Nokia 7.2 Ponsel Android Midrange Dengan Layar Cemerlang
in Tekno

Nokia 7.2 Ponsel Android Midrange Dengan Layar Cemerlang

Nokia telah berjuang kembali ke pasar smartphone dalam beberapa tahun belakangan hingga hari ini. Salah satu ujung tombak perangkat ponsel buatan mereka adalah kategori Android One. Versi Android yang bagus tersebut bisa ditemukan di Nokia 7.2. Berkat Android One, Nokia 7.2 dijamin akan mendapatkan pembaruan mayor maupun minor hingga beberapa tahun ke depan. Apa lagi yang dapat kita temukan dari spesifikasi Nokia 7.2. ini?

Pengguna tidak hanya memiliki versi Android terbaru, tetapi juga update keamanan yang akan selalu teratur diberikan. Selain itu, ponsel terbaru kelas menengah Nokia ini pun berfokus pada fitur fotografi. Karena itu bagian belakang ponsel ini menawarkan ruang untuk penempatan tiga kamera. Hanya saja karena persaingan ponsel Android di segmen menengah sangat sengit, apakah Nokia 7.2 berhasil mengimbangi kekuatan merek-merek lain? Anda dapat membacanya di ulasan berikut ini.

Desain Chic

Nokia 7.2 merupakan ponsel buatan HMD Global terbaru sebagai transisi dari segmen entry level ke segmen menengah. Nokia 7.2 datang dengan desainnya yang klasik khas Nordic, tanpa gradien dan warna-warna mewah. Namun itu bukan berarti Nokia 7.2 gagal menunjukkan aura canggihnya. Bodi Nokia 7.2 memiliki lapisan multi-layer dan tersedia dalam warna hitam, hijau dan perak. Lapisan plastik matte dari bahan komposit memang tidak sehalus kaca dan juga tidak sekokoh polikarbonat. Area depan ponsel nampak cukup dasar dimana ada lekukan tetesan air. Bezel di kedua sisi terlihat minimal, namun garis bezel di bagian bawah yang agak tebal mungkin akan sedikit mengurangi kemewahan. Bagian belakang menawarkan ruang untuk tonjolan kamera dan pemindai sidik jari. Tombol daya dan volume dapat ditemukan di sisi kanan. Yang menarik, tombol daya memiliki lampu LED putih. Menyala saat pengguna menghubungkan perangkat ke pengisi daya. Lampu itu juga berkedip ketika ada notifikasi yang tidak terjawab.

Desain itu terlihat chic. Di bagian atas pengguna akan menemukan koneksi headphone dan di bagian bawah ada port USB-C dan sebuah speaker. Audio yang dihasilkan cukup bagus, meskipun sedikit nyaring ketika volumenya dibesarkan. Akhirnya, tombol fisik Asisten Google dapat ditemukan di sebelah kiri. Nokia 7.2 memiliki layar 6,3 inci dengan tinggi 160mm dan lebar 75mm. Modul kamera terlihat menonjol beberapa millimeter yang agak mengganggu. Sepanjang sisi mengadopsi desain membulat. Tombol-tombol ditempatkan di posisi yang tepat yang memberikan respons yang bagus ketika pengguna menekannya.

Layar Besar dengan Dukungan HDR

Layar selalu menjadi bagian paling menarik dari sebuah smartphone. Ini juga yang dipegang teguh oleh HMD Global sebagai produsen. Dipilih layar LCD 6,3 inci dengan resolusi 2280 x 1080 piksel yang mengaplikasikan teknologi yang dinamakan Pure Display. Ini lebih dari cukup untuk ukuran layar ponsel dan semuanya terlihat tajam dengan warna yang mencolok. Hanya saja untuk level warna hitam memang tidak bisa sehitam panel Amoled. Di sini warna hitam ditampilkan agak keabu-abuan. Di bagian atas layar ada takik berbentuk tetesan air sebagai tempat untuk kamera selfie. Sudut pandang layar baik-baik saja dan kecerahan yang dihasilkan pun sangat memuaskan. Yang juga menarik, saat pengguna menonton video, maka akan secara otomatis dikonversi ke format HDR. Fitur tersebut akan memberikan kejelasan yang lebih baik pada konten yang ditampilkan di layar. Keterbacaan layar saat digunakan di luar ruangan pun sangat bagus. Saat diukur, level kecerahan puncaknya mencapai 523 nits, yang cukup tinggi untuk pemakaian di luar ruangan. Layar juga menawarkan tone yang cenderung dingin dimana level biru terlihat lebih tinggi dari normal. Perangkat ini menawarkan mode kontras dinamis yang bisa mengubah suhu warna dan white balance sesuai dengan aplikasi apa yang sedang dijalankan. Layar Nokia 7.2 pun bisa menyelaraskan keseimbangan warna putih sesuai cahaya sekitar, dimana hasilnya mirip dengan fitur lampu malam di Android.

Kombinasi Hardware Standar

Dalam hal dapur pacu, spesifikasi Nokia 7.2 mengandalkan chip Snapdragon 660 dari Qualcomm. Snapdragon 660 boleh dikatakan jauh dari prosesor yang canggih untuk sekarang ini. Pemilihan ini tentu bukan opsi terbaik di kelas menengah saat ini. Kenyataannya, Redmi Note 7S datang dengan seri chipset yang sama namun menawarkan harga yang hanya setengah dari harga Nokia ini. Kombinasi lain, ada 6GB RAM dan 128GB penyimpanan internal yang dapat juga diperluas. Selain menambahkan kartu memori tambahan, pengguna juga dapat menyisipkan dua kartu SIM. Dalam hal performa, pengguna tidak perlu mengeluh karena kombinasi perangkat kerasnya secara umum dapat diandalkan. Perangkat mampu memberikan kerja yang terasa mulus, beralih antar aplikasi dengan cepat dan semuanya berjalan seperti yang dikehendaki. Game yang menantang seperti Call of Duty Mobile, bahkan bisa dimainkan dengan baik. Kekurangannya adalah Nokia 7.2 akan menjadi panas untuk penggunaan intensif dalam waktu lama, seperti saat bermain game.

Pemindai sidik jari ditempatkan di bagian belakang yang sempurna untuk jari telunjuk pengguna. Pemindai tersebut biasanya bisa bekerja dengan baik, tetapi kadang-kadang pengguna harus memindai jari mereka dua kali. Jika pengguna memiliki tangan yang agak besar, boleh jadi ujung jari mereka akan sering mendarat di pulau sensor kamera di dekatnya. Dimungkinkan juga untuk membuka kunci perangkat menggunakan fitur pengenalan wajah atau face recognition. Hanya saja itu jauh lebih tidak aman. Tidak mungkin untuk menambahkan fungsi lain ke tombol fisik Google Assistant. Dimungkinkan untuk mematikan asisten suara, tetapi tombol ini tidak banyak berguna bagi pengguna. Ada juga beberapa sensor gerakan yang bisa digunakan. Misalnya, pengguna dapat menggesek pemindai sidik jari untuk membuka notifikasi, atau membalikkan perangkat untuk menolak panggilan.

Android One Perangkat Lunak Sempurna untuk Pembaruan

Nokia 7.2 menjalankan Android Stock v.9.0 yang hampir tidak ada aplikasi yang dimuat selain dari aplikasi Google sendiri. Ini tentu sangat menguntungkan pengguna yang ingin menginstal aplikasi sesuai dengan keinginan mereka sendiri dengan tidak terlalu membebani sistem. Hanya ada beberapa aplikasi khusus dari Nokia, salah satunya adalah aplikasi kamera. Antarmuka aplikasi kamera sangat mudah digunakan dan menawarkan fleksibilitas yang tinggi. Jika pengguna sangat mementingkan pembaruan, perangkat yang termasuk dalam program Android One yang satu ini adalah pilihan yang logis. Ini memastikan bahwa pengguna dijamin akan mendapatkan pembaruan keamanan selama tiga tahun. Nokia 7.2 adalah salah satunya.

Harga Nokia 7.2

Nokia 7.2 adalah perangkat yang hebat untuk segmen kelas menengah. Kasingnya mungkin agak biasa, tetapi kinerjanya lebih dari cukup untuk penggunaan sehari-hari. Perangkat lunak memainkan peran utama dalam hal ini. Berkat Android One, pengguna akan mendapatkan pembaruan versi Android secara teratur. Nokia 7.2 juga mendapat skor bagus di sektor kamera. Dari segi layar, Nokia sangat sukses. Ponsel kelas menengah ini mungkin tidak memiliki layar AMOLED, tetapi semuanya terlihat tajam dan jelas saat ditampilkan di layar. Daya tahan baterai pun cukup baik untuk penggunaan selama seharian. Harga Nokia 7.2 ditawarkan untuk konsumen di Indonesia sekitar Rp.4,3 jutaan.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment