Pecinta Aglaonema Wajib Tahu! Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak
in Home and Garden

Pecinta Aglaonema Wajib Tahu! Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Jika para pecinta aglaonema ingin mempunyai banyak tanaman hias ini, cukup ketahui bagaimana cara merawat aglo agar cepat beranak. Sehingga pemilik tak perlu membeli banyak tanaman aglaonema dan cukup merawatnya dengan baik saja hingga dapat beranak. Berikut akan dijelaskan lebih lanjut mengenai perawatan aglaonema yang baik.

Cara Merawat Aglaonema Agar Cepat Beranak

Aglaonema merupakan salah satu tanaman yang banyak disukai akhir-akhir ini. Karena banyaknya peminat, membuat tanaman satu ini bisa dijual dengan harga yang sangat tinggi, loh !

Tanaman ini cukup mudah untuk dibudidayakan serta dirawat hingga beranak-pinak. Simak penjelasannya berikut ini.

Pilih media tanam yang subur dan juga gembur

Siapkan media tanam yang subur serta gembur sebagai sarana menanam aglaonema. Media tanam yang subur bisa membuat tanaman aglaonema tumbuh serta berkembang dengan baik. Selain itu, media tanam yang sesuai juga bisa memudahkan penetrasi akar dan tunas aglaonema.

Ada 3 jenis media tanam yang dapat digunakan, yaitu:

  • Tanah, cocopeat, arang sekam, serta kompos, perbandingannya 1:1:1:1 atau 2:1:2:1.
  • Tanah, sekam padi serta pupuk kandang, perbandingannya 1:1:1.
  • Tanah, kompos dan sekam padi, menggunakan perbandingan 2:1:1

Hindari media tanam yang terlalu banyak

Cukup masukan media tanam sampai setengah pot saja. Media tanam yang terlalu penuh akan membuat tanaman aglaonema kesulitan untuk tumbuh dikarenakan sirkulasi udara yang terlalu buruk. Semakin banyak serta padat media tanam, maka akan semakin sulit pula tunas aglaonema untuk merangkak ke permukaan tanah.

Rutin menyiram tanaman

Menyiram tanaman secara rutin dengan porsi yang cukup bisa membuat tanaman cepat beranak. Air berfungsi dalam melarutkan unsur hara yang terdapat pada tanah dan menyebarkannya kepada seluruh bagian tanaman.

Aglaonema juga membutuhkan air dalam menghasilkan tunas yang baru. Tetapi jangan menyiram tanaman tersebut sampai air menggenang hingga keluar lubang drainase. Cukup siram dengan air yang secukupnya saja hingga dirasa sudah basah dan lembap.

Dianjurkan untuk menyiram aglaonema 3-4 hari sekali atau bisa juga seminggu 2 kali, agar anakan aglaonema dapat cepat tumbuh.

Media tanam digembur setiap 2-4 minggu sekali

Media tanam yang gembur mempunyai sirkulasi udara yang baik sehingga akan membuat tanaman aglaonema tumbuh dengan bagus. Oleh karena itu, rutinlah untuk menggemburkan tanah atau media tanam lain setidaknya 2-4 minggu.

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu menggemburkan tanah atau media tanam aglaonema setidaknya satu kali dalam 2-4 minggu. Tetapi, lakukan juga penggemburan secara pelan sehingga akar dan anakan tidak akan rusak.

Siram tanaman dengan air beras

Menyiram menggunakan air beras dapat membuat aglaonema lebih cepat beranak-pinak. Air beras bermanfaat dalam menyuburkan serta menumbuhkan tanaman. Hal tersebut dikarenakan air beras mengandung unsur hara yang sangat penting, yaitu vitamin B1 yang dapat bermanfaat dalam pertumbuhan tanaman aglaonema.

Berikan pupuk dengan rutin

Beri pupuk secara rutin setiap 3 bulan sekali menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Hal tersebut dapat membuat tanaman terlihat jauh lebih segar serta tumbuh lebih subur.

Jenis Tanaman Aglaonema Yang Populer di Indonesia

  1. Aglaonema Moonlight

Tanaman ini memiliki daun yang berwarna merah muda lembut pada area tulang daunnya. Dinamakan Moonlight karena tanaman ini menyerupai cahaya bulan saat terkena sinar matahari.

  1. Aglaonema Bidadari

Daun dari Aglaonema Bidadari adalah perpaduan warna kuning, merah muda dan hijau. Karena warnanya yang berbeda dan lebih cantik bila dibandingkan dengan yang lain, maka tanaman ini disebut Aglaonema Bidadari.

  1. Aglaonema Pride of Sumatera

Sesuai dengan namanya, aglaonema ini berasal dari Sumatera. Daunnya berwarna merah yang menyala serta tulang daun yang berwarna merah muda dengan tambahan bercak yang berwarna hijau gelap. Aglaonema satu ini merupakan jenis aglaonema yang paling populer.

  1. Aglaonema All Star Red

Tanaman ini mempunyai warna daun merah muda serta tepi berwarna hijau tua. Disebut All Star Red karena hampir seluruh daunnya memiliki warna merah. Apabila dibandingkan dengan Sri Rejeki lainnya, aglaonema jenis ini tergolong mudah dirawat serta cocok jika dijadikan tanaman indoor.

  1. Aglaonema Lipstick (Siam Aurora)

Seperti lipstick pada umumnya, aglaonema jenis ini memiliki tepi daun yang berwarna merah. Sehingga tanaman ini dijuluki lipstick. Sedangkan untuk bagian tengah berwarna hijau. Perpaduan yang sangat cantik tersebut membuat aglaonema lipstick ini sangat populer di kalangan pecinta tanaman hias.

Demikianlah artikel mengenai cara merawat aglaonema agar cepat beranak. Semoga informasi yang telah diberikan dapat bermanfaat bagi yang membacanya.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment