Refund di Alibaba ? Siap Siap Rugi
in Alibaba

Refund di Alibaba ? Siap Siap Rugi

 

Ada kalanya Ketika melakukan transaksi pembelian barang dari China melalui platfom Alibaba, kita mengalamai masalah. Seperti pesanan yang dibatalkan oleh suatu sebab, barang kurang atau malah tidak tersedia, terlalu lama menunggu hingga kita memutuskan membatalkan pesanan, dan beberapa sebab lain yang membuat kita harus mengajukan opsi refund ke Alibaba.

Refund berarti pengembalian dana yang sudah kita bayarkan ke seller melalui Alibaba, Kembali ke rekening kita. Tetapi harus diketahui, bahwa Refund bukan berarti kita lepas dari masalah 100 %. Memang betul kita akan mendapatkan pengembalian dana, tetapi kita perlu ketahui bahwa kita tidak akan mendapatkan uang sejumlah apa yang pernah kita bayarkan sebelumnya. Kenapa demikian ? Berikut penjelasannya :

Jika melakukan pembayaran Alibaba melalui Kartu kredit

  1. Ketika kita melalakukan pembayaran melalui kartu kredit, kita akan dikenakan fee sekitar 2.95 %. Fee ini bersifat hangus. Jadi jika kita mendapatkan refund dari Alibaba, maka fee yang 2.95 % itu tidak akan ikut di refund. Jadi setidaknya kita sudah mengalami kerugian 2.95 %
  2. Ketika kita melakukan pembayaran, maka pembayaran akan dihitung sesuai Kurs jual bank yang berlaku saat transaksi. Dan Ketika kita menerima refund, maka kita akan menerima sesuai Kurs beli bank yang berlaku saat refund kita terima. Jadi kita juga akan mengalami selisih kurs jual – beli mata uang dari US$ ke IDR, yang besarnya tergantung pada kurs bank yang dipakai. Dan perlu dikatehaui bahwa selisih kurs jual beli untuk transaksi online internasional ini lumayan besar

 Jika melakukan pembayaran melalui transfer bank

  1. Sama dengan cara pembayaran Alibaba dengan kartu kredit, Ketika kita melakukan pembayaran menggunakan transfer bank, kita juga membayar fee transfer bank yang besarnya sekitar $25-40 dalam setiap pembayaran. Tentu saja fee ini bersifat hangus, dan tidak akan diterima say kita mendapatkan refund.
  2. Demikian juga jika kita melakukan pembayaran melalui transfer bank, maka kita dihitung sesuai kurs jual bank yang bersangkutan pada saat transaksi. Dan Ketika kita menerima refund, maka kita akan menerima pengembalian sesuai dengan Kurs beli bank sat refund diterima. Jadi ada potensi kerugian dari selisih kurs jual beli bank tersebut.

Kalau dilihat, memang “kerugian” yang dihadapi cukup lumayan juga ya, tetapi ini masih lebih baik, daripada kita tidak bisa menerima pengembalian uang sama sekali, jika terjadi masalah dengan transaksi kita.

Kerugian refund ini tidak hanya terjadi di Alibaba, tetapi potensi kerugian ini juga bisa terjadi di semua transaksi online internasional di web web lain, seperti ebay, amazon, aliexpres, dll. Hal ini disebabkan karena kita menggunakan Mata Uang IDR yang tidak disupport untuk transaksi langsung di web tersebut. Sehingga kita harus menggunakan mata uang asing, terutama US$, dengan konsekuensi harus melakukan Kurs terlebih dahulu dari IDR ke US$ saat melakukan pembelian / pembayaran, dan akan melakukan kurs dari US$ ke IDR saat menerima refund.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment