Pentingnya Pemupukan Aglaonema
in Home and Garden

Pentingnya Pemupukan Aglaonema

Pemupukan aglaonema dilakukan dengan cara khusus dan tidak sama seperti memberi pupuk untuk tanaman pada umumnya. Hal itu dikarenakan pupuk untuk aglaonema berfokus pada perkembangan dan pertumbuhan daunnya secara signifikan, dan bukan pada buah atau pun batang seperti kebanyakan tanaman lainnya.

Aglaonema atau sri rejeki, merupakan salah satu tanaman hias yang begitu populer di kalangan masyarakat. Keindahan tanaman ini terletak pada daunnya yang memiliki corak dan warna yang indah. Untuk menjaga keindahan daunnya, perawatan yang dilakukan pun cukup mudah. Namun sayangnya, seringkali banyak orang yang keliru dalam memberikan pupuk pada tanaman hias ini.

Cara Tepat Pemupukan Aglaonema

Meski perawatan yang dilakukan pada aglo sudah tepat, namun jika Anda keliru dalam memberikan pupuk akibatnya tanaman hias ini bisa mengalami kerusakan yang cukup fatal. Untuk menghindari hal tersebut, maka gunakanlah cara yang tepat dalam pemupukannya.

Inilah cara tepat memberikan pupuk pada aglaonema:

  1. Persiapkan Media Tanam dengan Baik

Sebelum memberi pupuk, media tanam menjadi elemen penting yang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman hias. Pastikan bahwa media tanam yang digunakan benar-benar subur sehingga aglaonema bisa tumbuh dengan optimal. Bahan-bahan yang dapat digunakan untuk media tanam yaitu campuran tanah kompos dan juga arang sekam.

  1. Lakukan Pemupukan Saat Pertama Kali Aglaonema Ditanam

Saat baru pertama kali aglaonema diletakkan di dalam pot atau tempat sejenisnya, Anda harus segera memberikan pupuk. Hal itu diperlukan supaya aglaonema mendapatkan nutrisi yang baik serta terhindar dari hama ataupun penyakit yang biasa muncul di awal pertumbuhan tanaman hias.

  1. Berikan Pupuk Secara Merata dan Perlahan

Pupuk untuk aglaonema sangatlah beragam, salah satu jenis pupuk yang bisa Anda gunakan yaitu jenis pupuk cair. Dalam prosesnya, pupuk harus diberikan secara merata dan perlahan agar dapat menyebar dengan baik hingga pada bagian akarnya. Adapun cara memberikan pupuknya yaitu sebagai berikut:

  • Siapkan wadah berisi air sekitar 200 ml atau secukupnya
  • Larutkan pupuk sebanyak 3 sendok makan (pemakaian untuk 3- 4 pot) pada wadah yang berisi air
  • Aduk hingga merata
  • Tuangkan pupuk yang sudah dicampur air pada media tanam aglaonema secara perlahan dan pastikan setiap pot tidak diberikan secara berlebihan

Saat menuangkan pupuk pada media tanam, Anda bisa memberikannya dengan menggunakan alat penyemprotan berukuran kecil sehingga pupuk dapat menyebar dan tidak berlebihan.

  1. Berikan pupuk secara rutin

Memberi pupuk secara rutin sangat perlu dilakukan sebagai konsistensi kesuburan tanaman. Namun yang perlu diperhatikan, rutin bukan berarti terlalu sering. Anda bisa memberikan pupuk pada aglaonema setiap 2 minggu sekali.

Manfaat Memberikan Pupuk Pada Aglaonema

Tidak hanya untuk aglaonema, pada dasarnya setiap tanaman hias memang membutuhkan pupuk untuk mendukung pertumbuhannya. Memberikan pupuk pada aglaonema ternyata sangat menguntungkan. Dan ini dia manfaatnya!

  1. Memperbaiki Unsur Hara di Dalam Media tanam

Unsur hara merupakan macam-macam mineral yang ada di dalam media tanam, unsur hara dibutuhkan setiap tanaman untuk berfotosintesis.

  1. Menjadikan Media tanam Semakin Subur

Media tanam yang subur akan menjadikan tanaman tumbuh dengan baik, salah satu kunci kesuksesan dalam menanam aglaonema yaitu ada pada kesuburan tanahnya.

  1. Mempercepat Pertumbuhan

Aglaonema yang diberi pupuk biasanya akan cenderung tumbuh dengan cepat. Bahkan pemupukan yang sukses akan membuat aglaonema cepat dalam berkembang biak memunculkan tunas baru pada bagian tengahnya.

  1. Kebal Terhadap Segala Penyakit

Kerusakan pada aglaonema biasanya terjadi akibat adanya penyakit yang menyerang. Salah satunya yaitu adanya bakteri dan juga jamur yang menempel pada daun. Namun hal itu tentu tidak akan terjadi dengan diberikannya pupuk secara rutin dan tepat.

  1. Menjadikan Warna Daun Lebih Indah dan Cerah

Keindahan aglaonema terletak pada bagian daunnya yang memiliki corak serta warna yang indah. Oleh karena itu pemupukan akan sangat bermanfaat dalam menunjang corak dan warna daunnya supaya lebih cerah dan sedap dipandang mata.

Itulah beberapa penjelasan tentang pemupukan aglaonema yang sangat penting untuk dilakukan. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya gunakanlah pupuk berkualitas yang sudah terpercaya dan digunakan banyak orang. Terkadang kesalahan dalam memilih pupuk malah berakibat fatal yang dapat membuat aglaonema menjadi mati.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment