membeli suatu barang atau pun jasa.
  • Atau cara yang kedua, pembayaran melalui WeChat Pay dapat dilakukan dengan metode transfer uang secara instan langsung ke kontak WeChat. Jadi fungsi pengiriman pesan melalui WeChat tidak hanya dapat digunakan mengirim suatu teks atau gambar saja, melainkan juga berfungsi ganda untuk mengirim suatu dana ke nomor kontak WeChat tersebut.

Cara Aktivasi WeChat Pay

Bagi Anda yang merasa butuh dengan aplikasi WeChat Pay karena berbagai macam keperluan, sebelum menggunakan WeChat Pay untuk melakukan transaksi maka Anda harus melakukan aktivasi WeChat Pay terlebih dahulu.

Nah, terdapat beberapa hal yang penting Anda sediakan sebelum melakukan aktivasi akun WeChat Pay Anda. Beberapa hal penting yang Anda harus sediakan sebelum melakukan aktivasi akun WeChat Pay sebagai berikut :

  • Siapkan sebuah smartphone yang didalamnya sudah terdownload WeChat versi CN
  • Pastikan sudah terdapat akun WeChat didalamnya
  • Kartu kredit yang mendukung Visa atau pun Mastercard penting disiapkan untuk melakukan berbagai macam metode pembayaran
  • Juga dapat disediakan rekening bank China untuk melakukan pembayaran secara real time serta untuk mengisi ulang dompet Anda.
  • Sediakan nomor telepon China

Jika Anda sudah menyiapkan semua hal diatas, sekarang waktunya Anda memulai melakukan aktivasi akun WeChat Pay Anda. Langkah – langkah aktivasinya sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah buka akun WeChat Anda dan kemudian klik “ME” di sudut kanan bagian bawah.
  • Kemudian di bagian atas aplikasi dompet digital China “WeChat Pay”, klik “Bank Cards”.
  • Selanjutnya coba pilih pilihan untuk menambahkan rekening bank atau kartu kredit kea kun WeChat Pay Anda. Anda juga perlu memahami beberapa hal penting. Hal penting yang Anda harus tahu bahwa kini WeChat Pay menjadi salah satu dompet digital yang sudah menerima visa atau mastercard sebagai piranti pembayarannya. Jadi semua akses dapat jauh lebih mudah bersama WeChat Pay.
  • Setelah Anda melakukan pengisian detail rekening bank atau kartu kredit yang Anda pakai atau Anda punya, kemudian Anda dapat menetapkan kata sandi WeChat Pay untuk melakukan verifikasi atas pembayaran yang dilakukan melalui WeChat Pay.
  • Terakhir, Anda dapat membayar dengan kartu kredit atau bank yang telah ditautkan ke akun WeChat Pay Anda.

Jika Anda merupakan salah satu orang asing di Tiongkok, segala sesuatunya memang terkesan sedikit rumit. Akan tetapi tenang saja karena saat ini, Anda yang notabennya merupakan orang asing di Tiongkok dapat menggunakan kartu kredit luar negeri dalam melakukan transaksi pembayaran melalui WeChat.

Akan tetapi Anda tidak dapat menggunakannya untuk menambah akun Anda. Anda juga tidak dapat menerima uang kembali dengan memanfaatkan kartu kredit Anda. Kedua fitur tersebut, kini hanya tersedia untuk mereka yang notabennya memiliki rekening bank domestic dari China.

Dalam melakukan pengisian atas akun orang asing yang tinggal di China tersebut, terdapat dua opsi untuk pengisian akun yang dapat dimanfaatkan. Kedua opsi untuk pengisian akun yang dapat dimanfaatkan tersebut diantaranya :

  • Pastikan Anda meminta kepada seorang teman yang memiliki rekening bank China domestik untuk melakukan pengiriman atas RMB ke wallet WeChat Pay Anda. Kemudian Anda dapat membayarnya kembali secara tunai atau dapat dengan menggunakan metode yang lain.
  • Manfaatkan layanan pihak ketiga yaitu dengan menerapkan metode top up WeChat Pay yang nantinya akan menjadi pembeda atas biaya transaksi dan untuk mengirim RMB ke akun Anda.

Melalui WeChat Pay berbagai macam kebutuhan pembayaran digital dapat dilakukan. Anda yang ingin tahu mekanisme WeChat Pay, itulah sekilas review WeChat Pay yang kami dapat sampaikan. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment