Penjelasan Lengkap Apa itu Cardano
in Crypto

Penjelasan Lengkap Apa itu Cardano

Kemungkinan Anda sering mendengar tentang Bitcoin. Ethereum juga pasti terdengar familiar bagi Anda akhir-akhir ini. Tapi pernahkah Anda mendengar tentang Cardano (ADA)? Dengan rekor harga pernah mencapai 3 dolar per keping, mata uang ini memang belum mendekati harga Bitcoin. Tetapi sebagai nomor tiga mata uang kripto populer di dunia, Anda tidak bisa mengabaikan Cardano. Apa itu Cardano?

Apa itu Cardano?

Cardano adalah proyek blockchain khusus dengan fokus untuk memfasilitasi aplikasi yang terdesentralisasi. Jaringan bergantung pada algoritma Proof-of-Stake untuk memvalidasi transaksi. Proyek ini dimulai oleh Charles Hoskinson, salah satu pendiri Ethereum. Dia berpikir bahwa Ethereum tidak menangani hal-hal tertentu dengan baik dan merancang Cardano. Cardano adalah proyek cryptocurrency berdasarkan teknologi blockchain.

Pengembangan platform yang dimulai pada tahun 2015 sepenuhnya didasarkan pada penelitian ilmiah, tidak seperti cryptocurrency lainnya. Cardano adalah produk karya akademisi dan insinyur. Platform ini secara resmi diluncurkan pada tahun 2017 oleh pendirinya Charles Hoskinson. Ini adalah nama terkenal di cryptoland. Bagaimanapun, Hoskinson adalah salah satu pendiri proyek cryptocurrency besar lainnya: Ethereum. Menurut Hoskinson, Ethereum memiliki beberapa kekurangan serius. Cardano harus menjadi jawaban untuk ini.

Oleh karena itu Cardano merupakan ‘alternatif’ Ethereum. Dalam melakukannya, ia juga mengejar tujuan yang sama: untuk membentuk platform yang stabil di mana aplikasi terdesentralisasi (dApps) dan kontrak pintar dapat dibangun dan difasilitasi. Jaringan Cardano pada dasarnya juga dapat digunakan untuk mengirim dan menerima mata uang digital dengan aman. Token asli Cardano adalah ADA.

Anda dapat membandingkan mata uang digital ini dengan cryptocurrency lain seperti Bitcoin dan Ethereum. Proyek Cardano populer karena beberapa kelebihan dari cryptocurrency lain digabungkan di Cardano. Beberapa kelebihan Cardano antara lain memiliki nilai penyimpanan seperti Bitcoin yang aman, biaya transaksi layaknya Litecoin yang rendah, dan ‘smart contract’ seperti yang diterapkan di Ethereum. Harga cryptocurrency Cardano naik di atas tiga dolar untuk pertama kalinya beberapa waktu lalu. Akibatnya, mata uang digital ini memiliki nilai pasar hampir 100 miliar.

Kelebihan Cardano

Cardano adalah cryptocurrency terbesar ketiga di dunia setelah Bitcoin dan Ethereum. Ada beberapa aspek yang membuat Cardano berbeda dari cryptocurrency lain seperti Bitcoin yaitu :

  • Transaksi cepat : Teknologi blockchain Cardano terdiri dari dua lapisan (two layers). Pada lapisan pertama, semua transaksi disimpan dan Anda dapat melihat berapa banyak yang harus dikeluarkan dari satu dompet ke dompet lainnya. Contoh: Thomas harus membayar Linda 500 ADA. Semua kontrak pintar disimpan di lapisan kedua. Smart Contract adalah protokol digital yang memastikan bahwa kontrak dijalankan secara otomatis jika kriteria tertentu terpenuhi. Misalnya, pembayaran webshop hanya dikirim ketika pengirim telah mengirimkan paket. Tidak ada lembaga keuangan seperti bank atau notaris yang perlu dilibatkan di sini. Ethereum juga memiliki ‘kontrak pintar’, tetapi mereka disimpan di lapisan yang sama, sehingga transaksi diproses lebih cepat. Anda memahami bahwa mata uang digital masa depan harus mampu menangani banyak transaksi per detik jika Anda ingin menjadi alat pembayaran global. Oleh karena itu sebagian orang yang percaya bahwa Cardano akan mampu mengejar Ethereum. Karena dua lapisan yang berbeda, Cardano juga menawarkan keamanan ekstra dibandingkan dengan mata uang kripto lain dengan hanya satu blockchain.
  • Alternatif yang lebih berkelanjutan untuk Bitcoin. Ada banyak hal yang harus dilakukan Bitcoin akhir-akhir ini, karena mata uangnya dianggap tak ramah lingkungan sebab menghabiskan banyak energi listrik. Cardano menggunakan apa yang disebut konsep Proof of Stake. Teknologi itu disebut empat juta kali lebih hemat energi. Anda dapat membuat perbandingan perbedaan konsumsi energi antara rumah tangga (Cardano) dan negara kecil (Bitcoin). Menurut pendirinya Charles Hoskinson (yang sebelumnya mendirikan Ethereum), seluruh jaringan hanya menggunakan daya 6 gigawatt jam per tahun. Sebagai perbandingan, penelitian dari University of Cambridge menunjukkan bahwa jaringan Bitcoin mengkonsumsi sekitar 121,36 terawatt jam per tahun.
  • Pengembangan Platform. Ada tiga organisasi yang bekerja full untuk mengembangkan koin digital ini. Itu akan memastikan bahwa Cardano adalah salah satu proyek mata uang kripto paling aktif di bidang pengembangan platform. Selain itu, source code Cardano telah sepenuhnya diperiksa oleh para ahli, peneliti, dan ilmuwan dalam hal error atau bug. Ini unik di dunia blockchain. Cardano ingin menciptakan standar tinggi untuk cryptocurrency.
  • Populer, tetapi harganya belum tinggi. Dengan harga yang berfluktuasi sekitar tiga dolar, Anda belum bisa membandingkan Cardano dengan popularitas Bitcoin dan Ethereum. Jika Anda kecewa karena tidak mendapatkan Bitcoin atau Ethereum lebih awal, Cardano bisa menjadi pilihan yang menarik.

Anda mungkin bertanya-tanya apa nilai tambah dari memiliki dua lapisan. Nilai tambah terutama terletak pada kenyataan bahwa kedua lapisan berfungsi secara terpisah satu sama lain. Jadi mereka tidak saling mengganggu. Ini menguntungkan fungsionalitas blockchain. Misalnya, pengembangan dapat dilakukan pada lapisan kontrak pintar, tanpa mengganggu lapisan pemrosesan transaksi. Bekerja dengan dua tingkatan adalah langkah pertama yang baik dalam menciptakan mata uang digital terukur yang tahan masa depan.

Prospek Investasi Cardano

Apakah Cardano merupakan investasi yang menarik tentu saja sepenuhnya terserah pelakunya. Ada sebagian orang yang sangat percaya bahwa Cardano adalah investasi masa depan. Yang pasti Cardano telah melakukan sejumlah langkah inovatif yang bernilai tambah. Cardano mencoba memberikan solusi untuk masalah terbesar di dunia masa uang kripto. Pikirkan masalah seperti skalabilitas, kemudahan penggunaan, dan stabilitas blockchain. Pengenalan blockchain dua lapis telah menjadi langkah pertama yang baik untuk memecahkan kendala tersebut. Jika Cardano berhasil menyelesaikan semua lima fase sesuai yang direncanakan maka kemungkinan besar Cardano akan mencapai harga tertinggi di masa depan. Namun, itu tetaplah menjadi spekulasi.

Sebagian besar proyek cryptocurrency datang dengan apa yang disebut white paper saat diluncurkan. Itu adalah dokumen yang menjelaskan dengan tepat apa yang dibutuhkan oleh sebuah proyek dan bagaimana fungsinya. Anda dapat menggunakan dokumen tersebut untuk bahan pertimbangan akan berinvestasi di Cardano atau tidak. Cardano juga memiliki semacam white paper dengan judul ‘Why Cardano’.

Cardano tidak dapat dibeli, tetapi token ADA bisa dibeli. Anda dapat membeli token tersebut di bursa cryptocurrency. Di situlah pembeli dan penjual mata uang digital berkumpul untuk bertransaksi. Sayangnya, tidak ada yang tahu apakah harga token ADA akan meningkat di masa depan. Itu akan tergantung pada beberapa faktor. Jika investor tidak mempercayainya maka harga tidak akan naik. Anda tentu bisa berspekulasi. Anda dapat mendasarkannya pada analisis fundamental atau teknikal.

Cardano menorehkan peningkatan harga yang mencolok. Dari sisi harga, untuk tenor 20 Juli-20 Agutus 2021, ADA telah melejit harganya sebesar 146,08%. Jauh meninggalkan peningkatan harga Bitcoin (BTC), Ethereum (EHT), ataupun Binance Coin (BNB). Kecuali nilainya yang meningkat signifikan, dari sisi valuasi pasar, ADA pun sukses melampaui BNB sebagai mata uang kripto berkapitalisasi pasar terbesar ketiga. ADA pun merupakan aset kripto paling ramai diperjualbelikan di Indonesia.

 

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi