Oppo A92 Melenggang Dengan Lima Kamera Pixel Binning
in Tekno

Oppo A92 Melenggang Dengan Lima Kamera Pixel Binning

Wabah Corona yang sedang melanda dunia tak membuat pabrikan ponsel berkecil hati. Buktinya, vendor ponsel asal China, Oppo hadir dengan produk terbarunya. Belum lama ini mereka merilis Oppo A92 adalah suksesor seri A9 2020. Spesifikasi Oppo A92 tentu saja lebih baik, termasuk teknologi terbaru layar neo-display. Oppo seri A sendiri selalu datang dengan perbaikan perangkat lunak dan hardware. Oppo A92 membidik generasi milenial yang tak sekedar membutuhkan teknologi terbaru tetapi juga model kekinian.

Teknologi Layar Neo-Display

Layar memainkan peranan penting dari sebuah ponsel. Ponsel dengan suguhan visual layar cemerlang pasti akan banyak menarik konsumen. Karena itu, Oppo A92 pun mengusung teknologi layar Neo-Display 1080P yang membawa diagonal 6,5 inch dan resolusinya mencapai 2400 x1080 pixels. Panelnya mengusung teknologi IPS LCD yang meski tak sesempurna Amoled namun untuk kelas menengah, tampilan layar sudah bisa dikatakan sangat baik. Termasuk kelebihan layar Oppo A92 adalah perbandingan bodi dengan layar (body to screen ratio) yang mencapai 90,5 % dan juga aspek rasio memanjang 20:9. Itu artinya tampak depan perangkat hampir seluruhnya terisi dengan layar. Hebatnya lagi, Oppo A92 pun menyandang sertifikat perlindungan mata yang dikeluarkan lembaga sertifikasi TüV Rheinland. Maksudnya layar Oppo A92 ini sudah memiliki kemampuan untuk secara efektif menyaring cahaya biru yang dihasilkan layar. Dengan begitu akan secara signifikan meminimalisir resiko kelelahan maupun dampak buruk terhadap mata pengguna.

Baca juga : Galaxy Note Lite 10 versi murah keluarga note terbaru 

Disematkan pula fitur kecerdasan buatan (artificial intelligent) yang mampu mengubah otomatis tingkat cahaya latar layar sesuai kebiasaan pengguna. Fitur tersebut pun bisa dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Punch hole kecil ikut menghiasi bagian layar ini. Lubang mungil di bagian atas layar tersebut untuk menampung sensor kamera depan 16 MP. Tak lupa lapisan kaca Corning Gorilla Glass 3 pun ikut mengamankan bagian vital ini dari kemungkinan goresan atau benturan yang bisa terjadi tanpa disengaja.

Desain Bodi 3D Quad Curve

Inovasi dilakukan Oppo pertama kali dengan mengadopsi desain konstelasi (constellation design) yang dinamakan 3D Quad-curve. Dengan desain tersebut maka bisa memaksimalkan sudut lengkung di area belakang Oppo A92 yang hasilnya perangkat ini pun terasa sangat mewah. Warna akan berubah-ubah sesuai dengan arah datangnya cahaya yang menerpanya. Bagian belakang ini akan berkilauan saat terkena cahaya matahari. Penggunaan dalam waktu lama pun tak akan membuat tangan cepat pegal. Desainnya pun dipercantik dengan menghadirkan dua varian warna cantik yaitu Shining White dan Twilight Black. Di samping itu, ada pula fitur baru di bagian bodi yaitu side fingerprint unlock. Sensor pengenal sidik jari pengguna itu ditanamkan dalam tombol power. Dengan menempatkan sensor ini di samping perangkat maka akan lebih mempermudah pengguna ketika membuka layar Oppo A92 yang terkunci.

Beralih ke tepi bawah, ada beberapa fitur standar misalnya speaker, port USB C, ditambah lubang jack audio 3,5 mm. Sedangkan di samping kiri tersedia tombol volume. Speaker bukan hanya satu namun dua dengan posisi berbeda. Bila yang satu berada di bawah, speaker satunya terpasang di bagian atas menjadi satu dengan earpiece. Speaker stereo yang dimilikinya sudah tentu akan menghasilkan output audio yang lebih baik dibanding kebanyakan ponsel dengan speaker mono. Untuk penyusun tubuh, Oppo A92 tetap mengandalkan bahan polikarbonat untuk kesing dan aluminium sebagai bahan frame-nya. Dimensi tubuhnya sendiri memiliki konfigurasi 162 x 75,5 x 8,9 mm dengan beratnya 192 gram.

Konfigurasi Lima Kamera

Di sektor imaging, spesifikasi Oppo A92 disematkan sensor utama 48 MP dengan aperture lebar f/1.7. Selain resolusi besar, kamera Oppo A92 pun dilengkapi fitur AI Quad Camera. Melengkapi sensor utama, perangkat ini pun menyediakan lensa ultra HD sudut lebar 8 MP dengan cakupan hingga 119 derajat, lensa mono 2 MP dan lensa potrait juga dengan resolusi 2 MP. Konfigurasi kamera quad tersebut membentuk huruf L yang terintegrasi dalam modul memanjang. Sedangkan untuk swafoto, Oppo A92 dilengkapi sensor 16 MP yang terpasang dalam punch hole di sisi kanan atas layar. Selain hasil foto yang apik dan cemerlang di berbagai kondisi, kamera Oppo A92 pun bisa memproduksi rekaman video yang mempunyai resolusi 4K. Kemampuan rekam video itu pun cukup sempurna berkat kehadiran fitur Video Stability. Ada pula aplikasi SOLOOP yang akan memfasilitasi pengguna ketika mengedit video sekaligus mengaplikasikan beragam filter.

Hasil kamera 48 MP saat dilakukan di zoom tetap menghasilkan gambar dengan detil yang jelas. Wajar saja sebab empat kamera tersebut sudah mengaplikasikan teknologi pixel binning. Teknologi tersebut akan menggabungkan empat hasil jepretan menjadi hanya satu frame. Terlebih bila pengguna menggunakan mode HDR dan Dazzle Color, foto yang dihasilkan akan memiliki reproduksi warna yang lebih baik, tajam, dengan detil yang nyata. Kamera utama 48 MP pun menghadirkan fitur Dynamic Range yang benar-benar berfungsi dengan baik bahkan saat digunakan diluar ruangan yang over exposure atau sebaliknya dalam kondisi kurang cahaya. Faktor tersebut dihasilkan dari aperture lensa yang cukup lebar yaitu f/1.79 layaknya kamera profesional.

Komposisi Jeroan Apik

Masuk ke dapur pacu, spesifikasi jeroan Oppo A92 memanfaatkan chipset Qualcomm Snapdragon 665 (11 nm) Octa-core 4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver dan Chip Grafis Adreno 610 yang terbukti memiliki performa handal untuk kelas ponsel menengah. Kombinasi lainnya adalah penggunaan RAM kapasitas 6GB disertai memori internal 8GB. Qualcomm Snapdragon 665 memang juga digunakan di seri sebelumnya yaitu A9 2020. Itu karena prosesor tadi cukup bisa diandalkan untuk menjalankan beragam tugas seperti aktifitas multitasking, gaming populer dan juga streaming. Saat digunakan untuk bermain game berat macam Call of Duty: Mobile dan juga Asphalt 9, kinerja Oppo A92 tetap lancar dimana kualitas grafis disetel pada level “High” dengan frame rate “High”. Tak ada gejala lagging sama sekali dan FPS pun tak jatuh secara drastis. Mencukupi kebutuhan daya, ponsel kelas menengah Oppo ini membawa serta sebuah baterai anti copot dengan kapasitas 5.000mAh. Baterai tersebut diperkuat dengan kelengkapan bawaan berupa charger 18W Fast Charge 9V2A untuk keperluan mengisi daya tak pakai lama. Dalam sebuah pengujian, saat baterai berada di level 20 %, pengisian hingga full hanya membutuhkan  waktu sekitar 1 jam 39 menit.

Harga Oppo A92

Melenggang resmi di pasar Indonesia, harga Oppo A92 ditawarkan sebesar Rp 4,199 juta. Konsumen dapat melakukan pembelian secara online di berbagai situs belanja besar tanah air seperti Lazada dan Blibli. Kedua situs belanja besar tersebut menawarkan gratis ongkos kirim ke seluruh wilayah di Indonesia. Konsumen pun dapat mengunjungi gerai-gerai ponsel terdekat meski tak disarankan mengingat wabah Covid-19 masih melanda negeri ini.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment