Mengenal Grup Perusahaan Alibaba yang Bisnisnya Menggurita
in Alibaba

Mengenal Grup Perusahaan Alibaba yang Bisnisnya Menggurita

Siapa yang tidak mengenal Alibaba? Alibaba merupakan sebuah grup perusahaan yang menjual berbagai macam produk dan didirikan oleh Jack Ma. Alibaba didirikan pertama kali oleh Jack Ma pada tahun 1999 di sebuah apartemen kecil miliknya.

Namun siapa sangka, berkat etor kerja yang dimiliki sebuah grup perusahaan besar asal China yang kini sudah mendunia. Gurita bisnis Alibaba Group juga sudah sangat besar dan banyak sehingga kekayaannya tak perlu diragukan lagi.

Sebagai founder, Jack Ma berhasil membuktikan bahwa apapun bisnis yang dijalani jika dilakukan dengan senang hati dan pantang menyerah maka hasil yang akan didapatkan juga sangat besar. Lantas, apa sebenarnya kunci sukses seorang Jack Ma mendirikan grup perusahaan Alibaba?

Kunci Sukses Jack Ma Mendirikan Grup Perusahaan Alibaba

Memiliki keinginan untuk selalu maju

Kunci sukses Jack Ma dalam mendirikan grup perusahaan Alibaba yang pertama adalah selalu ingin maju. Ya, sebagaimana yang kita harus tahu bahwa sebuah bisnis bisa berjalan lancar dan berkembang cukup pesat bukan hanya karena produk dan pelanggan saja.

Akan tetapi suatu bisnis bisa maju juga karena trik dan strategi dalam menjalankan bisnis tersebut. Sebagai seorang pengusaha, strategi memenangkan persaingan harus dimiliki dan Jack Ma senantiasa berpikir maju. Ia juga selalu memikirkan tentang bagaimana cara agar bisnisnya lebih dikenal orang tidak hanya di satu negara melainkan di seluruh penjuru dunia.

Selalu fokus pada pelanggan

Persaingan di dunia bisnis merupakan hal yang selalu akan terjadi. Oleh sebab itu, seorang pengusaha harus senantiasa memiliki cara agar dapat memenangkan persaingan yang ketat tersebut. Pengusaha harus memiliki tim yang dapat memberikan input tentang bagaimana produknya mampu memenangkan persaingan.

Untuk menghadapi semua pesaingnya, Jack Ma punya trik. Ia selalu berusaha menyatukan pelanggan sehingga ia memiliki tim yang kuat. Bukan hanya tentang tim yang memasarkan produknya dan membantu produknya berkembang, melainkan juga tim pembeli yang loyal dengan semua produk yang Jack Ma miliki.

Memiliki kepandaian menangkap peluang

Pada tahun 1990an, infrastruktur di negara China masih sangat minim. Minimnya infrastruktur di China,  menjadi salah satu aspek yang menyebabkan banyak usaha di China sulit berkembang. Nah, kendala ini yang kemudian dimanfaatkan oleh Jack Ma sebagai peluang.

Ia memiliki ide yang sangat kreatif untuk mendirikan Alibaba. Alibaba menjadi sebuah perusahaan e-commerce di China yang kemudian menjadi alternatif solusi pengusaha di China untuk memasarkan produknya.

Melalui Alibaba, Jack Ma berhasil mempersatukan banyak pedagang atau pengusaha China yang merasa kesulitan memasarkan produknya untuk menjangkau pasar yang lebih luas melalui e-commerce Alibaba.

Ekspansi bisnis secara global

Prinsip Jack Ma dalam berbisnis yaitu memperluas pangsa pasar. Jack Ma tidak berusaha menguasai satu negara saja, melainkan Jack Ma mengekspansi pasar di luar Indonesia. Prinsip ini yang kemudian mendorong Jack Ma dan membawa Alibaba untuk mencapai pasar global.

Selama ini Jack Ma selalu percaya bahwa bisnis akan bertahan lama dan berumur panjang jika kehadirannya tidak hanya dibutuhkan di satu negara saja, melainkan juga dibutuhkan oleh negara lainnya. Oleh sebab itu Jack Ma senantiasa berusaha melakukan ekspansi pasar besar – besaran untuk memperluas jangkauan bisnisnya.

Mengabaikan haters

Dalam perjalanan bisnis Alibaba, Jack Ma pernah memiliki inisiatif untuk menciptakan sebuah platform pembayaran bernama Alipay. Akan tetapi kehadiran Alipay mendapat cibiran banyak orang. Alipay dianggap banyak orang sebagai salah satu sistem pembayaran yang tidak akan berdampak besar bagi cuaca bisnis di China. Akan tetapi berkat cibiran banyak orang, Jack Ma berhasil meluncurkan Alipay dan kesuksesannya bisa kita lihat sampai detik ini.

Semua itu penting karena bagi Jack Ma, cibiran orang tidak akan membuat dirinya berhenti untuk berkarya dan menggapai apa yang menjadi mimpinya. Justru apa yang menjadi cibiran orang dibuktikan dengan kesuksesan yang ia berhasil raih.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami tentang bagaimana cara Jack Ma memperbesar dan melakukan ekspansi pasar atas grup perusahaan Alibaba hingga kini grup perusahaan Alibaba menjadi sebuah bisnis yang menggurita.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment