QRIS, Apa Saja Kelebihannya ?
in e-Payment

QRIS, Apa Saja Kelebihannya ?

Persis di hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 RI, Bank Indonesia (BI) memperkenalkan sistem pembayaran baru. Quick Response Indonesian Standard (QRIS) adalah sarana praktis alternatif metode pembayaran non tunai bagi masyarakat Indonesia. QRIS berbentuk sebuah aplikasi berbasis server yang berfungsi sebagai uang elektronik, dompet elektronik, dan juga fasilitas mobile banking mudah dan aman.

Pelaksanaan program QRIS sendiri mulai berlaku dari 1 Januari 2020. QRIS hadir sebagai transisi untuk mempersiapkan terbentuknya Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Hadirnya QRIS adalah salah satu realisasi dari Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025 yang dikenalkan oleh pemerintah di pertengahan 2019 silam. Nantinya tiap Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) yang memanfaatkan teknologi QR diharuskan mengaplikasikan QRIS.

Pihak otoritas memiliki tujuan QRIS dapat digunakan sebagai pilihan transaksi pembayaran yang efisien, murah, dan cepat. Jargon yang diusung QRIS sendiri adalah UNGGUL yang merupakan singkatan dari :

  • UNiversal, karakternya inklusif artinya dapat dipakai seluruh masyarakat untuk pembayaran transaksi dalam dan luar negeri.
  • GampanG, pengguna dapat menggunakannya secara mudah dan aman dari Hp.
  • Untung, menguntungkan dari sisi penjual dan pembeli berkat prosesnya yang efisien untuk berbagai aplikasi pembayaran yang ada.
  • Langsung, bersifat realtime atau transaksi berlangsung saat itu juga.

Berbasis Merchant Presented Mode (MPM), pengguna cukup melakukan scan QR code atau kode QR dari ponsel dari berbagai aplikasi misalnya OVO, LinkAja, Gopay, Bukalapak, DANA, dan yang lain. Sistem QRIS meliputi 2 tampilan di aplikasi merchant yang memperlihatkan kode QR. Kode QR itu lalu discan dengan smartphone milik konsumen, yang terdiri dari :

  1. Tampilan Statis

Kode QR disajikan dalam bentuk stiker atau cetakan lain. Kode QR itu berfungsi untuk proses transaksi pembayaran namun belum tertera jumlah yang harus dibayar dengan begitu membutuhkan input manual.

  1. Tampilan Dinamis

Kode QR disajikan di struk yang keluar dari  mesin EDC atau diperlihatkan di layar monitor. Kode QR itu akan bersifat unik yang selalu berbeda untuk tiap transaksi pembayaran dan lagi kode tersebut pun sudah tertera jumlah pembayaran yang mesti dibayar.

Jika masih bingung, QRIS bisa disamakan dengan layanan ATM Bersama. Segala macam kartu ATM dari bank mana saja dapat menggunakan ATM Bersama. Begitupun dengan QRIS, pengguna boleh menggunakan aplikasi pembayaran mana saja hanya dengan scan di satu QR Code. Agar lebih jelas, berikut satu contohnya : Pak Ali menggunakan GoPay, Pak Budi memiliki OVO, lalu Ibu Cantik mengandalkan DANA, dan Mas Deni memiliki LinkAja. Nah, keempat orang dengan aplikasi pembayaran berbeda tetap dapat bertransaksi antar mereka cukup dengan scan kode QRIS. Karena itu QRIS membanggakan slogan ‘satu untuk semua’ sebab apa saja aplikasi yang digunakan, transaksi tetap berjalan dengan lancar.

Ada beberapa aturan yang diberlakukan QRIS. Salah satunya, jumlah maksimal untuk satu transaksi sebesar Rp.2 juta. Namun, pihak pengelola aplikasi boleh saja menentukan nominal kumulatif harian atau bulanan sesuai kebijakan mereka. Sampai saat ini belum tersedia ketentuan pasti besarnya biaya administrasi yang dikenakan bagi pengguna untuk setiap transaksi.

QRIS pun dapat dimanfaatkan para pelancong dari luar negeri yang menggunakan aplikasi QR Code berstandar EMV Co ketika melakukan transaksi di Indonesia. Sehingga para wisatawan yang tengah liburan di Indonesia dapat dengan mudah melakukan transaksi di berbagai destinasi wisata secara mudah dan aman. QRIS pun sangat mudah untuk digunakan para pelaku usaha kecil termasuk para pedagang makanan atau pemilik warung sembako, penjual pulsa, token listrik dan paket data.

Kelebihan QRIS untuk Pengguna Aplikasi Pembayaran :

– Instan dan canggih.

– Tak usah menggunakan uang cash.

– Tak direpotkan menentukan QR siapa yang digunakan.

– Aman sebab seluruh PJSP yang menggunakan QRIS harus mendapat ijin dari bank Bank Indonesia.

Kelebihan QRIS untuk Merchant :

– Transaksi akan naik sebab mereka bisa menerima pembayaran dari mana saja.

– Mendongkrak merek.

– Praktis dan mudah.

– Menurunkan ongkos pengelolaan kas.

– Tak akan tertipu dengan uang palsu.

– Tak usah menyediakan uang kecil untuk.

– Transaksi akan tercatat dengan baik dan dapat dicek sewaktu-waktu.

Demikianlah pembahasan singkat tentang QRIS, serta keunggulan yang ditawarkannya.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment