Pengalaman Bayar Pajak Barang Kiriman via Kantor Pos Selama Pandemi Covid-19
in Umum

Pengalaman Bayar Pajak Barang Kiriman via Kantor Pos Selama Pandemi Covid-19

 

Seperti kita ketahui bahwa sesuai dengan aturan terbaru Januari 2020, bahwa semua paket kiriman barang dari luar negeri dengan harga diatas $3 akan dikenakan pajak impor. Nah bagi anda yang suka belanja online di ebay, amazon, Alibaba, aliexpress tentu sudah paham dengan aturan ini. Berikut ini saya mau share pengalaman saya membayar pajak impor untuk barang barang yang saya beli secara online dan dikirim menggunakan jasa pengiriman kantor pos.

Seperti saya pernah jelaskan di posting sebelumnya : Cara membayar pajak barang kiriman via kantor pos, dimana sesuai aturan yang berlaku disebutkan sbb :

  1. Jika harga paket dibawah $75, maka paket akan dikirim oleh petugas pos ke alamat, dan langsung melakukan tagihan pajaknya. Dimana pak pos sudah membawa invoice tagihan pajak, sehingga kita tinggal membayar pajak melalui pak Pos dan menerima paketnya
  2. Jika harga paket diatas $75, maka kita akan menerima pemberitahuan pungutan pajaknya melalui surat yang dikirimkan ke alamat kita. Lalu kita bisa melakukan pembayaran melalui kantor pos (pospay) lalu mengambil paketnya di kantor pos serah terima terdekat dengan alamat.

Artinya ada dua kriteria, yaitu untuk paket dengan harga dibawah $75, maka kita tinggal menunggu dirumah dan membayar pajak ke pak pos. Sedangkan untuk paket dengan harga diatas $75 kita harus membayar dan mengambil paketnya di kantor pos.

Nah selama pandemic covid 19 saat ini, saya memperhatikan ada perubahan yang saya alami, entah ini berlaku untuk semua kiriman paket Pos, atau hanya kebetulan saja. Tetapi saya beberapa kali menerima kiriman paket pos dengan rentang harga diatas $75 ( kisaran $200 – $350 ), selalu dikirim oleh pak Pos, ke alamat saya,  dan saya tinggal membayara pajak sesuai tagihan invoice pajak yang dibawanya.

Tadinya saya berpikir mungkin ini hanya kebetulan saja, saya mengalami hal seperti ini. Tetapi setelah saya hitung, semua kiriman paket via pos selalu dikirim oleh Pak Pos, ke alamat, tanpa prosedur harus datang ke kantor pos untuk membayar dan mengambil paketnya. Sementara ini saya menarik kesimpulan bahwa berdasarkan pengalaman saya ini, kemungkinan ada perubahan kebijakan oleh Pihak Pos, bahwa selama masa pandemic, untuk mempermudah distribusi pengantaran paket serta pembayaran pajaknya, paket langsung dikirim oleh Petugas pos, yang sekaligus bertugas untuk menagih pajak atas barang kiriman tersebut.  Pengalaman ini juga banyak dialamai oleh customer yang saya bantu belanja di ebay, amazon, aliexpress, yang mengatakan bahwa mereka tidak pernah mendapat surat tagihan pajak. Dan semua paketnya langsung diantar Pak Pos ke alamatnya, lengkap dengan tagihan invoice pajaknya.

Demikianlah sharing singkat pengalaman menerima paket kiriman dari luar negeri yang dikirim melalui jasa pengiriman kantor pos. Salam

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment