Pro Kontra Paypal, Keutungan dan Kekurangan Memiliki Akun Paypal
in Paypal

Pro Kontra Paypal, Keutungan dan Kekurangan Memiliki Akun Paypal

PayPal telah menjadi penyedia metode pembayaran pihak ketiga terbesar dan paling banyak digunakan di dunia saat ini. Paypal menyediakan metode pengiriman uang untuk bisnis, freelancer, pembeli, dan pemilik individu. Terlepas dari popularitasnya, ada pro dan kontra yang perlu dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Yuk kita sima kapa saja pro dan kontra menggunakan paypal.

Ribuan penjual menggunakan PayPal untuk melayani jutaan konsumen yang menggunakan platform yang sama di seluruh dunia. Dan harus kita akui, saat ini konsumen telah menjadi lebih pintar dan lebih paham teknologi. Mereka akan terus mencari metode pembelian / pembayaran mana yang aman untuk digunakan secara online. Paypal telah menjadi pilihan pertama banyak konsumen, karena kepraktisan dan keamanannya. Namun tentu saja paypa, tidak 100 % sempurna. Ada banyak pro dan kontra ( keuntungan dan kekurangan ) yang harus diketahui. Tetapi tentu anda tidak perlu khawatir, karena faktanya keuntungan yang dimiliki paypal masih jauh lebih besar dibandingkan kekurangan yang dimilikinya. Dan kabar baiknya, kekurangan paypal ini bisa diantisipasi dengan lebih mudah jika anda tau caranya.

Berikut pandangan singkat tentang hal hal yang bersifat baik (pro) dan tidak baik (kontra) dalam menggunakan PayPal sebagai solusi pembayaran Anda.

Sisi PRO (Kelebihan)

Mudah digunakan

PayPal sangat ramah pengguna dan cukup mudah digunakan. Anda bisa menggunakan paypal untuk mengirim atau menerima pembayaran dengan cukup mudah. Bahkan kebanyakan orang mengatakan bahwa paypal memiliki cara yang sangat sederhana dan mudah dikelola.

Membuat akun paypal juga relative lebih mudah. Registrasi akun paypal baru bersifat gratis. Kita hanya perlu menyiapkan sebuah akun email. Serta melakukan verifikasi menggunakan kartu kredit. Jika anda tidak memiliki kartu kredit, anda masih bisa menggunakan alternatif lain menggunakan VCC yang saat ini banyak dijual di Indonesia.

History Transaksi yang lengkap

Paypal mencatat semua transaksi yang kita lakukan dengan detail. Kita bisa melihat semua transaksi keluar masuk akun paypal kita beberapa tahun kebelakang, sehingga kita dengan mudah melakukan pengecekan transaksi apa saja yang pernah kita lakukan. Tidak akan pernah lupa akan transaksi apa saja yang pernah kita lakukan, karena semua tercatat di history transaksi yang lengkap.

Di Enkripsi dengan Aman

PayPal juga dilengkapi dengan fitur enkripsi yang melindungi pelanggan dan data Anda dengan standar keamanan setinggi mungkin. Dibandingkan dengan opsi pembayaran lainnya, PayPal memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi.

Tersedia versi Mobile (Applikasi)

Seperti versi desktopnya, PayPal memiliki aplikasi seluler yang sangat mudah digunakan. Anda dapat berbelanja, mengirim, dan menarik uang, di mana saja dan kapan saja melalui applikasi paypal di ponsel atau tablet anda. Meskipun penyedia pembayaran lain mulai menyediakan versi aplikasi seluler dari layanan mereka, tetapi menurut saya, aplikasi seluler PayPal adalah yang paling ramah untuk digunakan dengan mudah.

Mengirim Uang ke Teman dan Keluarga di luar negeri dengan mudah

Kita bia mengirim uang kapan saja ke teman dan keluarga di luar negeri, tanpa harus dating ke bank, kantor pos ( western union), dll. Dan uang diterima secara riil time.

Diskon dan Rabat untuk Pelanggan Setia

Diskon khusus diberikan kepada pelanggan setia yang berbelanja online melalui PayPal. Anda dapat menemukan daftar diskon yang saat ini tersedia yang ditawarkan oleh penjual atau platform jual beli yang menggunakan paypal sebagai metode pembayarannya.

Sisi KONTRA (Kekurangan)

Adanya Biaya Saat Menerima Uang

Meskipun PayPal akan menggratiskan biaya pengiriman uang untuk penggunaan pribadi (friend and family melalui transfer balance), tetapi paypal akan menetapkan biaya yang lumayan besar jika kita melakukan transaksi pembelian barang dan jasa. Fee yang ditagih oleh paypal berkisar 2.99 % ditambah $0.3 untuk setiap transaksi yang kita lakukan. Memang setiap metode pembayaran / pengiriman uang akan menetapkan fee. Tidak ada yang gratis. Jadi kita harus menganggarkan fee ini dalam harga jual yang kita tawarkan kepada pembeli barang dan jasa yang kita jual.

Resiko Limit dan Freeze Akun

PayPal dapat sewaktu waktu melakukan limit atau bahkan membekukan akun paypal kita tanpa peringatan. Hal ini terjadi jika paypal mendeteksi adanya transaksi yang mencurigakan atau diluar kebiasaan yang kita lakukan. Limit dan freeze dilakukan paypal untuk melindungi sebuah akun dari hal hal yang tidak di inginkan. Walaupun bertujuan baik, tetapi Ketika akun paypal kita terkenalimit atau Freeze, maka ini bisa menjadi sebuah “bencana” untuk bisnis kita.

Nah, supaya terhindar dari situasi ini, maka kita pemilik paypal haruslah berhati hati dalam menjaga dan menggunakan akun kita, untuk menghindari kemungkinan limit dan freeze dari paypal.

Adanya Biaya Tambahan Ketika menarik uang ke rekening bank

Ketika kita meanrik uang dari paypal ke rekening bank, maka kita akan dikenakan fee penarikan uang tersebut. Artinya selain membayar fee Ketika menerima uang melalui paypal, kita juga harus membayar fee lagi Ketika kita mau menarik atau mencairkan saldo paypal ke rekening bank kita. Bagia Sebagian besar orang, hal ini dirasakan cukup memberatkan.

PayPal banyak menjadi Target Phishing dan Scam

Banyak orang jahat yang mentarget akun paypal untuk di hack dan dikuasai secara illegal. Mereka melakukan berbagaimacam cara untuk mengelabuhi pemilik paypal, untuk mengambil alih akun paypal untuk keuntungan pribadinya. Tindak kejahatan ini bisa kita hindari atau minimalisir, dengan cara memasang antivirus yang up to date, serta teliti dalam menerima email yang berkaitan dengan paypal. Setiap menerima email yang berkaitan dengan paypal, silahkan cek dengan teliti apakah itu benar benar dari paypal atau dari penjahat yang menyaru sebagai paypal.

Nah demikianlan Pro dan kontra, keuntungan dan kekurangan memiliki dan menggunakan akun paypal. Dibalik keuntungan yang ditawarkan, kita mengahadapi beberapa kerugian yang bisa kita hadapi. Tetapi dengan pengetahuan yang cukup, kita bisa menghindari kerugian yang mungkin muncul dikemudian hari. Bagaimanapun paypal saat ini telah banyak digunakan dan diterima di ribuan merchant diseluruh dunia. Salam.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment