OnePlus 8 Pro, Ponsel 5G Dengan Layar Bening

harga dan spesifikasi oneplus 8 pro

Merek OnePlus telah berkiprah di bisnis smartphone selama sekitar enam tahun yang lalu. Dimulai dengan OnePlus One, dan sekarang konsumen bisa merasakan kehebatan seri OnePlus 8. Pabrikan asal Cina ini memang memiliki banyak pengguna yang antusias. Tidak seperti kebanyakan produsen lain, OnePlus benar-benar mendengarkan apa yang diinginkan konsumen. Ini terwujud pada OnePlus 8 yang akan diulas berikut ini.

Baca juga : Oppo Reno 2 Kesempurnaan Fitur Kamera

Desain Ramping Berkelas

Dibandingkan dengan OnePlus generasi sebelumnya, ada beberapa perubahan yang disematkan ke OnePlus 8 Pro. Perubahan utama yaitu kamera pop-up dari seri 7 dan 7T telah digantikan dengan lubang punch. Lensa kamera depan bersembunyi dalam lubang kecil di pojok kiri atas layar. Bukan tanpa alasan pihak produsen melakukannya. Dari fakta yang ada, aktifitas selfie sebenarnya cukup jarang dilakukan pengguna ponsel dan di samping itu dengan model punch tersebut pun akan memastikan perangkat menjadi lebih ringan.

Di bagian depan ada layar Quad-HD + AMOLED 6,78 inci dengan kualitas visual yang lebih cerah, lebih tajam, lebih cerah dan lebih indah dari seri sebelumnya. Terpasang pelindung layar yang memanjang ke samping seri Corning Gorilla Glass 5 yang terlihat lebih cantik dibanding kepunyaan 7 Pro. Di bagian belakang, OnePlus 8 Pro tercetak logo OnePlus yang baru. Sekarang ada kamera quad dalam pengaturan vertikal yang terlihat mewah. Baik sisi kiri dan kanan hampir identik dengan seri pendahulunya. Tombol volume di tempatkan di sebelah kiri. Sisi kanan menawarkan slider notifikasi sebagai salah satu fitur praktis dari OnePlus. Berkat slider notifikasi ini pengguna dapat dengan cepat mematikan suara dan getaran. Tombol power juga diletakkan di sebelah kanan. Di bagian bawah, smartphone ini dilengkapi dengan speaker dan koneksi USB-C. Sementara untuk pemindai sidik jari, produsen menempatkannya di dalam layar (in display fingerprint). Pengguna dapat menyimpan dan menambah banyak data jari di dalamnya.

Antarmuka Responsif dan Rapi

OnePlus 8 Pro berjalan dengan Android 10. Berkat kehadiran OxygenOS OnePlus Pro memiliki banyak fitur yang ditawarkan. Dengan OxygenOS pengguna memiliki banyak kesempatan untuk menyesuaikan misalnya memberikan warna aksen di bagian yang berbeda, menyesuaikan ikon mana yang tidak ingin dilihat di bilah status dan banyak lagi. Dengan begitu status bar pun tetap terlihat rapi. Meski fitur Always On Display masih belum ditawarkan di ponsel ini namun dengan sekali ketuk layar maka waktu, tanggal, notifikasi, dan persentase baterai akan ditampilkan. Pengguna pun memiliki akses ke berbagai layar utama. Tak ada lagi panel Shelf yang kini telah digantikan Google Discover. Pengguna tetap dapat menonaktifkan Google Discover jika tidak menginginkannya. Pengguna pun dapat menemukan aplikasi yang diinstal di menu yang dapat dibuka hanya dengan sapuan ke atas. Semuanya dapat diarahkan dan dioperasikan secara alami dan cepat. Dengan Android 10, dimungkinkan untuk menggunakan tema gelap di ponsel ini yang bahkan dengan fitur “switch”pengguna dapat mengatur tema gelap dengan satu sentuhan tombol.

Performa Gahar dengan Internet 5G

Spesifikasi utama OnePlus 8 Pro adalah keberadaan chipset Snapdragon 865 yang terkuat untuk saat ini. RAM pun diberikan kapasitas besar yang pilihannya 8 Gb atau 12 GB. Pun demikian dengan memori internal yang memberikan pilihan 128 GB atau 256 GB namun meniadakan slot kartu memori tambahan. Tak ada yang menyangsikan kinerja Snapdragon 865, semua tugas dapat dilakukan dengan sangat lancar termasuk memainkan game terberat sekalipun.

Dalam hal konektivitas, spesifikasi OnePlus 8 Pro sebenarnya memiliki semua yang dibutuhkan. Pertama, ada dukungan untuk jaringan 5G meski fitur ini masih menunggu kesiapan provider membuat jaringan 5G tersedia bagi masyarakat umum. Ada juga dukungan dual SIM dimana satu kartu SIM dapat dipilih untuk penggunaan data, namun pengguna tetap dapat menerima panggilan dari keduanya. Bahkan pihak produsen pun menjanjikan jika OnePlus 8 pro akan segera dimungkinkan untuk mengaktifkan dual-SIM 4G + 5G melalui pembaruan OTA. Tipe konektifitas lainnya yang tersedia adalah WiFi, termasuk dukungan untuk standar WiFi 6 yang baru. Ponsel ini juga dilengkapi dengan Bluetooth, GPS, NFC dan tentu saja semua opsi konektivitas lain yang biasanya ada di ponsel kelas atas. Fitur yang juga menarik di OnePlus 8 Pro adalah Bantuan Darurat. Dalam keadaan darurat, alarm langsung dapat dibunyikan. Pengguna dapat menyesuaikan berbagai pengaturan. Pengguna pun bisa menggunakan “SOS Cepat” dengan menekan tombol daya tiga atau lima kali. Kemudian, jika dikonfigurasi, seseorang dapat segera diberitahu atau nomor darurat lokal dapat dipanggil langsung. Pengguna juga dapat mengaktifkan fungsi dimana setelah laporan darurat dikirim maka lokasi pengguna akan langsung dibagikan ke kontak.

Fitur Multimedia Memuaskan

Layar mungkin adalah fitur kunci paling penting dari OnePlus 8 Pro berkat spesifikasinya yang berkualitas tinggi. Warna benar-benar direproduksi dengan baik dan kecerahan pun maksimal. Di hari bermandikan cahaya matahari, membaca konten di layar sama sekali tidak masalah, tetap terlihat jelas. Selain itu, layar pun sarat dengan teknologi terbaru. Ada dukungan HDR10 +, bersama dengan refresh rate 120Hz. Ini memastikan bahwa layar akan menampilkan gambar dengan sangat mulus. Saat memuta konten video, pengguna bisa mengaktifkan fitur Vivid Color Effect Pro untuk menyajikan warna-warna yang lebih dinamis. Untuk mendengarkan musik, pengguna dapat menghubungkan headset ke koneksi USB-C termasuk juga headset Bluetooth. Kualitas suara dari speaker ponsel terdengar jernih dan bisa dikeraskan maksimal tanpa pecah.

Kamera Quad Fitur Lengkap

Dengan OnePlus 8 Pro, pengguna bisa menikmati kamera quad di belakang. Konfigurasinya adalah sensor utama 48 megapiksel dengan sensitivitas cahaya f / 1.78. Selanjutnya, lensa telefoto 8 megapiksel dengan aperture f / 2.44. Lensa sudut lebar juga memiliki resolusi 48 megapiksel (f / 2.2) dan terakhir ada jenis lensa khusus yaitu lensa filter warna. Lensa terakhir berguna untuk membuat gambar monokrom yang indah meski tak setiap pengguna membutuhkannya. Kamera utama pun datang dengan fitur-fitur yang lengkap misalnya HDR dan makro. Secara default, foto diambil dalam 12 megapiksel, tetapi pengguna dapat beralih ke 48 megapiksel dari aplikasi kamera.

Bicara soal fitur zooming, produsen telah melengkapi kamera OnePlus 8 Pro dengan 3x hybrid zoom. Jadi tidak ada optical zoom yang cukup disayangkan. Berbagai ponsel kelas atas merek lain banyak yang sudah mengusung fitur 5x optical zoom dan bahkan lebih. Ada lagi fitur Smart Pet Capture, yang algoritma perangkat lunaknya akan memastikan bahwa pengaturan terbaik dipilih khusus untuk foto hewan peliharaan. Secara umum kamera OnePlus 8 Pro mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi, memiliki banyak detail, memiliki keseimbangan yang baik dalam pencahayaan dan berwarna-warni. Foto-foto yang dihasilkan sangat realistis. Lensa sudut lebar pun bisa menangkap gambar dengan baik. Untuk mode malam, OnePlus 8 Pro datang dengan fungsi “Nightscape” yang sama saja dengan Night Mode.

Beralih ke fitur perekaman video, OnePlus 8 pro memungkinkan pengguna membuat video dalam 4K (60fps / 30fps) atau dengan frame rate yang sama dalam Full-HD 1080p. Selain itu, kamerany juga dapat membuat video CINE menggunakan aspek rasio 21: 9. Pilihan lain adalah membuat video gerak lambat pada kecepatan bingkai 480fps (720p) atau 240fps (1080p). Dengan Audio 3D / Zoom Audio, pengguna dapat berfokus pada subjek tertentu saat melakukan zoom. Dengan cara ini, suara subjek di kejauhan pun bisa diperkuat.

Baterai Kuat

Spesifikasi OnePlus 8 Pro untuk pemasok daya adalah adanya baterai dengan kapasitas 4.510 mAh. Dengan daya sebesar itu, pengguna memiliki keleluasaan untuk menggunakan ponsel hingga seharian tanpa perlu cas ulang. Untuk pertama kalinya, pengguna dapat mengisi daya smartphone secara nirkabel di OnePlus. Untuk ini, pabrikan telah merilis Warp Charge 30 Wireless Charger, aksesori dengan harga sekitar Rp.1 jutaan. Pengisi daya nirkabel ini akan mengisi daya ponsel dengan kekuatan 30 watt. Modul tersebut berisi kipas yang membuat smartphone tetap dingin saat mengisi daya.

Harga OnePlus 8 Pro

Sebagai perangkat flagship terbaru, harga OnePlus 8 Pro sudah pasti cukup menguras kantong. Untuk varian RAM 8 GB / ROM 128 GB ditawarkan sekitar Rp.10,8 juta sementara varian RAM 12 GB / ROM 256 GB dijual dengan harga Rp.12,4 juta. Ketersediaannya untuk pasar Indonesia masih menunggu waktu yang tepat mengingat saat ini wabah pandemic Covid 19 masih melanda dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *