Review Facebook Pay, Alat Pembayaran Facebook yang Inovatif
in e-Payment

Review Facebook Pay, Alat Pembayaran Facebook yang Inovatif

 

Ingin menjadi yang terdepan, Facebook kini memperkenalkan sistem pembayaran terbaru yang independen mereka miliki yaitu Facebook Pay. Seperti apa fitur yang dirancang oleh pendiri Facebook yaitu Marc Zuckerberg dalam sistem pembayaran terbaru Facebook Pay ini?

Kita akan mengulas semua informasi tentang Facebook Pay dalam review Facebook Pay yang kita bahas kali ini. Facebook Pay dirancang oleh Marc Zuckerberg sebagai suatu sistem pembayaran yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai macam transaksi personal di Facebook.

Kabarnya, Facebook Pay tidak hanya dapat digunakan melakukan transaksi di Facebook saja, melainkan juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi di WhatsApp dan Instagram. Rasanya, pendiri Facebook ingin semua sosial media menjadi satu sistem pembayaran dengan Facebook. Berikut review Facebook Pay untuk Anda!

Review Facebook Pay

Facebook Pay merupakan sebuah sistem pembayaran yang hadir karena ditunjang pemfasilitasannya oleh Facebook Messenger. Melalui Facebook Pay, para pengguna Facebook dapat memasukkan informasi tentang kartu debit pada Facebook Messengernya.

Kehadiran Facebook Pay memang sangat menarik. Dengan sengaja Facebook merancang dan meluncurkan suatu layanan pembayaran yang dapat digunakan pengguna Facebook Messenger untuk berbelanja dan melakukan transaksi.

Melalui hadirnya Facebook Pay, kini para pengguna Facebook Messenger yang aktif di Facebook Messenger ketika bertransaksi dapat hanya berada didalam sana tanpa perlu berpaling menggunakan aplikasi yang lainnya.

Menurut survey yang telah dilakukan oleh perusahaan digital eMarketer di tahun 2014 atas Facebook Pay, masyarakat Amerika Serikat sendiri rata – rata menghabiskan waktu 21 menit setiap harinya untuk mengakses Facebook. Dengan hadirnya Facebook Pay, waktu yang dihabiskan pengguna Facebook Messenger tentu akan bertambah karena semuanya telah ada dan disediakan menjadi satu didalam Facebook.

Waktu akses tersebut berarti sama dengan presentase 6% dari total waktu rata – rata online masyarakat Amerika Serikat setiap harinya. Dengan demikian semakin lama masyarakat menghabiskan waktu untuk membuka Facebook, hal ini akan berdampak secara positif atas nilai statistik atas perkembangan Facebook secara solid.

Ketika kemudian pengguna Facebook sedang memanfaatkan Facebook Messenger untuk melakukan interaksi dengan pengguna akun Facebook yang lainnya, Anda tinggal pilih icon “S”. Kemudian pada pilihan entri “Pay” yang terdapat di bagian baris atas keyboard aplikasi dapat Anda pilih untuk tujuan mengirimkan pembayaran pada pengguna Facebook yang sedang Anda tuju.

Selanjutnya nanti jika Anda sebagai pengguna Facebook yang menerima pembayaran melalui Facebook Pay, Anda akan menerima pembayaran yang dikirimkan oleh pengguna lain setelah Anda membuka pesan pembayaran yang dikirimkan tersebut.

Kemudian untuk urusan pengiriman depositonya, transaksi yang dikirimkan akan sampai pada pengguna Facebook yang dituju dalam kurun waktu maksimal selama 3 hari. Mengenai seperti apa pemilihan kartu debit sendiri dimaksudkan untuk meminimalisir beban biaya tambahan yang mungkin akan terjadi jika menggunakan fasilitas berupa kartu kredit dalam alat pembayaran tersebut.

Melalui hadirnya Facebook Pay, Facebook ingin meluaskan pangsa pasar dan berkontribusi dalam banyak hal. Beberapa aspek yang ingin diwujudkan oleh Facebook dengan menghadirkan Facebook Pay diantaranya :

Facebook ingin masuk ke ranah perdagangan dan pembayaran

Hadirnya Facebook Pay menjadi suatu indikasi bahwa keinginan Facebook untuk masuk ke ranah perdagangan dan pembayaran semakin lama semakin besar. Tim Facebook pun sepakat dalam merilis fitur pembayaran pada Facebook Messenger untuk membantu peningkatan minat masyarakat atas penggunaan Facebook sekaligus juga mendorong Facebook agar mulai memasuki bidang bisnis dan perdagangan dunia.

Terjadinya peningkatan manfaat Facebook sebagai penyedia layanan pembayaran juga pada akhirnya akan berdampak pada bidang advertising di Facebook itu sendiri. Kini angka akses Facebook semakin tinggi.

Tingginya angka akses Facebook pada akhirnya juga akan membuat nilai advertising ikut meningkat karena banyak disaksikan oleh para penggguna Facebook. Semua itu terjadi mengingat bahwa nilai transaksi via mobile di tahun 2014 berkisar di angka USD 52 milyar dan hal tersebut tentu menjadi sebuah kesempatan emas bagi Facebook yang saat itu sudah memiliki banyak modal.

Pada saat itu modal yang dimiliki oleh Facebook bernilai 745 juta pengguna dimana 50% diantaranya merupakan pengguna smartphone dan PC tablet.

Meningkatkan kualitas pelayanan transaksi

Sampai saat ini tak banyak orang yang 100% percaya melakukan transaksi di sosial media. Ada banyak alasan dan faktor mengapa tak banyak orang yang percaya untuk 100% melakukan transaksi di sosial media. Salah satunya adalah karena maraknya penipuan atas transaksi yang dilakukan via sosial media.

Banyak orang yang masih merasa khawatir ketika mereka harus melakukan transaksi pembayaran via sosial media yang menjadi sarana berbagi link, video dan foto, hal tersebut menjadikan transaksi yang dilakukan tidak aman.

Akan tetapi semua kekhawatiran orang – orang tersebut ditepis jauh oleh Facebook. Facebook bersedia meningkatan kualitas layanan atas transaksi melalui Facebook Pay dengan cara yang aman dan pastinya mudah untuk setiap pengguna.

Menurut tim Facebook sendiri, sistem pembayaran yang dapat dilakukan melalui Facebook telah dilengkapi dengan dukungan software dan juga teknologi standar keamanan yang sama seperti halnya transaksi yang dilakukan melalui kartu kredit.

Dengan demikian, sistem keamanan tersebut sebenarnya tidak bersentuhan secara langsung dengan fungsi Facebook sebagai sosial media. Sistem pembayaran yang dimaksud tersebut akan secara langsung merekam dan melakukan metode tracking atas jenis transaksi yang dianggap selama ini tidak aman dan mencurigakan. Jadi melalui Facebook Pay, semua kegiatan transaksi tak ada yang perlu dikhawatirkan.

Facebook berusaha merealisasikan kehadiran Facebook Payment

Sementara waktu ini, Facebook Payment akan sesegera mungkin merealisasikan kehadirannya untuk masyarakat Amerika Serikat. Facebook Payment sendiri hadir dengan target pengguna desktop, android dan pastinya iOS.

Proses kerja dan perencanaan konsep Facebook Pay sendiri nantinya akan dibuat secara matang oleh sejumlah tim ahli dari kalangan perbankan, teknologi keuangan dan juga dukungan sejumlah tim software yang lain.

Jika peluncuran Facebook Payment sukses menjadi alternatif transaksi pembayaran via mobile, bukan menjadi hal yang mustahil jika kemudian Facebook akan mulai menerapkan konsep pengembangan Facebook Pay untuk pengguna Facebook di wilayah Asia, termasuk juga akan dapat diakses masyarakat Indonesia yang notabennya memiliki angka pengguna Facebook yang sangat besar.

Facebook Pay hadir untuk menyatukan seluruh platform

Kehadiran Facebook dimaksudkan untuk menyatukan seluruh macam platform baik itu platform Facebook itu sendiri, Messenger, Instagram atau WhatsApp dalam satu inklusi pembayaran ketika terjadi transaksi. Satu inklusi pembayaran yang dimaksud pastinya adalah Facebook Pay.

Selain itu, upaya Facebook menghadirkan Facebook Pay ini juga dilakukan untuk mendekatkan satu dengan yang lainnya. Kabarnya, kehadiran  Facebook Pay sebagai alat pembayaran transaksi tidak akan menarik biaya administrasi dalam kegiatan mengirim atau menerima uang dari teman.

Facebook Pay juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan berbagai macam transaksi selain transaksi pembayaran. Transaksi lain yang dapat dilakukan menggunakan Facebook Pay  diantaranya seperti membeli tiket, donasi online, membeli suatu produk kebutuhan dan membeli game untuk Anda yang hobi ngegame.

Cara Mengaktifkan Fitur Facebook Pay

Jika nantinya Facebook Pay telah dapat diakses, cara aktivasi Facebook Pay sangat mudah. Anda hanya perlu beralih ke menu setting kemudian pilih Facebook Pay dan klik fitur Tambah metode pembayaran baik bisa melalui website atau dapat melalui aplikasi.

Melalui fitur Facebook Pay, ada beberapa keunggulan yang nantinya akan dinikmati. Beberapa keunggulan yang dapat dinikmati pengguna Facebook Pay diantaranya :

Transaksi simple

Keunggulan pertama yang akan dirasakan oleh pengguna Facebook Pay adalah simple. Ya, semua kegiatan transaksi melalui Facebook Pay  sangat simple. Layanan Facebook Pay juga dapat dipakai untuk melakukan pembayaran dan pembelian melalui aplikasi Facebook.

Melalui Facebook Pay, pengguna tidak perlu memasukkan informasi pembayaran setiap mereka ingin melakukan berbagai macam transaksi.

Tidak terlalu banyak pengaturan pada aplikasi

Anda dapat mengatur Facebook Pay di aplikasi – aplikasi yang Anda inginkan atau bisa Anda atur untuk menggunakan Facebook Pay antar aplikasi. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengatur pembayaran Facebook Pay secara otomatis antar aplikasi yang aktif.

Sebagai pengguna Facebook Pay, Anda juga dapat melihat berbagai riwayat pembayaran, Anda dapat mengatur metode pembayaran dan juga dapat melakukan pembaruan atas pengaturan aplikasi hanya di satu tempat saja.

Facebook Pay memberikan dukungan kepada pelanggan lewat fitur live chat. Akan tetapi fitur ini hanya secara khusus dapat digunakan oleh pengguna di Amerika Serikat. Ke depannya, fitur ini akan dimaksimalkan agar dapat digunakan oleh pengguna di negara yang lain. Facebook Pay dengan segala fiturnya juga memahami cara pembayaran mana yang merupakan bagian dari Facebook.

Bagi Anda yang berlangganan Facebook Ads, Facebook Pay ini juga dapat dijadikan alat pembayaran Facebook Ads Anda. Bagi Anda yang masih belum pernah membuat Facebook Ads, langkah – langkah pembuatan Facebook Ads sebagai berikut :

Buat akun Facebook Ads

Facebook Ads kini juga dapat dibayar menggunakan Facebook Pay. Untuk mengakses Facebook Ads, Anda harus buat akun Facebook Ads terlebih dahulu.

Yang Anda harus lakukan pertama, masuk dulu ke pengaturan akun. Tentunya Anda sudah lebih dulu login ke Facebook dengan akun Anda.

Setelah itu lakukan pengisian form mulai dari atas sampai bawah. Pertama, Anda diharuskan untuk mengisi nama akun lebih dulu. Kemudian pilih nama akun yang sederhana agar Anda mudah mengingatnya.

Setelah nama akun berhasil Anda buat, pastikan Anda mengisi informasi – informasi yang lain juga. Hal ini penting untuk digunakan dalam tujuan tagihan pembayaran. Sebaiknya dalam proses pembuatan akun, Anda pastikan agar semua data yang Anda input benar. Periksa semua aspek secara seksama.

Pada bagian ini, Anda juga akan dijelaskan tentang pemberitahuan email iklan, pemberitahuan atas iklan Facebook dan masih banyak lagi yang lainnya. Pastikan juga Anda mempelajari semua hal terlebih dahulu sebelum Anda benar – benar akan menyimpan semua perubahan nantinya.

Setelah dari pengaturan akun, selanjutnya masuklah ke menu Tagihan. Anda bisa tambahkan informasi kartu kredit sebagai metode pembayaran rekening Anda. Atau jika menggunakan Facebook Pay sebagai alat pembayaran terbaru berlangganan Facebook Ads, Anda dapat memilihnya. Namun pastikan Anda tidak menjadikan Facebook Pay sebagai satu – satunya alat bayar.

Opsi pembayaran sekunder Anda perlukan. Hal ini penting digunakan untuk berjaga – jaga jika kartu kredit Anda mencapai batas limit atau mengalami pemblokiran dengan alasan apapun itu. Maka iklan yang sudah dipasang di Facebook tidak dapat berhenti untuk ditayangkan.

Jika kemudian pembayaran utama Anda mengalami kegagalan, iklan Anda akan diberhentikan secara langsung oleh pihak Facebook sampai Anda mampu melakukan pembayaran kembali. Untuk menambahkan metode pembayarannya sendiri, Anda klik di bagian tap “Metode pembayaran” kemudian pilih menu opsi yang ada di sebelah kiri atas.

Pada halaman tersebut, Anda akan melihat bahwa Anda dapat memilih beberapa metode pembayaran sekaligus. Anda dapat menambahkan salah satunya. Anda bisa pilih kartu kredit atau debit dan klik “lanjutkan” kalau sudah memilih metode pembayaran.

Membuat kampanye

Setelah Anda memiliki akun Facebook Ads, Anda perlu membuat kampanye pertama Anda di Facebook Ads. Untuk membuat kampanye pertama Anda, terlebih dahulu Anda harus menentukan tujuan. Pilih kelola iklan.

Selanjutnya klik “buat iklan” yang terdapat di bagian atas kanan halaman Facebook Anda. Pastikan, apapun yang Anda pilih Anda harus memasukkan informasi tambahan tentang apa yang ingin Anda promosikan.

Siapkan gambar

Setelah Anda tetapkan tujuan atas iklan Anda, sekarang adalah waktu yang tepat bagi Anda untuk merancang iklan Anda. Hal pertama yang Anda sangat perlu perhitungkan adalah dengan Anda memilih beberapa gambar yang akan Anda gunakan nantinya.

Kini Facebook memiliki sistem yang sangat memungkinkan bagi pengguna untuk melakukan pengujian sampai batasan enam gambar. Nah, pengujian yang dilakukan tersebut menjadi suatu piranti atau aspek yang sangat efektif yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kinerja promosi atas iklan yang telah dibuat.

Dengan demikian Anda dapat mengambil berbagai macam keuntungan dari fitur yang disediakan juga untuk keperluan mengetes dua atau setidaknya sampai dengan tiga buah gambar yang berbeda.  Facebook juga turut menyarankan agar gambar yang diupload memiliki ukuran sebesar 600 x 315 dan memiliki tata letak yang tepat dan proporsional agar hasilnya sangat baik di semua aspek dan lininya.

Susun kalimat yang tepat untuk penayangan iklan Anda

Ketika Anda membuat iklan Facebook, hal yang paling sulit untuk dilakukan adalah memilih dan melakukan penyusunan atas kalimat yang akan tampil di konten iklan Anda. Nah, konten – konten tersebut nantinya yang dihadirkan bergantung pada jenis iklan Anda.

Anda harus memperhatikan tiga bagian utama yang dihadirkan seperti judul, teks, atau pun link. Untuk link, khusus link Newsfeed.

Pahami berbagai penempatan iklan

Ketika Anda menggunakan iklan yang disediakan, Facebook hadir menawarkan berbagai macam spot yang difungsikan sebagai tempat menempatkan iklan. Terdapat tiga tempat penempatan iklan yang dihadirkan, diantaranya yaitu newsfeed, mobile dan kolom yang terdapat di sebelah kanan.

Sampai saat ini banyak orang yang memasang iklan dan dianggap bahwa penempatan iklan di kolom sebelah kanan hanya buang – buang uang. Hal tersebut karena penempatan pada bagian Newsfeed dianggap banyak orang jauh lebih strategis. Akan tetapi yang disayangkan, Anda tak pernah tahu apakah model penempatan iklan yang ditawarkan baik atau tidak sebelum pengujian terlebih dahulu Anda lakukan.

Nah, sekarang sudah tahu bukan bagaimana cara membuat Facebook Ads dan sekaligus cara bayar melalui Facebook Pay?

Selamat mencoba! Semoga informasi yang kami berikan diatas tentang review Facebook Pay menjadi informasi yang menginspirasi Anda.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment