Mengenal WeChat Pay dan cara Menggunakannya
in e-Payment

Mengenal WeChat Pay dan cara Menggunakannya

 

Semula aplikasi WeChat sebatas berfungsi untuk chatting antar pengguna saja. Namun mulai meningkat untuk difungsikan sebagai sarana pembayaran. Aplikasinya dinamakan  WeChat Pay. Aplikasi pembayaran untuk ponsel ini sudah ada di 15 negara lebih. Fitur yang diberikan misalnya membeli makanan dan minuman, mengirim uang, membeli barang via online hingga membayar biaya taksi.

Sebelum memperoleh lampu hijau dari Bank Indonesia, Wechat Pay sempat memberikan layanannya di pulau Bali dan bisa menarik para turis asal China bagi memanfaatkan layanan pembayaran mereka dalam aktifitas berlibur di Pulau Dewata. Ketika itu, Bank Indonesia dan Pemerintah daerah Bali memberikan sanksi kepada merchant yang membantu Wechat Pay dapat memberikan layanan di Indonesia.

Pihak otoritas keuangan Indonesia dalam hal ini Bank Indonesia pun telah memberikan ijin resmi aplikasi WeChat Pay sehingga bisa memberikan layanan di Indonesia. WeChat Pay sudah melengkapi berbagai aturan dalam Peraturan Anggota Dewan gubernur atau PADG No. 21/18/2019. Regulasi itu berisi Implementasi Standar Nasional Quick Response Code (QRIS) untuk layanan pembayaran. Itu artinya pengguna pemegang uang digital WeChat Pay sudah dapat bertransaksi di berbagai merchant dalam negeri yang sudah terhubung ke QRIS.

Pada PADG itu diatur bahwa untuk Penyelenggara Jasa Pembayaran atau PJSP asing wajib bekerja sama dengan Buku IV apabila hendak masuk ke PJSP lokal. Dalam hal ini WeChat Pay sudah bekerjasama dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk.Transaksi QR Code Pembayaran  dengan menggunakan sumber dana dari instrumen pembayaran di luar wilayah NKRI wajib bekerja sama dengan bank BUKU IV.  Poin itu sudah termaktub jelas di pasal 18 dan 19 peraturan tersebut. Bank BUKU IV memiliki fungsi sebagai acquire dalam menindaklanjuti transaksi dari penerbit asing saat bekerja sama dengan PJSP. Dana yang mengendap pun wajib tersimpan dalam bank BUKU IV setidaknya 30 persen.

Kelebihan Aplikasi WeChat Pay

E-wallet asal Tiongkok WeChat Pay mulai dikenal saat platform pembayaran itu difungsikan para wisatawan China ketika berkunjung ke Indonesia. Kemudahan dalam hal proses pembayaran adalah salah satu fitur yang disukai para wisatawan China. Gampangnya ketika membayar biaya hotel, berbelanja, ataupun membayar makan di restoran adalah salah satu kelebihan Wechat Pay.

Cara registrasi di Aplikasi WeChat Pay

Cara pendaftaran untuk membuat akun di WeChat Pay cukup mudah. Namun beberapa hal harus disiapkan. Ponsel yang digunakan harus sudah terpasang aplikasi WeChat versi CN. Jalankan aplikasinya kemudian login menggunakan akun WeChat yang dimiliki. Di layar utama, ketuk tombol ME di pojok kanan bawah. Kemudian ketuk di tulisan WeChat Pay. Selanjutnya ketuk tombol Bank Cards lalu pilih untuk memasukkan data kartu kredit atau rekening bank ke akun. Akan tetapi sementara ini aplikasi WeChat Pay cuma memfasilitasi kartu kredit Mastercard dan Visa saja. Apabila rekening bank atau kartu kredit sudah ditambahkan, selanjutnya tentukan password agar bisa melakukan verifikasi pembayaran. Registrasi tuntas,  pengguna kini sudah bisa bertransaksi menggunakan kartu kredit atau rekening bank yang telah dikaitkan ke aplikasi WeChat Pay.

Cara menggunakan WeChat Pay

Tiap transaksi mesti diubah dulu ke rupiah dari denominasi Renmimbi. Sekarang ini, jaringan hotel Swiss-Belhotel di pulau Bali telah menghadirkan fasilitas transaksi digital WeChat Pay via jaringan Alto Halodigital International (AHDI). Layanan tersebut resmi sebab telah memperoleh persetujuan dari Bank Indonesia. Sehingga jika pengguna melakukan transaksi pembayaran dengan Alto QR Pay AHDI yang terhubung ke sistem WeChat Pay akan diselesaikan dengan denominasi rupiah. Cara menggunakan dompet digital WeChat Pay langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Merchant, toko, atau hotel dan restoran yang telah bekerja sama akan menawarkan kepada pengguna pembayaran menggunakan WeChat Pay.
  • Setelah diproses maka tagihan akan disajikan dengan mata uang rupiah, termasuk juga QR code.
  • Pengguna bisa mengecek tagihan itu lebih dulu sudah sesuai atau belum.
  • Pengguna kemudian melakukan pembayaran tagihan menggunakan scan QR code tadi dari aplikasi WeChat di ponsel.
  • Transaksi sukses lalu akan diperlihatkan dalam denominasi China Renmimbi.
RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment