Penyebab Kartu Tertelan pada ATM BRI
in Uncategorized

Penyebab Kartu Tertelan pada ATM BRI

Hal tidak terduga yang sering terjadi saat melakukan transaksi di mesin ATM BRI adalah kartu ATM yang tertelan. ATM Tertelan berarti kartu ATM tertinggal di mesin. Setelah kita melakukan transaksi, kartu ATM kita akan otomatis keluar dari mesin. Namun ini tidak, karena kartu tidak keluar dan tidak dapat ditarik.

Selain tidak bisa melakukan transaksi lagi, kartu tertelan ATM BRI juga berbahaya. Apalagi jika Anda tidak menanganinya dengan baik. Misalnya, kartu keluar lagi dan kemudian orang lain mengambilnya tanpa sepengetahuan Anda. Jika orang tersebut mengetahui PIN Anda maka saldo Anda akan habis.

Beberapa nasabah BRI pasti pernah mengalami hal tersebut, mungkin termasuk juga Anda. Jika ini terjadi pada Anda, maka Anda tidak perlu terlalu khawatir dan panik. Langkah yang harus Anda lakukan adalah memblokir kartu ATM Anda dengan menghubungi call center BRI.  Setelah kartu ATM Anda diblokir, rekening tabungan Anda akan tetap aman, selanjutnya Anda bisa mengurus pembuatan kembali kartu ATM BRI di kantor cabang BRI terdekat.

Penyebab Kartu ATM BRI Tertelan

1.Mesin Rusak atau Error

Jika mesin normal, kartu tidak bermasalah, dan Anda menggunakannya dengan benar, transaksi tidak akan terhalang.Tidak semua kesalahan ATM seperti itu. Beberapa ATM langsung mengeluarkan kartu begitu kartu masuk, meski belum memasukkan PIN memilih bahasa.

Namun, ini justru menguntungkan. Anda tinggal mengambil kartunya dan mencari ATM lain yang bisa digunakan sesuai fungsinya. Mesin ATM rusak biasanya diberi tanda pada pintu bilik atau layar berupa kertas bertuliskan tidak bisa digunakan atau ATM rusak.

2.Masalah Pada Kartu ATM

Kartu ATM BRI yang tertelan tidak selalu karena kesalahan mesin. Terkadang, kesalahan terletak pada kartu ATM yang digunakan. Masalah dimaksud adalah kartu ATM retak, rusak, bengkok, diblokir, kadaluarsa, atau salah memasukkan PIN enam digit.

Cara memperbaikinya tergantung dari jenis kerusakannya. Kartu ATM yang diblokir tidak harus mengganti yang baru. Cukup buka blokirnya, sudah bisa digunakan lagi. Sedangkan kartu ATM BRI rusak, pecah, retak, melengkung, dan kadaluwarsa, mesti diganti dengan kartu ATM baru. Oh ya, untuk membuka blokir atau mengganti kartu ATM yang baru hanya dapat dilakukan di kantor cabang bank.

3.Masalah Pada Listrik

ATM pada prinsipnya sama dengan komputer yang menggunakan sistem operasi Windows. Sama seperti perangkat elektronik lainnya, ATM membutuhkan energi listrik untuk beroperasi. Artinya ATM juga akan mati saat lampu padam. Saat transaksi sedang berlangsung dan lampu tiba-tiba padam, bisa dipastikan transaksi telah terhenti. Jika kartu ATM BRI Anda belum keluar, kemungkinan besar akan tersangkut di mesin. Itu tidak bisa keluar sampai lampu menyala dan ATM reboot.

4.Kartu ATM Tidak Langsung Dicabut

Ketika kartu ATM tidak langsung diambil, maka akan ditarik kembali oleh mesin. Jangan khawatir tentang jumlah saldo, karena tidak akan berkurang sama sekali. Untuk mengatasinya, coba tunggu sebentar. Jika layar menampilkan seperti saat kartu dimasukkan, Anda bisa coba melakukan transaksi dan mengecek jumlah saldo tersisa. Namun jika kartunya masih belum juga keluar, coba tekan tombol BATAL berkali-kali dan dalam waktu yang lama.

5.Terdapat Jebakan Pada Mesin ATM

Alasan kenapa kartu ATM BRI tertelan terkadang bukan karena gangguan pada mesin atau kartu error, tapi penyebabnya bisa diri Anda sendiri yang langsung mkemakai mesin ATM tanpa mengecek kondisi mesin terlebih dahulu. Seharusnya Anda hanya menggunakan mesin yang normal dan tidak ada benda asing yang mencurigakan.

Objek mencurigakan ini bisa menjadi jebakan dari penjahat yang ingin membobol rekening Anda melalui ATM. Biasanya berupa benang, tali, atau batang korek api yang dipasang di mulut tempat memasukkan kartu ATM. Tujuannya agar kartu tidak bisa keluar.

Penjahat akan datang dan berpura-pura membantu. Memanfaatkan kepanikan Anda, ia akan meminta PIN. Setelah itu, dia menyuruh Anda pergi ke cabang bank. Ketika Anda pergi, kartu ATM akan ditarik dan disalahgunakan oleh penjahat.

Itulah beberapa penyebab Kartu Tertelan ATM BRI, semoga Anda lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan ATM BRI yang ada.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment