Review Alibaba, Platform Perdagangan Business to Business Terbesar di Dunia
in Alibaba

Review Alibaba, Platform Perdagangan Business to Business Terbesar di Dunia

 

Siapa yang pernah menyangka bahwa seorang guru miskin kini menjadi konglomerat yang sangat kaya di China?

Ya, dialah Jack Ma yang merupakan seorang pendiri Alibaba. Awalnya, Jack Ma adalah seorang guru kemudian berusaha mewujudkan mimpinya menjadi seorang pengusaha sukses dan kini menjadi salah satu konglomerat terkaya di dunia.

Alibaba Group merupakan sebuah perusahaan yang berdiri di bawah kendalinya. Kini, ada hampir 11 gurita bisnis Alibaba dari e-commerce sampai dengan fintech yang telah berdiri dengan tegak. Selengkapnya tentang review Alibaba, akan kita bahas dalam ulasan informasi berikut ini!

Review Alibaba – Mengenal Tentang Gurita Bisnis Alibaba

Alibaba kini menjadi sebuah grup perusahaan yang sangat mendunia. Tidak hanya menjadi sebuah perusahaan e-commerce saja. JackMa, pendiri Alibaba menjadikan Alibaba memiliki berbagai gurita bisnis di banyak sektor.

Bahkan, Alibaba kini menjadi salah satu perusahaan yang paling berharga di dunia. Di bidang e-commerce saja, Alibaba berhasil mendapatkan lebih dari 80% keuntungan dan menariknya lagi keuntungan tersebut senantiasa bertambah setiap tahunnya. Hal ini menjadi pertanda bahwa Alibaba selalu berusaha meningkatkan potensi bisnisnya.

Alibaba mencatat bahwa pengguna aktif dari pasar e-commerce Alibaba tumbuh dengan presentase yang sangat besar dari waktu ke waktu. Dengan pertumbuhan yang sangat besar tersebut menjadikan Alibaba kemudian menginvestasikan sebagian besar dananya di beberapa perusahaan seperti Lazada dan beberapa perusahaan terkemuka di Asia Tenggara lainnya.

Ekspansi usaha yang dilakukan oleh Alibaba bukan tanpa sebab. Semangat ekspansi usaha yang dilakukan oleh Alibaba sebenarnya termotivasi karena adanya persaingan yang sangat ketat di China antara Alibaba dengan raksasa internet Tencent, JD.com dan orang – orang baru yang sedang naik daun seperti Pinduoduo atau yang lainnya.

Terhitung sudah 11 gurita bisnis Alibaba yang kini kita dapat saksikan. Berikut kami ulas khusus untuk Anda tentang daftar 11 gurita bisnis Alibaba yang Anda harus tahu, diantaranya :

Alibaba.com

Alibaba.com merupakan bisnis pertama Jack Ma bersama rekanannya yang pertama kali diluncurkan di tahun 1999.Kini Alibaba.com menjadi pemimpin bagi pasar e-commerce yang berjalan di lini perdagangan secara global.

Berdasarkan apa yang termaktub didalam situs resmi Alibaba, pembeli yang melakukan pembelian di platform e-commerce Alibaba.com tersebar di sebanyak 190 negara. Menurut data yang mulai beredar sejak 31 Maret 2018, ada berbagai macam lini yang bergerak dalam bidang impor dan ekspor tersebut.

Ada banyak agen perdagangan, bahkan banyak pedagang besar, produsen, pengecer, dan ada banyak UKM juga yang menjadi pengguna situs Alibaba.com ini. Bahkan Alibaba.com juga menawarkan anggotanya serta layanan rantai pasokan impor atau ekspor UKM lainnya.

Alimama

Sampai saat ini tidak banyak orang yang tahu bahwa selain Alibaba.com, grup Alibaba pun memiliki sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi pemasaran. Alimama namanya.

Alimama diluncurkan pertama kali pada tahun 2007 dimana perusahaan ini telah berusia lebih dari satu dekade dan merupakan platform teknologi pemasaran yang sesuai dengan tuntutan pemasaran pedagang.

Melalui program pemasaran afiliasi, Alimama memungkinkan pemasar untuk menempatkan display pemasaran melalui situs web dan aplikasi pihak ketiga. Sehingga dengan demikian jangkauan pemasaran semakin dapat diperluas dan promosi mereka ke bidang properti di luar pasar Alibaba Group semakin tinggi.

AliExpress

AliExpress tidak cukup hadir dengan platform e-commerce saja. Pada tahun 2010 Alibaba melakukan ekspansi layanan ke bidang jasa pengiriman barang yang diberi nama Ali Express. Layanan jasa antar yang disediakan oleh Ali Express sendiri memungkinkan bagi masing – masing konsumen di seluruh dunia untuk melakukan pembelian langsung dari produsen dan distributor utamanya di China.

Aliexpress mengoperasikan berbagai macam situs berbahasa lokal, termasuk juga ada situs dalam bahasa Spanyol, Portugis, Rusia, dan Perancis. Jadi, tidak hanya situs berbahasa Inggris saja yang disediakan oleh Ali Express. Melainkan banyak bahasa lokal lain yang juga turut disediakan oleh Ali Express.

Target market Ali Express pun sangat besar bahkan melingkupi berbagai wilayah yang ada di seluruh dunia.

Alibaba Cloud

Alibaba Cloud merupakan salah satu dari tiga penyedia infrastruktur jaringan teratas di dunia. Berdiri pada tahun 2009, Alibaba Cloud menjadi lengan komputasi awan dari Alibaba Group.

Menurut data yang diberikan oleh IDC, berdasarkan data gartner diinformasikan bahwa perusahaan Alibaba Cloud sampai detik ini menjadi salah satu dari tiga penyedia IaaS teratas di dunia serta menjadi penyedia layanan cloud public terbesar yang ada di China.

Alibaba Cloud sendiri selama ini hadir menyediakan berbagai rangkaian  layanan cloud untuk bisnis yang ada di seluruh dunia secara lengkap. Banyak keunggulan yang ditawarkan oleh Alibaba Cloud dan para penyedia layanan Alibaba dapat menggunakannya.

Alibaba Picture

Alibaba Grup juga memiliki sebuah perusahaan industri film dan hiburan yang diberi nama Alibaba Picture. Pada tahun 2016 lalu, Alibaba Pictures yang merupakan lini bisnis Alibaba Grup membeli saham minoritas di Amblin Partners Steven Spielberg yang memiliki Dream Works Pictures.

Pada awal tahun ini, Alibaba membayar $750 juta untuk membeli saham di divisi sinema perusahaan Cina WandaFilm. Alibaba pun kemudian menjadi pemegang saham terbesar yang kedua dan perusahaan ini telah melakukan investasi dalam blockbuster Mission : Impossible yang telah dihadirkan di industri film tersebut.

Alibaba Picture masih melakukan pembenahan sampai detik ini. Alibaba Picture pun melakukan berbagai macam langkah perubahan sampai detik ini.

TMall

Platform bisnis dari Alibaba yang lainnya adalah Tmall. TMall merupakan sebuah platform Business to Consumer yang berdiri sejak tahun 2008 silam. Sasaran TMall sendiri kali ini adalah konsumen kelas atas yang menyeser target produk dan pengalaman belanja secara premium.

Sejumlah besar merek internasional dan China telah membangun etalase bisnisnya di TMall. Menurut Analysys, TMall menjadi platform B2C terbesar di China dimana dalam hal ini nilai barang dagangannya cukup besar sejak tahun 2017 silam.

Cainiao Network

Cainiao Network merupakan sebuah operator platform data logistik yang didedikasikan untuk menentukan visi logistik dari Alibaba Group dan diperlukan untuk memenuhi semua pesanan konsumen dalam kurun waktu yang cepat.

Salah satu visi dari Cainiao Network adalah berusaha memenuhi pesanan konsumen dalam kurun waktu 24 jam di China dan dalam kurun waktu 72 jam di tempat lain yang ada di dunia. Platform ini mengadopsi pendekatan untuk membangun jaringan pemenuhan nasional yang memanfaatkan kemampuan dari mitra logistik dan juga memanfaatkan kapasitas untuk menawarkan berbagai macam layanan logistic baik domestic dan internasional.

Ant Financial

Dalam review Alibaba kali ini, kami juga akan menginformasikan sebuah lini bisnis Alibaba yaitu Ant Financial. Ant Financial merupakan sebuah perusahaan teknologi yang menawarkan layanan keuangan inklusif kepada dunia.

Secara resmi Ant Financial berdiri pada tahun 2014 dan berasal dari Alipay yang berdiri di tahun 2004. Ant Financial kemudian menciptakan sebuah sistem kredit bersama dan menciptakan platform layanan keuangan terbuka yang hadir melalui inovasi teknologi.

Ant Financial juga menyediakan konsumen dan usaha kecil dengan layanan keuangan inklusif yang aman dan nyaman secara global.

Youku

Selanjutnya ada Youku yang juga memiliki situs web video streaming yang menjalankan usaha kemitraan dengan negara penyair CCTV China. Di awal kiprahnya, Youku menjadi salah satu web video streaming yang menampilkan semua pertandingan Piala Dunia 2018. Kesuksesan yang diraihnya menjadikan Youku memiliki pendapatan yang sangat besar bahkan mencapai US$ 903 juta di kuartal terbaru dengan peningkatan sebanyak 46% dari tahun ke tahun.

1688.com

1688.com merupakan situs Alibaba Group yang hadir tidak lama setelah Alibaba.com muncul dan menjadi salah satu situs pasar grosir domestic di wilayah China. Pembeli dan penjual grosir di China bertemu di platform ini.

Barang dagangannya pun sangat bervariasi. 1688.com menjual berbagai macam produk mulai dari pakaian, perabotan sampai dengan produk makanan dan juga minuman. 1688.com pun memimpin pasar grosir domestic terpadu di wilayah China. Sejumlah besar pedagang yang ada di pasar ritel China pun mendapatkan persediaan mereka di 1688.com.

Taobao

Di tahun 2003, Alibaba pun melihat potensi ponsel seluler dan berusaha melakukan ekspansi besar ke sektor marketplace yang ramah untuk pengguna ponsel. Taobao juga merupakan sebuah marketplace yang hadir menyerupai e-Bay.

Dari 11 gurita bisnis Alibaba tersebut, bisnis yang paling besar dan terkenal milik Alibaba adalah e-commerce Alibaba.com karena merupakan bisnis pertama Alibaba dan juga bisnis cloudnya. Nah, kali ini kita akan mereviewnya dalam kesempatan review Alibaba.

Alibaba.com, Bisnis Pertama Alibaba Group yang Sukses Besar

Sebelum memiliki 11 gurita bisnis seperti sekarang ini, Jack Ma mendirikan usaha pertamanya yaitu Alibaba.com. Alibaba.com ini merupakan sebuah perusahaan e-commerce milik Alibaba Group yang memperbolehkan bagi para pelaku bisnis atau individu untuk melakukan pembelian dan sekaligus menjual produk mereka secara lokal dan internasional.

Dengan demikian Anda bisa secara bebas mencari produk yang memang Anda inginkan. Untuk berbelanja di Alibaba tidaklah sulit. Langkah – langkahnya untuk berbelanja di Alibaba sebagai berikut ini :

Pertama – tama, buatlah akun di Alibaba

Sama halnya seperti website – website yang lain, cara belanja di Alibaba yang harus pertama Anda lakukan adalah membuat akun pada website. Dengan membuat akun pada website, hal tersebut akan memudahkan Anda untuk mencari produk yang Anda ingin beli dan Anda juga dapat menjual barang Anda di marketplace tersebut.

Didalam website Alibaba sendiri, Anda tinggal pilih tombol sign in jika memang Anda sudah memiliki akun Alibaba atau melakukan sign up jika memang Anda masih belum punya akun. Setelah Anda memilih untuk sign in atau sign up, kemudian Anda tinggal ikuti instruksi yang diberikan saja.

Dalam membuat akun Alibaba, yang Anda harus perhatikan adalah :

  • Dalam membuat akun, Anda tidak perlu lisensi wholesaler untuk membuat akun di Alibaba. Jadi walau demikian jika Anda menjual produk dari Alibaba di tempat yang lain, bersiaplah untuk Anda berhadapan dengan pihak pengadilan bisnis dan pajak lokal yang ada di negara Anda.
  • Jika Anda tidak memiliki lisensi wholesaler dan Anda ingin kembali menjual produk yang Anda dapat di Alibaba, baiknya Anda meminta bantuan pihak ketiga untuk menangani sistem pengadaan produk Anda seperti Asiacommerce atau pihak ketiga lain misalnya.

Carilah produk yang Anda ingin jual

Selain membuat akun, cara belanja di Alibaba yang kedua adalah mencari produk. Ada banyak cara untuk mencari produk di Alibaba. Salah satu cara yang paling dasar adalah memasukkan kata kunci dari produk yang Anda inginkan ke dalam kolom pencarian yang terletak di halaman utama website.

Anda pun juga dapat mencari produk menggunakan kategori yang berada di pojok kiri halaman utama website yang Anda tuju.

Lakukan filter atas hasil pencarian Anda

Langkah yang ketiga untuk belanja di Alibaba adalah melakukan filter hasil pencarian produk Anda. Dengan melakukan filter hasil pencarian, Anda dapat semakin mempersingkat waktu untuk memilah produk. Anda dapat menggunakan option yang terdapat di bagian kiri halaman hasil pencarian. Dengan ini, Anda bisa memperkecil skala pencarian secara lebih spesifik.

Lakukan pemeriksaan profil supplier untuk lencana verifikasi

Ketika Anda sudah menemukan supplier melalui mesin pencarian atau melalui RFQ, Anda kemudian dapat langsung pergi ke halaman profil mereka untuk melakukan langkah verifikasi legitimasi. Anda dapat melihat lencana profil kemudian untuk memastikan bahwa Anda melakukan kerjasama dengan supplier yang terverifikasi.

Didalam situs, Anda akan menemukan beberapa kode untuk memeriksa profil supplier. Beberapa kode yang dimaksud yaitu :

  • A & V : mengindikasikan bahwa supplier tersebut sudah lulus pemeriksaan originalitas dan pemeriksaan verifikasi yang telah dilakukan oleh Alibaba dan pihak ketiga pemberi jasa verifikasi.
  • Onsite Check : memverifikasi tempat supplier yang berbasis di China telah diperiksa oleh staff Alibaba untuk memastikan bahwa tempatnya memang benar – benar ada bukan halu atau akal – akalan belaka
  • The Assessed Supplier Check : mencatat bahwa pemasok telah diverifikasi oleh pihak ketiga

Sebagai tambahan ketika Anda melakukan pengecekan terhadap lencana profil supplier, Anda dapat mencari berbagai macam informasi tentang calon supplier secara online demi menghindari resiko terjadinya penipuan.

Coba carilah secara online informasi lencana dengan cara komen atau complain something terhadap supplier yang memang Anda inginkan. Anda pun juga dapat melihat referensi informasi kontak yang terdapat di profil Alibaba mereka dengan bantuan google.

Pastikan juga Anda menghindari supplier yang mendaftarkan alamat email non bisnis seperti Gmail atau pun Yahoo. Hal yang Anda juga harus tahu ketika memilih supplier di Alibaba.com, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal berikut ini agar tidak salah pilih supplier, diantaranya :

Middleman atau makelar

Jangan sampai terjebak dengan middleman atau makelar. Mengapa? Karena middleman atau makelar biasanya dapat membuat harga produk lebih mahal. Middleman juga akan menyulitkan Anda dalam berkomunikasi.

Scammers atau penipu

Tidak semua orang yang bergabung dengan Alibaba adalah orang yang jujur. Ada banyak orang yang bergabung dengan Alibaba dan beberapa diantara mereka adalah penipu. Karena itu Anda harus benar – benar waspada.

Jangan sampai Anda terjebak dengan para penipu itu karena bisa – bisa Anda tidak mendapat untung malah uang Anda diambil mereka sementara Anda tidak mendapatkan barang yang Anda beli. Jadi memilih supplier secara selektif merupakan hal yang wajib Anda perhatikan.

Perhatikan kualitas produk

Walau terdapat tulisan premium atau high quality pada produk yang mereka jual kepada Anda, namun perbedaan kualitas antar masing – masing negara tetap harus diberlakukan. Baiknya Anda juga harus pastikan bahwa kualitas yang Anda inginkan sesuai dengan kualitas yang supplier Anda tawarkan.

Pastikan mencari supplier yang memiliki gudang pemasok di negara Anda

Menemukan supplier yang memiliki gudang di negara Anda, hal tersebut akan memotong waktu pengiriman dan akan menghindarkan Anda dalam berhadapan dengan pihak bea cukai.

Jika kemudian Anda mencari supplier yang tidak memiliki gudang di negara Anda, maka yang Anda harus lakukan adalah bekerjasama dengan supplier tersebut untuk menangani bea cukai dengan memanfaatkan apa yang disebut sebagai Alibaba’s Freight Logistics Resource. Namun akan berbeda cerita jika Anda mencari supplier yang memiliki gudang di negara Anda.

Anda bisa mencari mana langkah terbaik dalam bekerjasama. Pastikan Anda sudah memikirkan semua langkah yang dilakukan matang – matang.

Review Alibaba Cloud, Layanan Komputasi Awan dari Alibaba Group

Alibaba Cloud Computing merupakan sebuah layanan komputasi awan dari Alibaba yang berdiri tepat pada tanggal 10 September 2009. Alibaba Cloud Computing dihadirkan dengan misi untuk membangun perusahaan layanan cloud computing data sentries dan juga platform berbagi data di internet.

Perusahaan milik Alibaba ini berusaha menarik talenta teknis yang top baik dalam ruang lingkup domestik atau pun internasional dan berusaha untuk memberikan komitmen secara inovatif pada teknologi di bidang internet dan e-commerce berdasarkan pengalaman dari sektor bisnis yang dikembangkan.

Dengan adanya teknologi Alibaba Cloud Computing ini, Alibaba Cloud Computing pada akhirnya menjadi salah satu perusahaan internet terbesar dan paling berpengaruh di dunia. Disana juga disediakan layanan e-commerce terbesar dunia yang nantinya akan membawa berbagai macam pengalaman baru di bidang internet dan e-commerce untuk menata masa depan yang lebih baik lagi.

Dengan menggunakan Alibaba Cloud, ada beberapa keuntungan yang Anda bisa dapatkan. Adapun beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan dengan menggunakan Alibaba Cloud sebagai layanan komputasi awan Anda diantaranya :

Cloud tanpa batasan

Alibaba Cloud Computing merupakan sebuah layanan cloud tanpa batas yang diterapkan pada 14 pusat data dan semua wilayahnya dikelola dalam satu akun global. Alibaba Cloud Computing dengan semua hal yang ada didalamnya juga menjadi penyedia cloud terbesar di China saat ini.

Akses jaringannya pun sangat beragam. Kini, Alibaba Cloud Computing menjadi yang paling besar di China. Juga terdapat 6 wilayah penyebaran dan dibagi ke dalam beberapa zona ketersediaan di masing – masing wilayah yang ada.

Memberikan perlindungan terhadap data pengguna

Sebagai salah satu perusahaan yang terdaftar di Indonesia, Alibaba Cloud Computing mematuhi sertifikasi internasional tingkat tinggi untuk menjamin berbagai macam potensi keamanan data yang diberikan.

Sebagai layanan cloud terbesar yang bahkan latensinya sampai di Indonesia, Alibaba Cloud Computing juga berhasil memecahkan rekor dalam teknologi penyortiran data. Alibaba Cloud Computing bahkan memberikan berbagai macam perlindungan anti DDoS yang hadir untuk membantu setiap pemrosesan transaksi bahkan setiap detiknya.

Itulah sekilas informasi tentang review Alibaba mulai dari Alibaba.com yang merupakan bisnis pertama Alibaba Group yang didirikan oleh Jack Ma sampai dengan Alibaba Cloud. Semoga informasi diatas semakin menambah pengetahuan dan wawasan kita semua.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment