Mengenal Apa Itu TikTok Lite ? Dan Apa Perbedaannya dengan TikTok Reguler
in Umum

Mengenal Apa Itu TikTok Lite ? Dan Apa Perbedaannya dengan TikTok Reguler

Banyak orang yang mencari tahu apa itu TikTok Lite ? Bagi yang belum tahu, ternyata aplikasi TikTok memiliki dua versi, reguler dan lite. TikTok Lite sendiri sudah bisa digunakan oleh para pengguna smartphone di Indonesia dengan mengunduhnya terlebih dahulu di App Store maupun Play Store.

Untuk informasi mengenai TikTok Lite, simak penjelasannya berikut ini untuk lebih jelasnya.

Apa Itu TikTok Lite ? Inilah Perbedaannya Dengan TikTok Reguler

Aplikasi ini telah dirilis di berbagai belahan dunia dan pada Agustus 2018 pertama kali diperkenalkan. Ukuran TikTok Lite sendiri lebih kecil dibandingkan dengan TikTok Reguler, karena hanya memiliki ukuran 21 MB. Sehingga sangat cocok untuk digunakan di smartphone yang memiliki spesifikasi rendah.

Selain itu dibandingkan dengan TikTok Reguler, TikTok Lite hanya mengonsumsi data yang lebih sedikit. Fungsi dan kegunaan dari TikTok versi Lite juga sama seperti versi standar. Lalu adakah perbedaan mengenai TikTok versi standar serta TikTok Lite dan apakah lebih worth it untuk digunakan?

Letak Perbedaan TikTok Lite dan TikTok Standar

  1. Kapasitas penyimpanan

Kapasitas penyimpanan file di TikTok Lite hanya sebesar 182 MB sehingga berbeda dengan aplikasi TikTok Reguler yang bisa mencapai kapasitas 300 MB. Menjadi lebih kecil dan ringan merupakan hal yang menjadi faktor dibuatnya TikTok Lite.

  1. User Interface

Untuk tampilan desainnya sendiri kedua versi aplikasi tersebut memiliki user interface yang cukup mirip. Terdapat pula tab Search, Home, Upload, Profil, dan Inbox pada TikTok Lite, sehingga sama seperti versi standar. Perbedaannya terletak pada ikon tab Inbox, yang mana untuk versi standar ikonnya berbentuk amplop dan untuk versi Lite ikonnya berbentuk petir.

  1. For You Page (FYP)

Seperti aplikasi TikTok Reguler, TikTok Lite juga akan menampilkan halaman For You Page (FYP) saat pengguna pertama kali membuka aplikasi ini. Lalu untuk perbedaannya ada didominan warnanya, warna terang (putih) mendominasi TikTok Lite dan warna gelap mendominasi TikTok versi standar.

Karena sama-sama dibuat oleh ByteDance, sehingga kedua versi aplikasi TikTok memiliki tab For You. Pada tab ini pengguna bisa melihat kumpulan video-video pendek dari pengguna lainnya. Untuk melihat konten selanjutnya dapat mengusap layar ke atas dan untuk me-refresh video baru dapat mengusap layar ke bawah.

Konten-konten yang ada di tab ini disesuaikan dengan algoritma berdasarkan hobi, aktivitas serta minat yang relevan dengan pengguna. TikTok Lite juga bisa digunakan untuk mengunggah, menyukai, membagikan dan mengunduh video yang ada. Pengguna juga bisa mengedit video terlebih dahulu seperti pada versi standar.

  1. Fitur yang dipangkas

Beberapa fitur yang ada TikTok versi standar ada yang tidak terdapat di TikTok Lite, seperti Digital Wellbeing, Wallet, Block List, dan LivePhoto. Berbagai opsi yang sifatnya privasi ada beberapa di versi Lite, yaitu mode akun privat, memblokir orang, dan mengizinkan orang tertentu untuk bisa mencari profil mereka.

Untuk opsi React dan Duet yang ada di versi Reguler tidak ada di versi Lite. Lalu ada opsi Report yang ada di kedua versi TikTok. Perbedaan durasi perekaman yang ditawarkan masing-masing versi tentunya berbeda, durasi maksimal 15 detik untuk Lite dan 3 menit untuk versi standar.

Demikianlah pembahasan apa itu TikTok Lite ? dan perbedaannya dengan aplikasi TikTok versi reguler. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu pembaca untuk mengenal lebih jauh TikTok Lite dan bagaimana fungsinya.

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment