Modus Penipu Terbaru di Alibaba 2021
in Alibaba

Modus Penipu Terbaru di Alibaba 2021

Modus penipuan yang memanfaatkan platform Alibaba pernah saya share di halaman ini : https://www.rajabeli.com/macam-macam-modus-penipu-di-alibaba.html

Nah, kali ini saya akan share lagi modus yang termasuk baru dan mulai banyak dilakukan oleh para penipu. Oh ya perlu diketahui bahwa modus ini adalah murni modus yang dilakukan orang orang tidak bertanggung jawab (penjahat) yang mencoba menipu orang melalui platform Alibaba. Jadi dalam hal ini tidak terkait apapun dengan keamanan berbelanja di Alibaba. Jadi kita harus bisa membedakan mana yang penipuan dan mana yang bukan. Dan jangan lantas mengambil kesimpulan bahwa belanja di Alibaba tidak aman. Modus penipuan bisa trejadi dimana saja. Jadi kita harus paham bagaimana caranya supaya bisa berbelanja secara online dengan mudah dan aman.

Modus penipuan ini sebenarnya mirip mirip dengan yang saya share di artikel sebelumnya, yaitu seperti berikut ini :
1. Seller menawarkan barang barang mahal dan branded, dengan harga yang sangat miring. Bahkan berani memberikan diskon beli 3 gratis 1, dan sejenisnya. Intinya menarik orang untuk berkomunikasi dengan dia

2. Jika ada orang yang tertarik, maka mereka akan “merayu” calon korbannya, untuk bertransaksi dengan nya

3. Setelah terjadi deal, mereka akan mengatakan bahwa mereka ada “perwakilan” di Indonesia, dan siap mengirimkan barang dari China ke alamat di Indonesia, termasuk pengurusan pajak dan lain lain

4. Selanjutnya si penipu akan memberikan Nomor rekening Bank atas nama orang Indonesia (Nomor rekening pribadi sebuah bank di Indonesia). Dan menyuruh calon korban untuk mentransfer uang pembeliannya ke rekening tersebut.

5. Jika calon korban tidak waspada serta terbuai dengan harga yang murah, maka tanpa pikir Panjang lagi, dia akan mentransfer uangnya ke rekening milik penipu. Dan setelah itu, statusnya berubah dari Calon Korban menjadi Korban penipuan.

6. Selanjutnya apabila korban tidak sadar telah masuk jebakan penipuan, maka si penipu akan memainkan penipuan selanjutnya. Mereka mengatakan seolah olah telah mengirimkan barang ke Indonesia, menggunakan metode pengiriman yang mereka karang karang sendiri, yang riilnya tidak ada. Mereka memberikan tracking number atau bukti pengiriman lain untuk membuat korban percaya (tracking number palsu).

7. Selanjutnya penipu akan bilang ke korban, bahwa barang bermasalah di Pelabuhan, di bandara, di bea cukai atau ditempat lain. Mereka bilang bahwa untuk mengurus barang yang bermasalah tersebut, diperlukan biaya tertentu yang jumlahnya mungkin akan lebih besar dari penipuan pertama tadi. Bagi korban yang tidak waspada, sekaligus panik karena takut barangnya hilang, akan Kembali mentransfer sejumlah uang yang diminta tadi. Dan tanpa disadari, dia telah ditipu dua kali.

8. Jika korban sadar, maka dia akan melakukan complain ke penipu, tetapi apa daya, sudah tertipu. Bagi yang tetep tidak sadar, dia bisa menjadi korban penipuan oleh penipu yang sama.

Nah, itulah modus penipuan yang bisa dikatakan baru di plstform alibaba. Modus penipuan ini merupakan “modifikasi” dari modus penipuan yang melibatkan Bule yang mengaku kirim hadiah ke teman sosial media di Indonesia, yang sudah saya share di posting berikut ini : https://www.rajabeli.com/modus-penipuan-pengiriman-paket.html.

Jadi modus penipuan ini melibatkan orang luar negeri yang bekerjasama dengan penipu dari Indonesia. mereka merupakan sebuah komplotan penipu yang mencari korban di dunia maya.

Kesimpulan yang saya ingin sampaikan adalah. Alibaba adalah sebuah platform yang aman. Kita aman belanja disana, asal paham skema belanja nya dengan benar. Berikut adalah tips penting tentang belanja di Alibaba :
1. Di Alibaba tidak ada dijual barang branded dengan harga murah. Barang branded memiliki jalur distribusinya sendiri

2. Lihat reputasi seller sebelum memutuskan untuk berkomunikasi dengan nya

3. Selalu gunakan cara pembayaran yang paling aman, yaitu melalui pembayaran di Trade assurance Alibaba

Nah, jika anda tertarik ingin membeli barang di Alibaba, tetapi masih bingung caranya, silahkan menghubungi kami. Nanti kami pandu dan bantu step step nya dari awal sampai barang diterima dengan mudah dan aman. Salam sukses.

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment