Oppo Reno 3 Fitur Kameranya Bikin Terpana

harga dan spesifikasi oppo reno3 pro

Beberapa merek smartphone Android asal Tiongkok bermain di pasar Indonesia. Selain Vivo dan RealMe, Oppo pun banyak merilis seri baru untuk para konsumen tanah air. Belum lama ini Oppo melepas seri Reno3 menjadi suksesor seri terdahulu, Reno2 F. Tak lama setelah itu Oppo pun menambah portfolio produknya dengan meluncurkan Reno3 Pro sebagai penerus seri Reno2.

Meskipun namanya hanya berbeda pada tambahan kata “Pro” namun keduanya tak sama baik dalam spesifikasi layar, tampilan, chipset, kamera, dan beberapa lainnya. Membawa nama Pro, spesifikasi Oppo Reno3 Pro tentu lebih tinggi dan khusus diperuntukkan bagi para profesional yang sedang mencari sebuah ponsel berfitur lengkap dan kemampuan gahar khususnya untuk kamera dan bermain game. Untuk mengenal lebih jauh mengenai performa dari spesifikasi Oppo Reno3 Pro, simak review-nya berikut ini.

Layar Bersertifikat TUVRheiland

Berjam-jam memandang layar ponsel tentu akan mengakibatkan mata lelah. Namun itu tak berlaku jika menatap layar Oppo Reno3 Pro. Sebab ponsel terbaru ini telah menyandang sertifikat TUVRheiland Full Care Display Certification. Itu artinya layar ponsel ini memiliki kemampuan memfilter cahaya biru, dengan begitu pengguna akan nyaman melihat layar smartphone dalam waktu lama. Mengadopsi Super AMOLED, panel layar Reno3 Pro cukup lapang dengan diagonal 6,44 inch serta menganut aspek rasio 20:9 memanjang. Bebas dari bezel atau dahi (notch), kamera depannya bergaya dual punch hole. Posisinya di sudut kiri atas, berbaris dua lubang kecil untuk menempatkan sensor kamera 44 MP dan 2 MP.

Desain Slim

Oppo Reno3 Pro memiliki bodi dengan ketebalan hanya 8,1mm. Jadi meski ukuran layarnya besar namun perangkat ini tetap nyaman saat digenggam dengan satu tangan. Sebagaimana desain ponsel pada umumnya, tombol Power menempati samping kanan bodi, sedangkan tombol volume di kiri berdekatan dengan slot SIM card dan slot kartu microSD. Untuk para pengguna yang masih hobi mendengarkan musik dari earphone, tak perlu risau sebab Reno3 Pro tetap menawarkan colokan jack audio 3,5mm yang ditempatkan di bagian bawah bodi. Di sebelahnya terdapat juga port USB-C. Di bagian punggung terdapat modul yang berisi empat kamera dengan susunan tegak termasuk juga lampu LED. Oppo Reno3 Pro menerapkan sensor sidik jari di dalam layar (in display fingerprint) sehingga area belakang pun terlihat bersih.

Kamera Istimewa

Oppo Reno3 Pro memang memiliki kelebihan di sektor kamera. Bekalnya adalah empat kamera di bagian belakang yang tersusun dari kamera utama 64 MP sensor 1/1.72” dengan bukaan f/1.8. Kamera utama ini support fungsi Ultra Clear Image dan Ultra Dark Mode. Selanjutnya adalah lensa telephoto 13MP sensor 1/3.4” dengan bukaan f/2.4. Lalu ditemukan lensa ultra wide angle 8MP sensor ¼” untuk memotret obyek melebar hingga cakupan 120 derajat. Terakhir adalah lensa mono 2MP sensor 1/5” yang mempunyai piksel besar 1.75um.

Kamera Reno3 Pro mengungulkan fitur 5x Hybrid Zoom dan juga 20x Digital Zoom. Sesuai namanya, Hybrid zoom adalah kombinasi dari optical zoom dan digital zoom sedangkan 20x digital zoom seluruh pembesaran obyek dilakukan dengan perangkat lunak. Fitur kamera yang lain yaitu Ultra Clear Image yang diklaim dapat memproduksi foto dengan resolusi hingga 108MP. Foto dengan resolusi 108MP tentu memiliki noise yang rendah ditambah detil yang sangat tajam. Jika ingin tahu, foto ukuran 108MP dapat dicetak dengan ukuran 20×40 meter. Menggunakan algoritma AI, fungsi Ultra Dark Mode dengan sendirinya aktif bilamana cahaya luar berintensitas kurang dari 1 lux. Ultra Dark Mode akan mampu meminimalisir noise sekaligus mempertajam detil gambar dari foto yang diambil dalam kondisi gelap.

Untuk keperluan selfie, Oppo Reno3 Pro mengandalkan Dual Punch-hole Camera yang terdiri dari kamera utama 44MP bukaan f/2.4 dan kamera kedalaman 2MP bukaan f/2.4. Kamera selfie ini mengandalkan fitur Portrait Mode alias Bokeh dan Ultra Night Selfie Mode. Ultra Night Mode tak cuma dimiliki kamera belakang, namun juga di kamera depan. Ultra Night Mode bekerja dengan mengambil sejumlah foto untuk kemudian disesuaikan satu per satu dalam hal kecerahan, ketajaman, maupun noise. Mengandalkan fitur Human Face Protection maka mode ini pun sukses menjadikan foto wajah tetap terlihat alami.

Kamera depan pun handal untuk merekam video dimana salah satu fitur andalannya adalah Oppo Screen Image Engine (OSIE). Fitur tersebut berguna untuk merekam video pendek untuk diposting di TikTok atau Instagram Story. Menggunakan kemampuan OSIE ini foto akan nampak makin tajam dengan warna lebih menonjol. Tak sebatas video pendek, mengabadikan video dengan durasi panjang pun bisa mengandalkan kamera depan. Kamera pun menawarkan fitur Ultra Steady Video Pro dengan menggunakan EIS untuk hasil gambar yang lebih stabil bebas blur. Beberapa fitur video yang lain pun tersedia seperti Video Zoom, Video Bokeh maupun AI Beauty Mode.

Kinerja Unggul di Semua Fungsi

Jeroan utama spesifikasi Oppo Reno3 Pro adalah keberadaan chipset level tertinggi Mediatek Helio P95. Seperti diketahui, chip ini menawarkan kelebihan pada teknologi AI kamera dan juga game. Para gamers tak perlu khawatir kinerja Oppo Reno3 Pro akan menurun sebab perangkat ini sudah dilengkapi fitur Hyper Boost untuk kestabilan frame pada 30 fps. Juga untuk memperbaiki sensitivitas sentuhan jari dengan fitur Touch Boost. Secara perangkat lunak, Reno3 Pro mengandalkan UI Color OS 7 berplatform Android 10. Berbagai aplikasi baru terpasang di menu utama. Beberapa diantaranya misalnya Soloop untuk mengedit video tanpa ribet, Live Wallpaper, Multi-user Mode, hingga Artist Wallpaper. Menonton konten multimedia pun terasa makin menggelegar sebab Oppo Reno3 Pro sudah mendukung Dolby Atmos yang terkenal itu. Kecuali itu, ponsel ini pun mendukung video streaming HD 1080 untuk menikmati berbagai konten dari Netflix.

Baterai Jumbo dengan VOOC Flash Charge 4.0

Pemasok kebutuhan daya ke Reno3 Pro, sebuah baterai non removable dengan kapasitas 4.025mAh sudah terpasang di dalamnya. Selain kapasitasnya yang besar untuk aktifitas seharian, baterai pun menyediakan charger VOOC Flash Charge 4.0 30watt untuk proses pengisian daya cepat. Dari posisi kosong hingga terisi separuh, hanya dibutuhkan waktu  20 menit saja. Fitur ini tentu sangat berguna bagi mereka yang memiliki mobilitas tinggi dan membutuhkan perangkat yang aktif setiap saat.

Harga Oppo Reno3 Pro

Untuk pasar Indonesia, smartphone ini ditawarkan dengan dua pilihan warna yaitu Midnight Black dan Sky White. Pihak produsen sendiri cuma menawarkan satu versi saja yaitu Oppo Reno3 Pro dengan RAM 8 GB dan memori internal 256 GB. Harga Oppo Reno3 Pro dibanderol resmi sebesar Rp8.999.000. Mempertimbangkan situasi pandemi virus Corona yang sedang melanda Indonesia dan dunia serta diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) maka pihak produsen telah menyiapkan layanan order via aplikasi WhatsApp dengan menghubungi nomor 0815-9550-000. Layanan yang diberikan tak hanya pemesanan namun juga metode pembayaran hingga pengiriman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *