Review Amazon, Raksasa E-Commerce yang Sukses Bersinar di Seluruh Dunia
in Amazon

Review Amazon, Raksasa E-Commerce yang Sukses Bersinar di Seluruh Dunia

 

Jeff Bezos, pendiri Amazon.com bertangan dingin ini merupakan sosok penting dibalik kesuksesan Amazon sekarang ini. Banyak orang yang melakukan review Amazon dan mendapatkan banyak pelajaran darisana.

Dimulai dari menjalankan usahanya di garasi, Amazon kini telah dibawa oleh pendirinya Jeff Bezos menjadi salah satu raksasa E-Commerce terbesar di seluruh dunia. Perusahaan ini berpusat di Seattle, Washington, Amerika Serikat.

Namun kabarnya baru – baru ini, Amazon juga mendirikan cabang perusahaannya di Indonesia. Seperti apakah layanan Amazon Indonesia dan bagaimana fakta tentang perusahaan Amazon itu sendiri? Berikut kita akan ungkap dan melakukan review Amazon segamblang mungkin. Lets check these out!

Review Amazon  dan Kisah Dibalik Kesuksesannya

Amazon yang kini merupakan sebuah raksasa E-commerce yang sangat besar merupakan sebuah E-commerce yang dilahirkan pertama kali oleh Bezos pada tanggal 16 juli 1995 setelah melakukan tes website pada 300 orang temannya.

Website tersebut kemudian hadir dengan nama persis seperti nama sebuah sungai yang ada di Amerika Selatan. Amazon dikenal juga sebagai bisnis e-commerce. Akan tetapi selain hadir sebagai bisnis e-commerce, Amazon juga memiliki suatu layanan yang berbasis Cloud Computing.

Layanan yang berbasis Cloud Computing tersebut merupakan Amazon Web Services yang juga menjadi pendapatan masing – masing pengusaha. Kiprah dari Amazon, awalnya hanya menjual buku. Tanpa adanya promosi secara berlebihan atau promosi media, Amazon nyatanya secara langsung mendulang kesuksesan.

Amazon kemudian meluaskan jangkauan pasarnya setelah mendulang kesuksesan pertamanya tersebut. Amazon memperluas jangkauan pasar sampai ke 45 negara dalam satu bulan berdirinya. Kemudian dalam dua bulan, pemasaran Amazon sudah berhasil mencapai nilai USD 200 ribu setiap minggunya.

Bezos pun pada akhirnya merasa sangat senang karena apa yang dilakukannya dalam membangun bisnis membuahkan kesuksesan yang sangat besar. Sampai kemudian pada tahun 1997, Amazon setelah sukses menjual sahamnya sebagai saham publik.

Pada saat itu banyak pesaing mulai melancarkan serangan. Namun walau banyak pesaing berdatangan satu sama lain, akan tetapi Amazon tetap dapat bertahan. Amazon tetap dapat menjadi rujukan utama bagi para konsumen e-commerce di seluruh dunia.

Kemudian pada tahun 1998, Amazon mulai menjual CD dan video. Proyeksi penjualan CD dan video mereka pun luar biasa besar. Setelahnya, mereka menjual hampir segala macam barang dengan layanan yang cenderung sangat cepat dan efisien.

Kemudian menjual gadget android buatan sendiri yaitu tablet Kindle Fire. Setelah menjual gadget android buatannya sendiri yaitu tablet Kindle Fire tersebut, Amazon benar – benar menjelma menjadi sebuah raskasa e-commerce.

Dari penjualan yang berhasil dilakukan sebesar USD 510 ribu di tahun 1995 menjadi USD 17 miliar di tahun 2011. Bezos pun pada akhirnya masuk ke dalam deretan orang yang paling kaya di dunia dengan harta senilai 49,5 miliar rupiah.

Kesuksesan yang luar biasa dari Amazon terjadi dikarenakan berbagai macam faktor. Jeff Bezos sendiri mengaku bahwa ia tidak pernah ragu untuk melakukan berbagai macam aksi. Ia tidak sekedar berandai – andai atau berbicara.

Bahkan jika apa yang ditempuhnya belum tentu mendapatkan hasil, ia pun tetap mencoba dan berani untuk memulai mengambil resiko. Apa yang dilakukan oleh Bezos diakuinya sebagai hasil dari kerja keras dan semangatnya selama ini.

Bezos juga pernah gagal namun bersama dengan karyawan dan orang yang ia percaya, ia tetap terus berusaha beraksi dan bangkit dari kegagalan. Bagi Amazon, ia akan berjuang bersama – sama tidak berjuang sendiri.

Bezos mengaku tidak segan untuk segera bertindak karena ia tidak ingin menyesal di masa yang akan datang. Jika kegagalan ia dapatkan hari ini, menurutnya kegagalan tersebut adalah batu sandungan untuk membuatnya kembali melangkah di masa yang akan datang.

Menurut Bezos, selama ini ia memegang kunci kesuksesan dalam menjalankan usahanya. Salah satu kunci sukses Bezos dalam menjalankan usahanya adalah promosi. Banyak promosi yang dilakukannya. Selain menggunakan sosial media, ia juga melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Menurut Bezos, promosi dari mulut ke mulut dinilai menjadi hal yang sangat efektif. Ketika ia mulai membangun Amazon, Bezos pun tidak punya banyak anggaran untuk promosi. Akan tetapi ia berusaha untuk melakukan pelayanan dengan sebaik mungkin sehingga konsumen akan dengan sendirinya melakukan promosi dari mulut ke mulut.

Fakta – Fakta Amazon yang Kini Jadi E-Commerce Terbesar Dunia

Amazon pernah meluncurkan suatu situs lelang

Di awal kiprah Amazon sebagai perusahaan public, ia meluncurkan sebuah situs lelang. Situs lelang yang ia luncurkan tersebut hadir untuk bersaing dengan kompetitor yang lainnya di berbagai macam e-commerce.

Kemudian pada tahun 1991, pada hari Amazon meluncurkan situs lelang tersebut, saham Amazon kemudian mengalami kenaikan yang sangat pesat. Angka kenaikan dari situs lelang Amazon bahkan mencapai angka 8%.

Amazon memanfaatkan teknologi pengenalan gambar dalam bentuk aplikasi

Aplikasi yang dimaksud adalah Flow. Aplikasi Flow merupakan sebuah aplikasi yang hadir memberikan fasilitas kepada masing – masing pengguna ketika sedang berbelanja.

Dengan bantuan aplikasi Flow, pengguna Amazon tidak perlu menghafal daftar belanjaan mereka. Amazon Flow yang dihadirkan tersebut menjadi sebuah cara untuk membantu masing – masing pengguna dalam mengambil gambar atau foto dengan memanfaatkan handphone, kamera HP dan juga aplikasi.

Amazon.com hadir mengembangkan sistem pengiriman futuristic

Prime Air merupakan suatu sistem pengiriman secara futuristic yang dikembangkan oleh Amazon. Prime Air sendiri memungkinkan Amazon untuk mengirim paket ke pelanggan mereka dalam kurun waktu 30 menit dengan memanfaatkan pesawat kecil yang tidak berawak.

Lebih dari 150 ribu orang bekerja di Amazon

Jumlah karyawan yang dimiliki oleh Amazon sangatlah banyak. Amazon bahkan memiliki jumlah karyawan 150 ribu orang di seluruh dunia dimana angka tersebut merupakan angka yang terbilang sangat fantastis.

Bahkan jika dirata – rata, jumlah karyawan yang bekerja di Amazon jauh lebih besar dari jumlah karyawan yang bekerja di Facebook, Alibaba dan bahkan Google. Wow, sangat mencengangkan bukan?

Amazon.com memiliki hak paten atas teknologi pemesanan satu klik

Kegiatan pemesanan produk di Amazon sangat simple. Namun walau simple, semua transaksi yang dilakukan di website marketplace Amazon sangat aman dan tidak perlu diragukan lagi. Nah, kini Amazon sudah memiliki lisensi pembelian hanya dengan menggunakan single click atau teknologi sekali klik.

Amazon mengundang pengguna untuk menjadi bagian dari Amazon Vine Reviewers

Amazon punya banyak cara untuk mengumpulkan testimoni pelanggan. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan Amazon Vine Reviewers. Nah, nantinya kepada para pelanggan yang menjadi bagian dari Amazon Vine Reviewers akan diberikan kompensasi ketika review produk untuk perusahaan diberikan.

Akan tetapi yang sangat disayangkan, kelompok yang dapat menjadi bagian dari Amazon Vine Reviewers tersebut hanya dibuka untuk sebagian kecil orang dari peninjau kelas atas yang disediakan.

Strategi Pemasaran Amazon yang Membuat Sukses Besar

Setiap perusahaan pasti memiliki strategi pemasaran sendiri untuk membuat usahanya berkembang. Syukur – syukur jika bisa sukses besar. Nah, demikian juga dengan Amazon juga memiliki strategi pemasaran yang menjadikannya sukses besar bahkan menjadi raksasa E-Commerce dunia saat ini.

Nah, dalam review Amazon sendiri kali ini kita akan menginformasikan tentang strategi apa sajakah yang diterapkan oleh Amazon untuk membuat sukses besar. Nah, beberapa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Amazon diantaranya :

Free shipping

Mengapa ada pelanggan yang malas dan membatalkan pembelian suatu produk? Ada banyak alasan mengapa pelanggan malas dan membatalkan pembelian suatu produk. Salah satu alasannya adalah karena ongkos kirim yang mahal.

Bayangkan saja, seseorang beli baju polos sebesar 25 ribu rupiah namun dikirim ke Papua sementara pengirim berada di Jakarta atau Surabaya misalnya. Anda tentu bisa membayangkan berapa nominal ongkos kirim yang harus dibayarkan oleh orang yang ada di Papua  tersebut untuk mengirimkan kaos yang harganya hanya 25 ribu rupiah dari Surabaya atau Jakarta ke Papua.

Bisa – bisa, harga kaos tersebut menjadi 50 ribu rupiah karena harga ongkos kirim yang sepadan dengan harga kaosnya. Atau harga ongkos kirim yang setara dengan harga kaosnya. Jika hal seperti ini terjadi, orang akan malas untuk membeli produk yang ia inginkan dikarenakan mempertimbangkan mahalnya harga ongkos kirim yang dibebankan.

Karena itu, Amazon menerapkan free shipping atau gratis ongkos kirim atas produk yang dijual. Cara yang digunakan oleh Amazon untuk menerapkannya ada dua yaitu dengan memberikan ongkos kirim gratis dan Amazon Prime.

Keduanya merupakan metode free shipping yang berbeda. Mengenai apa saja perbedaan keduanya, kita akan membahas satu persatu. Opsi pertama, ongkos kirim gratis yang diberikan sebagai salah satu metode marketing dari Amazon.

Amazon membebaskan biaya kirim kepada semua pembeli yang melakukan pembelian produknya diatas 25 dollar. Tak ada batasan wilayah dan jarak. Semuanya bebas biaya kirim. Akan tetapi ada satu konsekuensi pembeli yang harus didapatkan ketika memilih metode shopping ini.

Konsekuensi tersebut  yaitu estimasi kedatangan produk yang mencapai 8 hari lamanya. Jika merasa 8 hari adalah kurun waktu yang terlalu lama, ada opsi kedua yang dapat dimanfaatkan. Opsi kedua yaitu menggunakan Amazon Prime.

Anda dapat mulai berlangganan Amazon Prime dengan harga 99 dolar di setiap tahunnya. Biaya tersebut nantinya akan menutupi ongkos kirim selama satu tahun penuh dan Anda akan mendapatkan estimasi kedatangan produk kurang dari 3 hari.

Dalam beberapa wilayah, kedatangan suatu produk dengan Amazon Prime bahkan bisa terjadi dalam kurun waktu 2 jam. Perusahaan yang dimiliki oleh Jeff Bezos tersebut juga selalu meningkatkan layanan pengiriman dan mereka kemudian mengirimkan barang melalui sebuah drone.

Strategi kelangkaan produk

Kelangkaan produk nyatanya menjadi salah satu trik untuk menarik pelanggan. Hal ini menjadi suatu aspek penting yang harus disadari oleh seorang pengusaha. Bagi Anda yang suka berbelanja di Amazon, Anda pasti sadar bahwa mereka menerapkan “kelangkaan” yang mereka buat sendiri dengan cara yang unik.

Amazon membatasi produk yang mereka buat. Sebagai contoh, Amazon membuat catalog produk dengan kalimat “Hanya tersedia 5 pcs, segera order!”

Orang – orang yang tidak sadar bahwa itu adalah sebuah trik, tentu akan bergegas untuk menyerbu produk yang hanya dijual dalam 5 pcs saja itu. Kemudian jika ada banyak repeat order, baru Amazon akan membuat produk tersebut kembali, mereadykannya lagi.

Atau trik yang dilakukan Amazon untuk mengenalkan sistem ‘kelangkaan’ produk adalah “Sisa satu pcs saja, order sekarang sebelum kehabisan!”

Nah, dalam ilmu psikologi marketing, dengan adanya kalimat pembatasan semacam itu menjadikan pelanggan akan secara langsung membayar karena mereka takut kalah saing dan produk yang diinginkan diambil oleh yang lainnya.

Jika Anda memiliki suatu bisnis, strategi pemasaran yang dilakukan oleh Amazon ini dapat Anda terapkan.

Perbandingan produk

Amazon menerapkan strategi marketing perbandingan produk ini. Mereka melakukan perbandingan produk atas dasar kualitas, harga dan merknya.

Di Amazon, produk smartphone menjadi produk yang paling sering dijadikan bahan perbandingan. Untuk memudahkan hal tersebut, Amazon kemudian membuat suatu fitur yang dapat membandingkan beberapa produk sekaligus karena Amazon pun sangat mengerti bahwa membandingkan sebuah produk itu sangatlah sulit.

Dengan adanya fitur perbandingan yang dihadirkan, Amazon bahkan berhasil membuat sebagian pelanggan membeli secara langsung produknya yang ditawarkan Amazon walau awalnya hanya ingin mencari tahu perbandingan antara produk A, B dan C saja.

Anda yang memiliki sebuah website untuk berjualan produk gadget, Anda dapat membuat konsep perbandingan produk di website Anda. Kemudian berikan arahan link untuk pembelian produk yang Anda perbandingkan.

Menggunakan email marketing

Strategi dari pemasaran Amazon yang terakhir dan perlu Anda ikuti adalah penggunaan email marketing. Ada banyak pembeli di Amazon yang tidak jadi membeli padahal mereka sudah sampai pada tahap transaksi. Nah, disanalah email marketing dari Amazon akan beraksi.

Jika pengguna telah melakukan pendaftaran diri sebagai salah satu pelanggan di Amazon, mereka kemudian akan mendapatkan sebuah email marketing yang didalamnya berisi tentang informasi suatu produk tertentu.

Nah, produk yang dikirimkan informasinya didasarkan atas minat mereka atau produk yang hampir dibeli sebelumnya. Dengan tata cara trik marketing yang seperti ini, Amazon menginginkan jika pelanggan mereka kemudian melakukan pembelian produk tersebut dan menutupnya sebagai sebuah transaksi penjualan.

Sampai saat ini, Amazon telah berhasil membuat sebesar 28,3% dari total keseluruhan email marketing agar ditransformasikan menjadi sebuah penjualan. Dengan total tersebut, artinya sudah banyak transformasi penjualan yang berasal dari email marketing Amazon.

Interaktif customer service

Strategi pemasaran yang dilakukan oleh Amazon selanjutnya adalah customer service pribadi. Jika Anda memiliki masalah dengan penggunaan e-commerce, Anda dapat melakukan pelaporan melalui FAQ, forum dan yang lainnya.

Hanya saja yang disayangkan, respon yang diberikan terkadang cukup lama. Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang menggunakan fitur yang sama yang dihadirkan tersebut.

Amazon sendiri merupakan sebuah raksasa e-commerce yang menjadi terobosan baru. Bagi pelanggan mereka, Amazon membuat sebuah fitur yang bernama Mayday. Jadi, jika kemudian pelanggan menekan fitur tersebut, mereka akan terhubung secara live video dengan customer service e-commerce Amazon.

Amazon Web Services Indonesia Telah Hadir dengan Layanan Berikut Ini

Dewasa ini perkembangan internet cukup membuat masyarakat melek dengan teknologi. Hal tersebut menjadi penyebab tidak sedikit masyarakat yang kemudian melakukan segala sesuatu dengan bantuan internet.

Padahal yang Anda harus tahu bahwa semakin banyak pengunjung sebuah situs atau aplikasi online, maka beban akses yang diterima akan jauh lebih berat. Alhasil hal tersebut menjadikan kecepatan akses pada website atau aplikasi menjadi jauh lebih lambat bahkan sampai mengalami overload sehingga tidak dapat diakses.

Ketika suatu situs semakin populer, resiko peretasan atas situs tersebut sebenarnya cenderung jauh lebih besar. Nah, Amazon melalui teknologi cloud servicenya atau komputasi awannya percaya bahwa teknologi komputasi awan dapat membantu perkembangan berbagai macam aspek kegiatan yang dilakukan di Indonesia.

Termasuk juga perusahaan, sektor public sampai dengan institusi pendidikan. Amazon yang dihadirkan sendiri tidak hanya hadir menawarkan sebuah layanan komputasi awan. Amazon juga menghadirkan sebuah layanan penyimpanan, jaringan serta database.

Dalam teknologi cloud yang berkembang di Indonesia, Amazon memiliki komitmen untuk mengenalkan berbagai macam layanan seperti halnya artificial intelligence sampai dengan machine learning yang hadir dalam bentuk layanan pay as you go dan layanan on demand.

Di Indonesia sendiri, Amazon cloud yang hadir telah melayani berbagai macam perusahaan di berbagai skala mulai dari perusahaan berskala kecil, perusahaan start up, perusahaan menengah sampai dengan perusahaan besar public di Indonesia.

Jadi, untuk Anda yang memang berminat menggunakan layanan yang ditawarkan oleh Amazon atau sekedar ingin mengetahui seperti apa cara kerjanya, jangan pernah Anda merasa ragu untuk menghubungi pihak Amazon Web Services Indonesia.

Berbeda dengan sistem komputasi biasa, ada berbagai macam keunggulan yang Anda bisa dapatkan ketika situs atau aplikasi yang Anda kelola memanfaatkan teknologi komputasi awan. Teknologi komputasi awan Amazon sendiri hadir dengan beberapa kelebihan berikut ini, diantaranya :

Memiliki kapasitas simpan data yang jauh lebih besar

Salah satu keunggulan yang Anda bisa dapatkan ketika menggunakan sistem komputasi awan adalah kapasitas simpan data yang jauh lebih besar. Nah, untuk mendapatkannya Anda tinggal melakukan pemesanan kepada pihak Amazon cloud  Indonesia.

Anda pesan saja besaran kapasitas penyimpanan data yang memang Anda inginkan. Dengan demikian pihak Amazon akan secara langsung menambah kapasitas simpan data pada situs atau aplikasi yang Anda miliki.

Memiliki sistem cloud service

Sistem cloud service menjadi salah satu jaminan keamanan data yang nantinya akan tersimpan pada situs yang dikelola. Melalui sistem keamanan yang ekstra ketat, hal  tersebut menjadikan resiko kebocoran data hampir tidak akan terjadi karena Anda menggunakan sistem komputasi awan ini.

Melalui sistem cloud service yang disediakan, data yang Anda simpan juga akan tetap terjaga dengan baik. Data – data penting tidak akan hilang karena komputasi awan sudah menyimpan semuanya.

Kemudahan dalam mengakses situs

Dalam review Amazon kali ini, kita juga akan membahas kelebihan lain dari layanan komputasi awan Amazon. Ketika Anda menjadi pengguna layanan komputasi awan Amazon, situs yang Anda miliki akan lebih mudah diakses oleh pengguna internet.

Yang penting berada di jangkauan data center, maka kemudian pengunjung situs Anda akan tetap dapat mengakses semua yang Anda simpan tanpa peduli kapan dan dimana mereka mengunjunginya. Semuanya akan terakses dengan baik.

Itulah review Amazon yang merupakan salah satu raksasa E-commerce terbesar di dunia. Bersama Amazon tentu semua aspek dapat diselenggarakan secara jauh lebih mudah. Jadikan Amazon sebagai marketplace belanja dan layanan komputasi awan terbaik yang Anda pilih. Anda akan dapatkan berbagai macam kemudahan bersama Amazon dan semua layanan yang diberikan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment