Mengenal Fitur Pusat Bantuan Tokopedia
in Tokopedia

Mengenal Fitur Pusat Bantuan Tokopedia

Tokopedia menjadi andalan situs belanja terlengkap untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Menawarkan kemudahan dan fleksibilitas, Tokopedia sangat nyaman untuk berbelanja dari rumah. Meski layanan yang diberikan sudah optimal namun terkadang, konsumen masih menghadapi berbagai kendala. Untung saja tersedia fitur Pusat Bantuan Tokopedia.

Fitur-Fitur Pusat Bantuan Tokopedia

Pusat Bantuan Tokopedia menawarkan beragam informasi terperinci mengenai kendala-kendala yang ditemui pelanggan misalnya terkait transaksi atau mengenai layanan Tokopedia diantaranya: Akun, Pesanan, Pembayaran, Pengiriman, Pengembalian dana, Saldo dan Tarik dana, Penjualan, Promosi, dan Pelaporan masalah keamanan akun. Pengguna dapat mengirimkan laporan terkait masalah dengan menjelaskannya disertai bukti pendukung. Selanjutnya laporan tersebut akan ditindaklanjuti pihak Tokopedia.

Secara umum, cara menggunakan Pusat Bantuan Tokopedia dari mobile browser adalah sebagai berikut. Ketikkan keyword ‘Bantuan’ di kolom pencarian, kemudian tekan menu ‘Bantuan Tokopedia Care’. Pengguna akan dibawa menuju halaman Pusat Bantuan Tokopedia. Ketikkan kata kunci yang menggambarkan masalah yang sedang dihadapi di kotak pencarian, kemudian dari hasil yang ditampilkan klik pada artikel yang paling pas. Pengguna pun bisa memilih topik yang relevan dengan masalah atau tekan tombol ‘Lainnya’ untuk mencari topik yang kerap ditanyakan atau topik sesuai produk yang dijual di Tokopedia.

Sesudah menentukan topik yang relevan dengan kendala yang dihadapi maka pengguna akan langsung dibawa menuju halaman artikel. Namun jika pengguna belum mendapatkan jawaban dari masalah yang dihadapi itu maka tekan tombol ‘Hubungi Tim Tokopedia Care’. Ketikkan dengan rinci kendala itu kemudian sertakan pula foto pelengkap, selanjutnya tekan tombol ‘Kirim’. Laporan masalah itu secepatnya ditindaklanjuti pihak Tokopedia Care. Pengguna tinggal menantikan balasan dari pihak Tokopedia Care paling lama 1 x 24 jam yang biasanya dikirimkan lewat Pesan Bantuan dalam menu Inbox.

Pilihan Pusat Bantuan Tokopedia

Pelanggan diberikan beberapa pilihan ketika ingin menyampaikan masalah yang dihadapi terkait dengan layanan atau produk Tokopedia. Beberapa channel berikut dapat digunakan sesuai dengan mana yang dianggap lebih mudah :

Call Center Tokopedia Care : Pilihan Pusat Bantuan Tokopedia ini namanya adalah Tokopedia Care yang dengan senang hati akan melayani konsumen secara cepat dan komprehensif berupa fasilitas digital customer service. Jika konsumen atau penjual menemui kesulitan ketika bertransaksi atau ada pertanyaan mengenai layanan Tokopedia, langsung saja menghubungi call center Tokopedia ini. Langkah langkah dalam menghubungi Tokopedia Care yaitu :

–     Di halaman akun, klik pada menu Pengaturan.

–     Kemudian klik pada menu Tokopedia Care.

–     Di halaman Tokopedia Care, pengguna bisa mengetikkan kata kunci yang menjadi masalah yang ingin ditanyakan dalam kolom pencarian.

–     Pengguna pun bisa mencari sendiri topik yang dirasa cocok dengan kendala yang sedang dihadapi.

–     Ketikkan dengan rinci lalu sertakan juga hasil jepretan halaman yang bermasalah, lalu tekan tombol Kirim.

Invoice Transaksi : Pembeli dan penjual pun dapat menghubungi Pusat Bantuan Tokopedia dari invoice transaksi yang tengah diproses. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

–     Masuk ke halaman Akun, klik pada menu Daftar Transaksi kemudian tekan tombol Belanja.

–     Tentukan mana transaksi yang mengalami kendala.

–     Di halaman detail pesanan, tekan tombol disini.

–     Ikuti instruksi selanjutnya hingga selesai.

Live Chat Tokopedia : Pengguna pun dapat mengontak Pusat Bantuan Tokopedia melalui fitur Live Chat. Fasilitas tersebut adalah sarana untuk para pengguna agar bisa bertanya langsung ke pihak Tokopedia Care mengenai berbagai masalah yang timbul dalam hal transaksi. Sekarang ini menu Live Chat cuma dapat digunakan bagi user yang mempunyai status keanggotaan Gold atau Platinum. Fasilitas tersebut bisa dinikmati dari widget Toped Bot yang terpasang di web, aplikasi, maupun mobile web.

Harus diperhatikan, sebelum mengetikkan “Live Chat” lalu ada di antrean Tim Tokopedia Care, maka akan muncul fitur Chatbot yang menyapa pengguna lebih dulu. Langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut :

–     Masuk ke halaman akun, tekan tombol pengaturan.

–     Tekan pada opsi Tokopedia Care.

–     Di halaman Pusat Bantuan, langsung keluar fitur pop up chat, tekan tombol Chat Sekarang untuk memulai.

–     Tuliskan apa yang menjadi pertanyaan dalam kolom isi.

–     Pengguna pun dapat menyertakan screenshot halaman yang mengalami masalah, yaitu tekan ikon tambah di sudut kiri bawah.

–     Perlu diingat bahwa ada syarat dan ketentuan dari penggunaan Live Chat Tokopedia ini seperti bagi pengguna yang mempunyai tier Gold maka lebih dulu ditindaklanjuti sistem Chat bot sebanyak 3 kali sebelum tombol Live Chat keluar dalam Chat Room Customer sebelum tersambung ke pihak Customer Service. Sementara bagi pengguna yang mempunyai tier Platinum maka otomatis keluar ikon Live Chat dalam Chat Room sehingga dapat tersambung ke pihak Customer Service saat itu juga.

 

 

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi