Mengenal Perbedaan Bitcoin dan Altcoin
in Crypto

Mengenal Perbedaan Bitcoin dan Altcoin

Hype mata uang kripto tampaknya kembali dan tidak hanya Bitcoin (BTC) yang menjadi berita setiap hari tetapi juga yang lain yang termasuk dalam kelompok Altcoin seperti Ethereum, Ripple, dan Monero. Apa sebenarnya Bitcoin itu atau apa itu Altcoin? Apa perbedaan bitcoin dan altcoin? Cryptocurrency mana yang terbaik?

Teknologi Dibalik Mata Uang Kripto

Dua cryptocurrency terpenting saat ini adalah Bitcoin dan Altcoin. Keduanya adalah platform digital terdesentralisasi untuk transaksi dan aplikasi yang juga dikenal sebagai blockchain. Blockchain pada dasarnya adalah daftar transaksi digital seperti pembayaran, transfer, atau pembelian tiket konser. Transaksi tersebut dilacak pada jaringan komputer yang terhubung (peserta) di blockchain. Setiap blok dalam rantai berisi transaksi baru yang ditambahkan ke register setiap peserta. Oleh karena itu, register tersebut merupakan serangkaian blok informasi “terverifikasi” yang disatukan dan tidak akan pernah dapat diubah setelah disetujui.

Yang terpenting dari register ini adalah disimpan oleh peserta independen, baik perorangan maupun perusahaan. Tidak ada pemerintah pusat atau kepemimpinan di atasnya. Tidak ada yang bisa mempengaruhi blockchain. Bitcoin dan Altcoin tidak dapat dipalsukan, diretas, atau dibelanjakan ganda – sehingga orang yang memiliki uang ini dapat yakin bahwa uang itu memiliki nilai tertentu. Untuk proses bisnis, blockchain dapat diandalkan dan efisien. Dapat diandalkan karena hanya transaksi yang diotorisasi oleh pihak ketiga independen yang terjadi. Tidak ada kuasa pemerintah yang bisa campur tangan. Dalam pemungutan suara misalnya, tidak ada yang bisa mengubah, menghapus, atau menggandakan “suara” seseorang melalui blockchain. Tidak ada lagi kecurangan suara.

Dalam hal efisiensi, blockchain menggunakan kontrak pintar (atau sebaliknya). Kontrak pintar adalah perjanjian yang ditulis dalam kode yang berlaku secara otomatis ketika kondisi tertentu terpenuhi. Misalnya: ‘Kepemilikan rumah di Kerkweg 2 di Delft (dari Hans) dialihkan ke Kees ketika Kees telah mentransfer € 500.000 ke Hans. Keuntungan dari kontrak pintar, juga dikenal sebagai kontrak yang dapat dieksekusi sendiri, adalah bahwa tidak ada pihak ketiga seperti notaris yang perlu dilibatkan.

Ini revolusioner karena berarti banyak proses atau layanan yang mahal dan memakan waktu tidak lagi diperlukan. Pikirkan notaris dan bank. Tetapi juga akuntan, audit tidak lagi diperlukan karena transaksi hanya dilakukan jika semuanya benar. Itu tidak bisa lagi dimanipulasi setelahnya. Contoh penggunaan blockchain : pemungutan suara, logistik (angkutan kontainer), pendaftaran tanah, pendaftaran mobil, catatan perawatan kesehatan dan pasien, uang dan bahkan tiket konser sehingga pasar gelap tidak akan pernah muncul untuk tiket tersebut.

Perbedaan Bitcoin  dan Altcoin

Bitcoin adalah salah satu contoh mata uang kripto yang tren akhir-akhir ini. Meskipun Bitcoin pertama kali dikembangkan pada tahun 2009, sekarang ada banyak cryptocurrency lainnya yang dinamakan Altcoin. Apa itu Altcoin? Altcoin adalah nama kolektif untuk semua crypto currency selain Bitcoin. Nama ini berasal dari kata kombinasi alternative bitcoin. Ada lebih dari 1500 altcoin berbeda yang mengisi market aset kripto.

Nama ‘altcoin’ adalah gabungan dari dua kata alternatif dan Bitcoin, atau lebih tepatnya, koin alternatif. Singkatnya, altcoin adalah semua cryptocurrency selain Bitcoin. Cryptocurrency nyata pertama adalah Bitcoin. Ini dirancang pada tahun 2009 oleh pengembang perangkat lunak (masih tidak diketahui) Satoshi Nakamoto. Karena Bitcoin membuat dampak yang begitu besar, semua koin lain yang dikembangkan diberi label sebagai koin alternatif.

Seiring waktu, altcoin menjadi semakin populer dan saat ini semua altcoin yang digabungkan memiliki kapasitas pasar yang lebih besar daripada Bitcoin! Ini berarti ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan altcoin. Meskipun altcoin adalah koin alternatif untuk Bitcoin, mereka memiliki banyak kesamaan. Anda tidak dapat membeli semuanya dengan euro, tetapi Anda bisa membelinya dengan Bitcoin. Artinya, jika Bitcoin turun nilainya, nilai semua jenis Altcoin juga akan turun. Itu juga berlaku sebaliknya, jika Bitcoin naik, maka semua koin lainnya seringkali naik juga.

Bukannya altcoin lebih buruk dari Bitcoin. Bahkan ada altcoin yang mungkin lebih baik. Bitcoin memiliki masalah seperti kecepatan transaksi dan skalabilitas. Misalnya, altcoin seperti NEO memiliki kecepatan transaksi yang jauh lebih cepat daripada Bitcoin. Ada juga perbedaan antara jumlah koin yang tersedia. Bitcoin telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga hanya 21 Juta koin yang dapat dibuat melalui penambangan. Dengan altcoin, ini terkadang mencapai satu miliar koin atau lebih!

Tidak semua Altcoin bagus dan dapat diandalkan. Ada sejumlah karakteristik yang dapat digunakan untuk melihat apakah altcoin cukup stabil untuk diinvestasikan. Misalnya, Anda dapat melihat kapasitas pasarnya.  Di bawah ini adalah 3 altcoin terbesar yang layak untuk dipilih :

  • Ethereum (ETH) : Ethereum adalah altcoin terbesar dan paling populer. ETH adalah platform untuk aplikasi terdesentralisasi. Anda bisa menganggap ini sebagai jenis komputer yang dapat digunakan dari seluruh dunia. Dengan cara ini, jenis altcoin lain juga dapat menggunakan jaringan Ethereum
  • Binance Coin (BNB) : Binance Coin masih terbilang baru. Pada tahun 2017, Binance membuat langkah cerdas dengan merilis cryptocurrency sendiri yang dapat Anda gunakan untuk berjual-beli di bursa mereka sendiri.
  • Cardano (ADA) : pengelola berusaha untuk menjadikan ADA sebagai altcoin teraman di dunia.

Altcoin Mana yang Harus Dibeli?

Sebelum membeli altcoin, Anda harus terlebih dahulu menentukan mata uang kripto mana yang akan dibeli. Seperti yang disebutkan, yang terbaik adalah menelitinya sendiri melalui analisis fundamental atau teknikal. Namun, ada kemungkinan bahwa Anda memang benar-benar baru di dunia kripto. Kemungkinan Anda belum pernah mendengar tentang altcoin seperti Polkadot atau Ethereum atau yang lainnya. Anda dapat membaca berita tentang kripto untuk mencari tahu sendiri altcoin terbaik saat ini. Beberapa altcoin yang cukup menarik untuk dicek lebih lanjut seperti : Ethereum (ETH), Ripple (XRP), Cardano (ADA), dan Polkadot (DOT).

Membeli altcoin tidaklah sulit. Dengan meneliti altcoin yang berbeda seperti Ethereum atau Cardano, Anda dapat menentukan sendiri altcoin mana yang bisa menjadi investasi yang paling tepat. Setelah menentukannya, Anda dapat membeli altcoin yang relevan dari bursa kripto. Ada banyak bursa atau exchange kripto yang dapat dipilih. Di Indonesia seperti Indodax, TokoCrypto, atau Rekeningku.

Setelah Anda membeli altcoin dan menyimpannya di dompet digital, trik selanjutnya adalah memonitor harganya. Apakah menurut Anda harga altcoin Anda telah mencapai harga yang bagus? Bila iya maka anda dapat menjual altcoin Anda itu. Ini adalah saat yang paling menyenangkan dari perdagangan kripto, karena di sinilah Anda bisa mendapatkan keuntungan. Tentu saja anda pun bisa juga merugi jika Anda menjual altcoin dengan harga lebih rendah dari harga beli.

Mekanisme perdagangan aset kripto dilaksanakan melalui layanan yang dinamakan exchange. Exchange tersebut berperan layaknya marketplace, media bertemunya pembeli dan penjual mata uang kripto. Fasilitas yang diberikan Exchange termasuk beli, jual, simpan maupun transfer aset kripto. Transaksi mata uang kripto berlangsung antar anggota atau pedagang di exchange itu. Tanpa ada orang di luar exchange. Exchange tak ikut dalam jual beli. Fungsinya cuma sebagai perantara dengan membebankan fee dari pengguna saat melakukan jual beli maupun pencairan uang.

Pada tiap exchange sudah ditetapkan macam aset kripto yang dapat diperjualbelikan di market tersebut. Tiap exchange memiliki daftar mata uang kripto yang tidak sama antar satu dengan lainnya. Tak seperti bertransaksi di bursa saham, dimana investor mesti melalui broker selaku perantara, pada exchange, transaksi terjadi langsung. Tanpa ada pialang dalam transaksi yang dilakukan. Mengingat transaksi bitcoin dan altcoin dilakukan antar anggota exchange, maka harga jual beli exchange yang satu dengan yang lainnya bisa saja berbeda. Investor dapat memonitor sewaktu-waktu mengenai harga altcoin yang paling murah.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi