Review AliExpress, Mengenal Aliexpress Lebih Jauh
in Aliexpress

Review AliExpress, Mengenal Aliexpress Lebih Jauh

 

Bagi Anda yang masih belum pernah mengenal AliExpress sebelumnya, kita akan mengenal tentang AliExpress lebih jauh dalam review AliExpress kali ini. Jadi, apa itu AliExpress?

AliExpress merupakan pasar online dari perusahaan internasional besar Alibaba yang hadir ditunjukkan sebagai pasar internasional. AliExpress ini sejatinya merupakan pengecer online besar yang menjadi kepemilikan dari Ali Grup.

Ali Grup sendiri merupakan grup perusahaan internasional yang menaungi dua buah perusahaan yaitu AliExpress dan juga Alibaba. Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan perusahaan grup Alibaba bukan? Mengenai seperti apa dan bagaimana AliExpress sebagai pasar online Ali Group akan kami ulas dalam review AliExpress berikut ini!

Review AliExpress – Mengenal Tentang AliExpress

Seperti yang kita bahas sebelumnya bahwa AliExpress merupakan sebuah pasar online dari grup perusahaan Alibaba. Pasar online AliExpress hadir ditujukan untuk pembeli internasional.

AliExpress sendiri hadir mengizinkan bisnis kecil yang ada di China untuk menjual produknya kepada customer di seluruh dunia. Cara akses AliExpress cukup mudah sehingga siapa pun bisa mulai mengaksesnya bahkan walau mereka seorang newbie sekalipun.

Platform AliExpress menawarkan berbagai macam kemudahan kepada pengguna. AliExpress menjadi sebuah platform e-commerce yang hadir menawarkan produk dengan banderol harga yang lebih rendah dari harga pasar.

Di AliExpress juga tidak ada minimum pesanan. Hal tersebut berarti bahwa setiap orang dapat membeli satu atau lebih produk. Dan tidak diperlukan kontak dengan pemasok.

Anda yang membeli suatu produk di AliExpress, Anda bisa membeli secara langsung beberapa produk sekaligus. Produk yang disediakan juga merupakan produk yang tidak sensitif terhadap harga. Anda pun tidak perlu memesan terlebih dahulu untuk mendapatkan produk yang ditawarkan di marketplacenya.

AliExpress memang merupakan suatu pasar online yang berada di satu grup perusahaan yang sama dengan Alibaba yaitu Ali Grup. Karena berada dibawah naungan grup perusahaan yang sama, karena itu Alibaba dan AliExpress tentu memiliki persamaan. Akan tetapi walau memiliki persamaan, Alibaba dan AliExpress juga memiliki suatu perbedaan.

Mengenai persamaannya, antara Alibaba dan AliExpress memiliki persamaan yaitu keduanya sama – sama merupakan sebuah platform bisnis online dimana pelanggan membayar biaya dengan menggunakan layanan perlindungan pelanggan.

Sementara perbedaannya antara Alibaba dan AliExpress, meliputi :

Target market dan ukuran minimum order yang berbeda

Target market AliExpress dan Alibaba berbeda. Alibaba hadir dengan konsep penyesuaian bisnis untuk bisnis. Sementara AliExpress hadir untuk konsumen bisnis dan bisnis.

Pun begitu dengan ukuran minimum ordernya antara AliExpress dan Alibaba berbeda. Alibaba memiliki jumlah pesanan minimum untuk pemesan dengan serangkaian persyaratan yang berkemungkinan besar diminta oleh pihak Alibaba.

Sementara AliExpress tidak memiliki jumlah minimum untuk pemesanan. Jadi Anda yang ingin memesan dengan jumlah berapapun termasuk 1 buah saja, bisa memesan di AliExpress.

Banderol harga

Mengenai harganya, konsep banderol harga antara AliExpress dan Alibaba berbeda. Di Alibaba, harga produknya tidak stabil. Pemasok dan pabrikan yang akan menjadi penentu harga. Sementara di AliExpress, disana tidak tersedia ruang dalam penentuan harga produk sehingga siapa pun yang menjual produk dapat langsung menentukan harga jual atas produk yang dijual.

Resiko kualitas

Untuk kualitas, kualitas di Alibaba lebih terjamin dibandingkan di AliExpress. Pembeli yang membeli di AliExpress akan mendapatkan produk yang tidak diorganisir sehingga resiko kualitasnya kurang sesuai dengan apa yang diharapkan lebih tinggi dibandingkan membeli produk di Alibaba yang memang kualitasnya sudah disortir lebih dulu.

Didesain secara khusus

Alibaba hadir menyediakan sebuah platform dimana pemasok menawarkan produk yang disesuaikan dengan request dan ditawarkan juga produk label khusus di setiap permintaan. Akan tetapi jika Anda menggunakan AliExpress, AliExpress tidak membuat produk yang disesuaikan dengan standar seperti apa yang dilakukan di Alibaba.

Ketersediaan produk di AliExpress dan Alibaba

Suatu produk yang ditawarkan di Alibaba perlu waktu untuk sampai di tangan pembeli karena pesanan harus disetujui terlebih dahulu. Sample juga perlu disetujui, harga harus dinegosiasikan dan pesanan disiapkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

Hal tersebut karena sistem seleksi yang lebih ketat di Alibaba dibandingkan di AliExpress. Sehingga proses distribusi di Alibaba jauh lebih kompleks dan memakan waktu lama dibandingkan sistem distribusi yang ada di AliExpress. Di AliExpress, sistem distribusinya memakan waktu yang tidak terlalu lama.

Metode pengiriman barang

Karena tingginya jumlah barang dan minat pembeli yang berbeda – beda, di Alibaba penjual dan pembeli dapat menentukan pengiriman barangnya sendiri sesuai keinginan mereka. Akan tetapi di AliExpress, tidak bisa memilih pengiriman sesuai minat. Standar pengiriman yang biasanya dilakukan di AliExpress adalah melalui udara.

Model laba

Biaya keanggotaan di Alibaba dibebankan kepada pemasok. Sementara di AliExpress, biaya keanggotaan dibebankan atas presentase tertentu dari penjualan yang telah dilakukan.

Tips Belanja di AliExpress yang Harus Diperhatikan

Ada beberapa aspek penting yang Anda harus perhatikan ketika belanja di AliExpress. Beberapa aspek penting yang perlu Anda perhatikan ketika belanja di AliExpress diantaranya :

  • Pertama, Anda harus terlebih dahulu memastikan apakah link atau URL yang dikirimkan dari barang yang Anda inginkan di AliExpress sudah benar atau tidak.
  • Selanjutnya Anda juga harus memastikan agar Anda hanya memilih produk yang sesuai dengan budget karena setiap penggunaan jasa nantinya akan tetap dikenakan sejumlah biaya.
  • Step ketiga, masukkan alamat lengkap untuk pengiriman barang yang Anda akan beli. Kemudian jangan Anda lupa untuk memasukkan kode pos dan nomor telepon Anda yang saat ini sedang dalam kondisi aktif.
  • Selanjutnya, mintalah tracking number jika memang seller menyediakan. Biasanya tracking number ini disediakan oleh penjual barang yang akan dibeli di AliExpress.
  • Step terakhir, baiknya Anda memastikan bahwa Anda memilih jasa belanja di AliExpress yang memang memiliki track record yang bagus, terpercaya dan pastinya memiliki reputasi yang baik untuk meminimalisir kekurangan dari produk yang dijual dan meminimalisir kekecewaan.

Ketika Anda berbelanja di AliExpress, sistem pembayaran yang cocok untuk Anda gunakan adalah Alipay Escrow. Belanja di AliExpress dengan menggunakan Alipay Escrow tentunya akan memberikan perlindungan lebih kepada Anda.

Hal tersebut dikarenakan dua faktor. Pertama, kartu kredit Anda tidak akan diberikan atau ditunjukkan ke pihak penjual. Sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir tentang mereka para seller di AliExpress yang berpotensi mencuri identitas Anda dengan kartu kredit Anda.

Faktor yang kedua, pembayaran tidak akan dikeluarkan sampai Anda menerima barang yang Anda telah beli di salah satu seller yang menjual produknya di AliExpress. Jadi jika terjadi tindak penipuan, Anda dapat sesegera mungkin meminta refund dari AliExpress dan tidak perlu lagi melalui proses refund yang panjang karena sistem Alipay Escrow dapat mempercepat mata rantai pengembalian dana.

Keuntungan dan Kekurangan Belanja di AliExpress

Belanja melalui situs belanja internasional AliExpress, tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang masih belum pernah belanja di AliExpress namun tertarik mencoba berbelanja disana tentu harus tahu apa saja keuntungan dan kekurangan belanja di AliExpress.

Nah, dalam review AliExpress kali ini kita akan membahasnya. Untuk keuntungan dari AliExpress sendiri meliputi :

Item produk cukup lengkap

Item produk yang disediakan di AliExpress cukup lengkap. Bisa dikatakan lengkap karena AliExpress menawarkan jutaan item barang kebutuhan sehari – hari. Tidak hanya menghadirkan kebutuhan manusia, AliExpress juga hadir menyediakan barang kebutuhan untuk binatang peliharaan dan bahkan tanaman.

Jadi, apapun yang Anda butuhkan semua bisa Anda dapatkan di AliExpress. Tidak hanya barang yang sehari – hari digunakan dan tidak hanya barang untuk manusia, barang untuk tanaman dan hewan pun ada.

Bergaransi

Bagi Anda yang berbelanja di AliExpress, AliExpress memberikan garansi uang kembali jika memang barang tidak diterima atau barang diterima tidak sesuai dengan deskripsi yang tertera di lapak penjual. Jadi, dengan adanya garansi semacam itu pembeli dapat merasa aman atas produk yang dibelinya.

Untuk sistem pembayarannya sendiri, ketika pembeli membayar barang yang dibeli di AliExpress, maka uang tersebut akan ditahan lebih dulu oleh AliExpress. Setelah pembeli menerima barang yang dipesannya dan melakukan metode konfirmasi, AliExpress akan membayarkan uang tersebut secara langsung kepada penjual.

Sistem yang semacam ini merupakan suatu sistem pembayaran yang sekarang ini banyak diadopsi oleh penyedia rekening bersama yang ada di Indonesia. Juga menjadi sistem pembayaran yang sudah dijalankan   di beberapa situs marketplace yang sudah banyak bermunculan.

Memiliki cara pembayaran yang bervariasi

Ada banyak cara pembayaran yang diterima oleh AliExpress. Kini AliExpress menerima pembayaran melalui berbagai macam cara bayar. Anda bisa membayar pembelian produk di AliExpress melalui kartu kredit, doku, Alipay yang merupakan sistem pembayaran dari Alibaba Group dan bahkan Western Union.

Bisa dikatakan bahwa cara pembayaran atas pembelian yang diterima oleh AliExpress bahkan lebih bervariasi jika dibandingkan dengan dua e-commerce besar lain seperti Ebay dan Amazon. Walaupun pada prakteknya sistem pembayaran dengan menggunakan kartu kredit menjadi metode pembayaran yang paling banyak digunakan oleh pembeli.

Sistem harga bersaing

Harga yang ditawarkan atas produk yang dijual di AliExpress termasuk ke dalam kategori harga yang bersahabat. Jika Anda membeli dalam kuota tertentu bahkan harga yang ditawarkan dibanderol jauh lebih murah dibandingkan harga awalnya.

Jadi jika Anda ingin membeli suatu produk dan berharap untuk mendapatkan harga yang lebih murah atau harga miring, belilah barang atau produk di AliExpress dengan jumlah yang lebih banyak.

Tersedia berbagai macam metode pengiriman

Dalam pembelanjaan di AliExpress, disediakan berbagai macam metode pengiriman. Jadi, Anda tinggal pilih metode pengiriman yang Anda inginkan dan kemudian seller secara otomatis akan menyesuaikan dengan metode pengiriman yang Anda sudah tentukan.

Hebatnya lagi bahwa semua metode pengiriman yang digunakan menyediakan tracking number. Dengan demikian atas produk yang Anda beli, Anda dapat melakukan pelacakan atas keberadaan produk tersebut sampai dimana. Anda bisa mengontrol produk tersebut sampai rumah.

Tersedia fasilitas free shipping

Fasilitas free shipping juga menjadi salah satu fasilitas yang disediakan oleh AliExpress untuk setiap customernya. Jadi, Anda yang berbelanja di AliExpress dimanapun Anda berada dan berasal dari manapun Anda, Anda akan tetap dapat menikmati fasilitas ini. AliExpress memberikan layanan gratis ongkos kirim ke seluruh dunia.

Akan tetapi walau punya berbagai macam keuntungan, belanja di AliExpress juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangan belanja di AliExpress diantaranya :

Waktu tempuh yang sangat lama

Ya, kita sebelumnya membahas bahwa salah satu keuntungan dari AliExpress adalah tersedianya layanan gratis ongkos kirim. Akan tetapi satu hal yang Anda harus tahu bahwa layanan gratis ongkos kirim yang tersedia tidak diimbangi dengan waktu tempuh perjalanan produk yang cepat.

Bagi Anda yang memanfaatkan layanan gratis ongkos kirim, Anda harus menerima konsekuensi bahwa produk yang Anda tunggu datangnya cukup lama. Bahkan walau metode pengirimannya menyediakan tracking number meski gratis ongkos kirim, akan tetapi sampainya barang dari pihak penjual di tangan konsumen kurang lebih sekitar 5 sampai dengan 6 minggu setelah dikirim dari seller.

Secara umum mereka menggunakan China Post yang akhir – akhir ini sangat lambat. Bahkan tak sedikit yang menggunakan jasa Netherland Post dan Sweden Post. Jika menggunakan jasa ini, lebih lama lagi karena barang yang dikirim akan dikirim ke Sweden dan Netherland dulu baru kemudian dikirim ke alamat masing – masing pembeli.

Stock yang dimiliki seller kurang update

Tak banyak seller di AliExpress yang up to date dengan stock produknya. Jadi, ketika membeli di AliExpress Anda harus menerima resiko dan konsekuensi bahwa Anda telah membeli dan membayar suatu barang kemudian seller memberitahu melalui message bahwa barangnya sudah habis.

Hal ini bisa terjadi karena disebabkan listing barang yang ada di AliExpress tidak disebutkan sejumlah stock yang tersedia. Jadi, tidak terlacak dengan mudah oleh konsumen berapa barang yang saat ini masih tersisa. Berbeda dengan apa yang ada di Ebay, dimana pada masing – masing listing selalu disebutkan jumlah stock secara gamblang. Sehingga akan ada informasi kapasitas barang yang tersedia dan bisa dibeli oleh pembeli.

AliExpress hanya menjual produk dari China

AliExpress hanya menjual berbagai macam produk yang berasal dari China. Sehingga jika Anda berharap berkunjung ke AliExpress untuk membeli produk dengan brand global maka tentu Anda akan kesulitan menemukannya. Jadi Anda harus mencari produk China jika memang tertarik berbelanja di AliExpress.

Demikian beberapa informasi tentang review AliExpress yang kami dapat sampaikan kepada Anda. Anda yang ingin berbelanja di AliExpress, pahami semua tips trik belanjanya dan dapatkan produk kebutuhan Anda bersama AliExpress.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

3 thoughts on “Review AliExpress, Mengenal Aliexpress Lebih Jauh

  1. yan

    bila biaya pajak sudah keluar , apakah pembeli membayar di loket pospay atau bayar melalui pak pos yang mengirim barang ?

    Reply

Post Comment