Review Taobao, Marketplace Terbaik China Milik Alibaba
in Taobao

Review Taobao, Marketplace Terbaik China Milik Alibaba

 

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan grup perusahaan yang sangat menggurita yaitu Alibaba bukan?

Alibaba memang sangat terkenal. Grup perusahaan ini memiliki berbagai macam gurita perusahaan, salah satunya adalah Taobao. Apa itu Taobao? Anda yang belum mengenal Taobao, disini kita akan bahas secara lengkap review Taobao seperti apa.

Jadi, Taobao merupakan salah satu marketplace milik Alibaba. Kalau di Indonesia, Taobao ini kedudukannya seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan berbagai e-commerce atau marketplace yang lain. Selengkapnya tentang review Taobao dapat Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Review Taobao – Cara Belanja

Taobao sendiri merupakan sebuah situs marketplace yang berasal dari Tiongkok dan didirikan oleh Alibaba Group. Taobao berdiri pada tahun 2003. Harga yang luar biasa murah menjadi kelebihan dari situs marketplace yang satu ini.

Anda bisa menemukan berbagai macam produk mulai dari produk yang mudah dicari sampai yang sulit dicari sekalipun di Taobao. Persaingan antar seller memang cukup ketat di Taobao. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak barang murah yang bisa Anda beli di Taobao.

Hal  tersebut karena masing – masing seller ingin mendapatkan penjualan dalam jumlah besar. Sehingga karena persaingannya sangat ketat, salah satu strategi mereka menjual suatu barang dalam jumlah yang sangat besar adalah melalui sistem banting harga atau menjual suatu produk dengan harga yang murah.

Untuk Anda yang ingin membeli barang eceran, maka Taobao ini dianjurkan untuk Anda. Akan tetapi jika Anda ingin melakukan pembelian grosir maka lebih dianjurkan Anda menggunakan e-commerce lain dari Alibaba yaitu 1688. Situs tersebut seringkali digunakan untuk pembelian dalam jumlah besar atau pembelian partai atau grosir.

Nah, pada review Taobao kali ini kami akan mengulasnya untuk Anda. Langkah – langkahnya untuk berbelanja di Taobao sebagai berikut :

Buat akun Taobao

Langkah – langkahnya yang perlu Anda lakukan pertama tentu membuat suatu akun karena Anda tidak mungkin berbelanja tanpa memiliki suatu akun. Langkah – langkahnya membuat akun Taobao sebagai berikut :

  • Pertama – tama yang Anda harus lakukan adalah buka situs Taobao. Untuk membuka situs Taobao, Anda dapat menggunakan Google Chrome karena browser ini memiliki fungsi terjemahan secara otomatis.
  • Setelah situs Taobao terbuka, kemudian mulailah membuat akun.
  • Pada bagian laman pendaftaran, Anda harus masukkan nomor HP. Setelah itu geser ke arah kanan dan klik kotak berwarna orange yang ada di bagian bawahnya.
  • Nantinya Anda akan mendapatkan kode OTP melalui SMS. Anda perlu masukkan kode OTP tersebut dan klik kotak berwarna orange
  • Kemudian Anda harus isi biodata. Masukkan password pada kolom pertama dan ketik ulang password di kolom yang selanjutnya
  • Setelah itu masukkan alamat email pada kolom yang ketiga
  • Ketik username di kolom yang keempat
  • Registrasi selesai dilakukan

Cari barang  yang Anda butuhkan

Jadi setelah Anda membuat akun, Anda perlu login untuk berbelanja. Anda bisa mencari berbagai macam barang yang Anda butuhkan di Taobao.

Namun pastikan sebelum Anda benar – benar membeli suatu produk di Taobao, sangat penting bagi Anda untuk mengecek apakah toko yang menjual suatu barang tersebut dapat dipercaya atau tidak. Caranya bagaimana?

Caranya untuk mengecek apakah toko yang menjual suatu barang di lapak Taobao tersebut bisa dipercaya atau tidak adalah dengan melihat komentar ada yang negatif atau tidak, ratingnya seperti apa, harga sesuai atau tidak dan foto barangnya real atau tidak.

Untuk membantu Anda memahami semuanya, Anda dapat menggunakan fitur terjemahan otomatis pada Google Chrome. Jika memang diperlukan, ketika Anda kurang yakin dengan barang yang akan Anda beli, Anda bisa memanfaatkan fitur chat di Taobao untuk bertanya semua hal tentang produk yang akan Anda beli di Taobao tersebut.

Ya, ketika berinteraksi langsung dengan penjual memang tidak semua orang bisa berbahasa Inggris. Nah, jika Anda salah satunya, Anda bisa mengandalkan Google Translate untuk membantu Anda berkomunikasi dengan penjual menggunakan bahasa Inggris.

Kontak agen

Proses jual beli di Taobao memang cukup rumit khususnya bagi orang awam. Hal tersebut karena pembayaran di Taobao menggunakan akun bank Tiongkok dalam menjalankan transaksinya. Karena itulah, ada baiknya Anda menggunakan jasa titip yang terpercaya untuk membantu Anda dalam bertransaksi jika memang Anda tidak punya akun bank Tiongkok.

Walau terkenal sebagai salah satu marketplace termurah dari China, akan tetapi belanja di Taobao sangat tidaklah mudah. Hal tersebut karena bahasanya yang menggunakan bahasa Mandarin. Sehingga untuk Anda yang tidak mahir berbahasa Mandarin, Anda perlu menggunakan Google Translate untuk menerjemahkannya.

Namun jika Anda tetap ingin berbelanja di salah satu marketplace terbaik ini, Anda bisa ikuti tips trik belanja yang kami bagikan diatas.

Kekurangan Taobao dan Resiko Belanja di Taobao

Selain bahasa yang masih menggunakan bahasa Mandarin, ada beberapa kekurangan lain yang Anda harus sadari jika memang Anda berbelanja di Taobao. Beberapa kekurangan tersebut diantaranya :

  • Update stok barang oleh seller sering tidak sesuai. Nah, untuk mengatasi kekurangan ini ada baiknya ketika Anda berbelanja pastikan agar Anda bertanya lebih dulu kepada seller sebelum check out Anda lakukan.
  • Untuk melakukan transaksi, Anda harus memiliki akun bank China yang sudah terverifikasi
  • Anda harus tahu bahwa kebanyakan seller atau penjual tidak bisa berbahasa Inggris apalagi bahasa Indonesia. Jadi, solusinya Anda harus memanfaatkan Google Translate untuk berkomunikasi dengan bahasa yang dimengerti oleh seller.

Jika memang Anda merasa kesulitan dalam berbelanja di situs Taobao namun Anda merasa sangat ingin barang yang dijual disana, Anda dapat menghubungi jasa logistic untuk membantu Anda. Dengan jasa logistic, jasa tersebut akan membantu semua kebutuhan transaksi Anda di Taobao.

Ada juga resiko yang Anda harus hadapi ketika berbelanja di Taobao. Beberapa resiko tersebut diantaranya :

Barang illegal atau produk tak resmi

Resiko pertama yang Anda akan dapatkan ketika berbelanja di Taobao adalah Anda mendapatkan barang illegal atau produk tak resmi. Tanpa disadari juga bahwa terkadang Anda telah membeli barang secara illegal dimana hal tersebut lebih dikenal dengan istilah black market.

Nah, resiko ini juga akan Anda dapatkan ketika belanja di Taobao. Sebagaimana yang kita tahu bahwa barang illegal sangat mudah masuk ke wilayah suatu negara, terlebih jika melalui impor. Karena itu utamanya jika Anda membeli barang berupa produk elektronik, Anda harus berhati – hati.

Dicekal oleh pihak berwajib atau pihak bea cukai

Resiko yang selanjutnya juga masih berkaitan dengan resiko yang pertama. Jadi begitu barang yang dipesan berada di jalan, maka bisa saja pihak bea cukai mencekal barang tersebut jika memang ada barang black market atau barang yang dicurigai illegal.

Barang tersebut kemudian akan langsung di tahan oleh pihak berwajib. Nah, hal ini tentu menjadi salah satu kerugian bagi pihak pembeli karena banyak pembeli yang bahkan tidak tahu kalau barang yang dibeli tersebut adalah barang illegal.

Namun karena penjual yang tidak bertanggung jawab, pembeli harus menanggung resiko barang yang dibeli tidak sampai di tangan. Nah, untuk mengatasi hal ini pastikan Anda crosscheck kepada penjual sebelum membeli. Utamanya jika barang yang Anda beli terkategori sebagai barang besar, barang elektronik atau barang dengan harga mahal yang rentan black market.

Waktu pengiriman yang cukup lama

Resiko lain dari berbelanja di Taobao adalah waktu pengiriman yang cukup lama. Melakukan kegiatan transaksi antar negara memang sangat tidak mudah walau bahkan proses pembayarannya sekarang sudah sangat mudah dan simple.

Salah satu hal yang mengganggu dalam pembelian produk di luar negeri adalah waktu pengiriman yang lama. Pengiriman bahkan bisa terjadi sampai 2 sampai 3 minggu untuk standard pengiriman. Nah, hal ini terkadang bisa digunakan oleh pihak penjual untuk menipu pembeli. Jadi Anda harus benar – benar berhati – hati dalam memilih penjual untuk melayani pesanan Anda.

Selain Taobao, di China sebenarnya terdapat beberapa marketplace lain yang juga dapat Anda manfaatkan. Fitur yang tersedia didalamnya tentu juga berbeda. Namun pastinya satu dan yang lainnya memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing.

Beberapa marketplace lain selain Taobao yang Anda bisa manfaatkan diantaranya :

1688.com

Sama halnya dengan Taobao, 1688 juga termasuk marketplace China yang merupakan anak gurita bagi perusahaan Alibaba Group. Namun antara 1688.com dengan Taobao tidak sama. Yang menjadi pembedanya adalah sistem belanjanya.

Pada 1688.com, Anda akan diberi beberapa pilihan harga dimana semakin banyak Anda berbelanja di 1688.com maka harganya juga akan semakin murah. Karena itu dalam memilih harga dan tempat pembeli selama berbelanja di 1688.com harus selektif.

Anda yang ingin belanja untuk kebutuhan dagang cocok sekali berbelanja di 1688.com karena Anda akan dapatkan harga grosiran dari 1688.com. Namun pastikan Anda jeli dalam mencari barang untuk dijual agar tidak mengecewakan konsumen Anda.

Situs 1688.com sebagai salah satu marketplace dari anak perusahaan Alibaba Group memiliki beberapa kelebihan dibandingkan yang lain. Adapun beberapa kelebihan berbelanja di 1688.com diantaranya :

  • Membanderol harga yang sangat murah karena secara langsung barang yang didapatkan di 1688.com adalah berasal dari supplier, pabrik atau pemasok.
  • Semua kegiatan di 1688.com terpercaya.
  • Sistem pembayarannya tidak langsung kepada penjual melainkan ke sistem 1688.com dulu baru jika barang sampai di tangan pembeli uang yang sudah di transfer ke 1688.com akan diberikan kepada penjual. Hal ini meminimalisir terjadinya resiko penipuan dari penjual kepada pembeli atau sebaliknya.
  • Pembeli dapat membeli banyak barang hanya dari 1 toko saja. Semakin banyak barang yang dibeli maka akan semakin murah juga harga yang akan Anda dapatkan nantinya
  • Keberadaan barang mudah di track karena ada fitur tracking untuk melacak barang yang telah disediakan oleh 1688.com.

TheOneMall

TheOneMall merupakan sebuah situs yang hadir untuk menjual berbagai macam barang dari China menggunakan sebuah server Malaysia yang berpusat di Wangsa Maju. Situs yang satu ini ketika pertama kali hadir dianggap sebagai suatu generasi baru dari online shopping center. Mengapa?

Karena situs TheOneMall dapat menjamin kualitas barang dan kepuasan pelanggannya. Nah, Anda yang tertarik berbelanja di TheOneMall, Anda dapat memilih berbagai macam barang dengan harga yang sangat menarik sehingga pelanggan tidak perlu merasa khawatir terhadap kualitas barang yang dibanderol dengan harga murah sekalipun. Kualitasnya benar – benar mumpuni dan sesuai apa yang dibagikan.

Demikian informasi menarik untuk Anda tentang review Taobao. Anda yang sedang mencari barang murah dari China, bisa langsung berbelanja seperti cara belanja yang kami bagikan diatas. Happy order dear!

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment