Mengenal Cara Kerja Ethereum Mining
in Crypto

Mengenal Cara Kerja Ethereum Mining

Mata uang kripto saat ini lagi hits dimana-mana termasuk di Indonesia. Selain Bitcoin, ada satu lagi asset kripto yang sangat menarik yaitu Ethereum. Harga Ethereum melejit belakangan ini sehingga menarik banyak pihak untuk memilikinya. Ethereum Mining adalah salah satu cara untuk mendapatkan koin berharga ini.

Cara Kerja Cryptocurrency

Krisis keuangan pada tahun 2008 mengakibatkan salah satu bank kenamaan dunia bangkrut. Bank Lehman Brothers di Amerika bangkrut dan itu membawa konsekuensi ekonomi yang sangat besar. Perusahaan dan pemerintah Amerika pun mengambil risiko besar di pasar keuangan dan menanggung risiko besar kehilangan properti mereka. Tak lama setelah krisis tersebut, orang tak dikenal merilis dokumen, “Sistem uang elektronik peer-to-peer, Bitcoin”. Orang tersebut telah menjelaskan penemuannya, bitcoin yang akan menjadi jaringan digital terdesentralisasi yang memungkinkan pembayaran antara 2 pihak tanpa campur tangan pihak ketiga seperti bank atau pemerintah.

Niat pencipta di balik Bitcoin itu sebenarnya tidak dimaksudkan sebagai mata uang digital tetapi menjadi sistem yang dikembangkan dengan baik di mana dimungkinkan untuk mentransfer uang antara dua pihak tanpa melibatkan lembaga keuangan. Jika kita menggunakan sistem digital untuk mentransfer uang, setidaknya kita membutuhkan poin-poin berikut : tagihan, saldo atau balance, dan transaksi. Dengan ketiganya kita dapat mengatur sistem pembayaran. Yang paling penting untuk sistem pembayaran ini yaitu setidaknya saldo saat ini di rekening harus dijaga dengan baik, sehingga uang tidak dapat ditransfer berkali-kali.

Sistem pembayaran digital populer, seperti internet banking atau perusahaan seperti Skrill dan Paypal diharuskan menggunakan otoritas pusat yang harus selalu diperbarui. Jadi selalu ada bank atau server terpusat yang melacak aktifitas tersebut. Dengan begitu kita bergantung pada pihak ketiga seperti lembaga pemerintah atau bank keuangan.

Di dunia cryptocurrency, tidak ada campur tangan otoritas pusat atau pihak ketiga. Ini berarti bahwa jaringan secara independen melacak semua transaksi dan bahwa semua transaksi diverifikasi untuk memeriksa apakah itu transaksi yang valid dan apakah ada cukup saldo di akun untuk melakukan transaksi. Hal ini dimungkinkan jika semua pihak memiliki data dan informasi yang sama. Biasanya ini cukup sederhana karena semua informasi melalui otoritas pusat (pihak ketiga misalnya bank atau pemerintah) dapat memverifikasi ini, tetapi dalam dunia cryptocurrency tidak demikian. Kebanyakan orang berpikir itu terlalu rumit dan tidak percaya jika dimungkinkan pengembangan sistem pembayaran digital (Blockchain). Semua informasi di Blockchain memiliki informasi yang cocok, sehingga tidak perlu diverifikasi oleh otoritas pusat.

Menggunakan Ethereum dalam Praktik

Sama seperti Anda memiliki uang di rekening bank, itu pada akhirnya berkisar pada angka yang ada di database dan harus mewakili nilai finansial. Masuk akal jika Anda ingin membelanjakan dana tersebut jika Anda mau. Cryptocurrency dapat diterbitkan seperti mata uang keuangan lainnya seperti EUR atau USD. Semua transaksi dalam blockchain disimpan dalam database publik yang tidak dapat diubah oleh siapa pun, ini memberikan ketenangan kepada banyak orang karena bersifat transparan.

Semua orang bisa menggunakan Ethereum tanpa melibatkan pihak ketiga. Anda dapat mengelola uang Anda sendiri melalui dompet digital dan melakukan pembayaran mudah dengannya. Anda tidak menghadapi risiko dari bank yang bisa bangkrut dan tidak diperlukan ATM untuk transaksi, tidak ada biaya transaksi yang tinggi dan transaksi biasanya langsung disetorkan tanpa masa tunggu. Pembayaran tidak dapat dibatalkan. Oleh siapa pun! Setelah Anda mentransfer mata uang, tidak ada yang bisa mengubahnya. Nomor akun Anda dan transaksi yang Anda lakukan tidak terhubung dengan identitas asli Anda di dunia nyata, keamanan Anda dijamin oleh enkripsi dan privasi khusus yang tidak dapat dipecahkan. Melakukan pembayaran internasional pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Transaksi yang Anda lakukan tidak bergantung pada lokasi Anda yang sebenarnya dan dapat diterima dalam beberapa menit. Kebanyakan orang ingin mengambil keuntungan dari peningkatan harga mata uang kripto.  Anda membeli saat harga Ethereum rendah dan mencoba menjualnya lagi dengan harga setinggi mungkin.

Mengenal Platform Ethereum

Ethereum adalah platform yang dapat digunakan untuk mendukung berbagai jenis program seperti platform perdagangan perbankan atau game. Apa saja yang bisa kita gunakan untuk internet. Jaringan Ethereum menggunakan jaringan terdesentralisasi. Ketika Anda menggunakan jaringan Ethereum, tidak mungkin bagi perusahaan besar, seperti eBay atau Facebook, untuk menyimpan atau mengedit data yang telah Anda kirim (seperti pesan).

Komputer-komputer dalam jaringan Ethereum tersebar di seluruh dunia dan terhubung satu sama lain melalui internet, komputer-komputer ini menggunakan enkripsi (koneksi terenkripsi). Ketika perubahan dibuat di jaringan, semua komputer harus mengkonfirmasi penyesuaian tersebut. Perubahan itu disimpan di jaringan Ethereum. Apa yang membuat Ethereum begitu istimewa dan unik? Jawabnya adalah Ethereum dapat diandalkan.

Mungkin Anda pernah ke pameran dan ingin memenangkan hadiah. Mungkin perangkat yang Anda mainkan tidak sepenuhnya adil, bagaimana Anda bisa yakin bahwa perangkat yang Anda mainkan tidak diprogram sedemikian rupa sehingga Anda akan kalah? Mungkin Anda memiliki toko internet. Tentu saja Anda ingin menghasilkan lebih banyak penjualan dari situs web Anda dan Anda ingin menarik lebih banyak pengunjung. Anda menggunakan perusahaan sebagai pasar sebagai saluran promosi untuk “meningkatkan” situs web Anda. Anda membayar banyak uang ke pasar dan akhirnya berharap bahwa Anda akan mendapatkan lebih banyak pengunjung ke situs web Anda, ketika Anda melihat laporan kampanye iklan Anda, Anda melihat bahwa itu telah dilihat 1000 kali. Tapi benarkah begitu? Jika kami menggunakan Ethereum maka Anda tidak perlu khawatir tentang ini lagi, semua data terhubung di jaringan Ethereum – ini memastikan transparansi. Tidak ada perantara dalam jaringan Ethereum yang dapat membuat perubahan.

Kemungkinan semua komputer dalam jaringan akan offline sangat kecil, itulah sebabnya Anda akan selalu online. Ini sangat penting untuk beberapa aplikasi besar, seperti peralatan di rumah sakit, sistem pertahanan militer atau bank. Tentu saja penting bahwa sistem dan aplikasi ini tetap mudah diakses melalui internet, jaringan Ethereum menawarkan solusi yang baik untuk ini. Sejumlah besar investor melihat Ethereum sebagai masa depan untuk internet, yang juga tercermin dari harga Ethereum yang meroket sejak awal tahun 2017.

Ethereum Mining

Ethereum dapat diperoleh dengan membeli di platform exchange diantaranya Luno, Indodax, juga Tokocrypto. Di samping itu, ethereum pun dapat diperoleh dengan mining atau menambang. Pada intinya, ethereum mining atau menambang ethereum yaitu membuat koin ether baru dan menyimpan catatan dari semua transaksi yang terjadi. Mesti dimengerti jika para penambang dari berbagai belahan dunia yang menjalankan penambangan ethereum berkontribusi lewat kemampuan perangkat yang digunakan dalam memverifikasi sekaligus memperbanyak transaksi ether yang terjadi di sebuah buku kas induk publik. Buku kas induk itu yang dinamakan blockchain. Blockchain tempat catatan ether berada dinamakan ethereum.

Agar dapat melakukan ethereum mining maka penambang harus mengoperasikan suatu program komputer demi mengerjakan persamaan matematika dalam jumlah yang mencapai jutaan. Penambang bersaing dengan banyak penambang lain dari seluruh dunia agar dapat menjadi yang pertama memverifikasi sebuah transaksi. Kini, untuk tiap satu menit ada satu penambang yang sukses menyelesaikan persamaan matematika itu. Hadiahnya adalah dua koin ether dan biaya transaksi mining. Bila 1 koin ether dihargai Rp.50 jutaan maka untuk satu kali menambang akan dapat meraup Rp.100 jutaan.

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi