Mengenal Minimum Order Quantity Alibaba
in Alibaba

Mengenal Minimum Order Quantity Alibaba

 

Dalam berbelanja grosir maupun ritel, Anda harus tahu rumus dasarnya dimana Anda sangat jarang diperbolehkan membeli satuan. Istilah ini dinamakan MOQ atau Minimal Order Quantity. Lalu, apakah MOQ itu dan berapa kisaran jumlah barang yang setidaknya bisa Anda beli dalam satu pesanan? Yuk, kita simak ulasannya di artikel berikut ini.

Mengenal Minimal Order Quantity Alibaba

Bagi Anda yang merupakan pemain lama dalam belanja grosir dan ritel, pasti sudah tahu apa itu yang dimaksud dengan Minimal Order Quantity. Namun jika Anda adalah pemain baru dalam industri ini, tentunya Anda masih bingung dengan apa itu pengertian Minimal Order Quantity, apa saja syaratnya, bagaimana sistem pemesanannya, hingga berapa sih sebenarnya jumlah barang yang diperbolehkan dipesan.

Untuk memuaskan rasa penasaran Anda dan juga sebagai penambah ilmu Anda di bidang grosir dan ritel, apalagi ketika Anda bermain di b2b Alibaba, maka ada baiknya Anda menyimak ulasan di bawah ini mengenai MOQ.

Secara umum, MOQ atau Minimal Order Quantity adalah jumlah pesanan minimum atau bisa juga diartikan sebagai jumlah stok paling rendah yang akan dilayani penjual kepada pembeli. Jadi, jika Anda tidak membeli sesuai MOQ, maka pesanan Anda tidak akan diproses karena tidak sesuai standar pembelian.

Di Alibaba, Anda pun juga akan menjumpai banyak pedagang yang menerapkan sistem Minimal Order Quantity kepada produk jualan mereka. Tentunya, persyaratan ini tidak akan Anda jumpai di marketplace-marketplace yang ada di Indonesia.

Jika disini Anda bisa membeli produk dengan hanya 1 buah saja, maka di Alibaba Anda akan diperkenankan membeli ketika sudah mencapai batas minimum stok pelayanan. Biasanya, penerapan Minimal Order Quantity ini diberikan oleh produsen kepada produk-produk yang harganya rendah. Semakin rendah harga grosir suatu produk dari harga ecerannya, maka akan semakin tinggi pula MOQ yang ditetapkan.

Jadi, misalkan saja, Anda berniat membeli sebuah mini dress dari produsen di Guangzhou, China lewat Alibaba. Disana, produk tersebut dapat dibeli dengan harga $10 untuk grosir sedangkan di pasaran, harga ecerannya adalah $20. Namun, produk tersebut baru bisa Anda lakukan pemesanan jika Anda membeli minimal 100 pc. Inilah yang disebut dengan Minimal Order Quantity (MOQ).

Ada beberapa alasan mengapa MOQ diberikan, namun salah satunya adalah untuk menjaga nilai barang di pasaran. Karena selisih harga yang tinggi ini, tentu akan banyak orang yang suka membelinya di toko tersebut. Oleh karena itu, maka hanya para pedagang grosiran saja yang bisa membeli di produsen dress tersebut dengan minimal jumlah pemesanan yang sudah ditetapkan.

Bagi penjual dan pembeli, MOQ sebenarnya memberikan masing-masing pihak keuntungan. Jadi, masing-masing pihak akan mendapatkan win-win solution dari perdagangan yang dilakukan. Inilah mengapa, banyak pedagang grosiran kelas kakap yang suka membeli barang dagangan mereka di Alibaba karena penerapan sistem MOQ.

Pertama bagi produsennya, MOQ dapat membuat produk mereka tidak terlalu lama disimpan di gudang. Hal ini karena perputaran barangnya sangat cepat mengingat pembeli dibebankan jumlah minimal order dalam satu kali pesanannya.

Sedangkan untuk pembeli yang merupakan pedagang, MOQ dapat memberikan jaminan stok kepada mereka untuk dijual. Selain itu, MOQ juga akan membuat mereka mendapat penghematan biaya-biaya lainnya karena banyaknya barang dalam satu kali pesan, misalnya biaya pengiriman dan bongkar kemas barang.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu Minimal Order Quantity atau MOQ yang mana diterapkan di Alibaba. Semoga ulasannya bermanfaat.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment