Mengenal Apa itu Ethereum
in Crypto

Mengenal Apa itu Ethereum

Kita mungkin lebih sering melihat Bitcoin di berita akhir-akhir ini. Nilai bitcoin telah meningkat tajam dan harganya mencapai rekor baru. Namun itu tidak hanya berlaku untuk Bitcoin. Mata uang kripto lain seperti Ethereum pun berkembang pesat akhir-akhir ini yang terlihat dari kenaikan harganya. Tapi apa Ethereum itu?

Apa itu Ethereum?

Bitcoin adalah apa yang disebut cryptocurrency, atau jenis mata uang digital terenkripsi. Transaksi dengan bitcoin disimpan di jaringan ribuan komputer tanpa keterlibatan pihak ketiga. Jaringan itu disebut blockchain dan merupakan semacam buku besar yang terdesentralisasi. Semua komputer menjalankan versi yang sama dari buku besar tadi, yang berarti bahwa data tidak dapat diubah.

Banyak kripto telah dibuat sejak awal bitcoin, namun sementara bitcoin masih merupakan yang terbesar. Meski begitu perkembangan menarik dapat dijumpai di Ethereum. Ethereum memiliki apa yang dinamakan kontrak pintar atau smart contract yang merupakan kontrak digital khusus yang secara otomatis dieksekusi jika perjanjian tertentu dipenuhi sebelumnya. Teknologi tersebut memastikan bahwa transaksi tetap dijalankan dan kontrak tersebut akan membuka pintu untuk semua jenis aplikasi terdesentralisasi.

Salah satu perkembangan terbesar adalah munculnya keuangan terdesentralisasi atau DeFi (Desentralized Financial). DeFi  adalah istilah kolektif untuk serangkaian aplikasi keuangan baru. Ini adalah ekosistem keuangan terdesentralisasi transparan yang membuat layanan keuangan seperti mengambil pinjaman dapat diakses oleh semua orang tanpa keterlibatan perantara, seperti bank.

Pasar baru tersebut memungkinkan orang untuk meminjamkan crypto satu sama lain dengan mengamankannya sebagai jaminan dalam kontrak pintar. Mereka kemudian dapat memperoleh pengembalian persentase tinggi pada crypto yang terkunci tadi. Pasar baru itu menjadi hits di tahun 2020 lalu dan tumbuh sangat cepat sehingga 100 miliar euro kini diikat sebagai jaminan dalam produk DeFi.

Perkembangan Ethereum pun diwarnai dengan kehadiran token yang tidak dapat dipertukarkan (NFT,Non Tangible Token). Tidak seperti mata uang digital lainnya, NFT tidak dapat ditukar. Ini berarti bahwa setiap token adalah unik dan menyediakan segala macam kemungkinan baru. Misalnya, sekarang dimungkinkan untuk menjual karya seni sebagai NFT. NFT kemudian ditautkan ke kode unik pada platform Ethereum dan berfungsi sebagai semacam bukti keaslian yang dapat diverifikasi oleh siapa saja melalui blockchain. Beberapa tokoh terkenal pun telah menjual NFT senilai jutaan dollar. Artis digital Beeple menjual karya seni NFT dengan harga tidak kurang dari 58 juta euro.

Dalam beberapa bulan terakhir, kita telah melihat dunia investasi global makin merapat ke Bitcoin. Cecara bertahap hal yang sama pun terjadi dengan Ethereum. Pada Februari 2021, Chicago Mercantile Exchange (CME), bursa derivatif terbesar di dunia, meluncurkan kontrak berjangka Ethereum. Pada bulan April, reksadana Ethereum pertama diperdagangkan secara publik (ETF) telah disetujui. Selain itu, kita pun melihat semakin banyak perusahaan besar berinvestasi di Ethereum termasuk perusahaan pembayaran seperti PayPal dan Visa.

Mungkin salah satu perkembangan terbesar Ethereum pada tahun lalu adalah peluncuran Ethereum 2.0. Ethereum menjadi sangat populer sehingga jaringan pun harus melayani banyak transaksi dalam waktu bersamaan yang membuatnya melambat. Akibatnya biaya transaksi pun meroket sebagaimana terjadi pada Bitcoin. Ethereum ingin menyelesaikan problem tersebut dengan beralih ke jaringan blockchain baru. Hanya saja mungkin perlu beberapa tahun sebelum peralihan itu selesai. Namun demikian, langkah pertama telah berhasil diambil dan sudah ada lebih dari $10 miliar ETH dalam kontrak pada Ethereum 2.0, yang menunjukkan bahwa ada banyak pengguna yang menaruh kepercayaan.

Kelebihan Ethereum

Salah satu topik paling populer di dunia kripto yang sering menjadi bahan pembicaraan adalah harga. Seseorang dapat membeli satu ethereum tahun lalu dengan harga sekitar 85 euro. Setahun kemudian, harga ethereum telah menembus 2.000 euro yang artinya telah terjadi peningkatan tidak kurang dari 2.250% dalam satu tahun. Siapa yang tahu seberapa tinggi harganya dalam beberapa tahun ke depan?

Ethereum adalah salah satu cryptocurrency terbesar saat ini, berinvestasi di Ethereum bisa sangat menarik. Cukup menguntungkan saat ini berinvestasi dalam cryptocurrency seperti Ethereum, karena teknologi pintar yang diadopsi menjadi semakin andal dan mungkin merupakan metode pembayaran masa depan. Sebagai investor pemula, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dari berinvestasi di Ethereum.

Anda tidak membeli saham di Ethereum. Investasi Ethereum adalah tentang spekulasi harga. Harga Eter (alat pembayaran) akan naik di masa depan karena ada lebih banyak permintaan untuk itu. Ketika Anda menjual pada waktu yang tepat, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan. Tentu saja, berinvestasi di Ethereum juga mengandung lebih banyak risiko daripada bentuk investasi tradisional. Investasi masih bisa berjalan dengan baik karena Ethereum saat ini adalah salah satu cryptocurrency paling populer. Selain itu, gambaran masa depan jaringan ini juga memberikan alasan kuat untuk tetap berinvestasi di dalamnya. Ethereum menawarkan sejumlah keuntungan yang dapat Anda pertimbangkan ketika akan membuat keputusan apakah akan berinvestasi di jaringan ini atau tidak :

  • Alternatif untuk Bitcoin: Bitcoin akan semakin besar dan dengan itu risikonya juga akan meningkat. Ethereum adalah alternatif yang baik untuk Bitcoin dan Anda bisa mendapatkan keuntungan dari itu sebagai investor.
  • Cryptocurrency populer: Ethereum adalah cryptocurrency populer dan itu memastikan bahwa orang akan banyak berinvestasi dalam mata uang ini. Nilainya akan meningkat dengan berjalannya waktu.
  • Dapat diterapkan secara luas: platform ini lebih dari sekadar cryptocurrency. Ethereum juga menawarkan banyak nilai untuk masa depan, di mana aplikasi ini mungkin tidak lagi memerlukan notaris atau pengacara.

Cara Investasi di Ethereum

Cara paling populer untuk berinvestasi di Ethereum adalah membelinya saat harganya rendah dan menjualnya saat harganya naik. Ketika harga turun, Anda sebagai investor dapat membeli dan menjual kembali di waktu yang tepat. Anda dapat dengan mudah mendaftar di platform perdagangan online. Anda dapat dengan mudah membuat akun, menyetor uang ke akun investasi , dan mulai membeli ethereum.

Langkah-langkah cara investasi di Ethereum adalah sebagai berikut :

  • Mendaftar dengan platform. Untuk ini, Anda memberikan sejumlah data pribadi.
  • Selesaikan pemeriksaan KYC/identitas. Sebelum/setelah deposit, atau sebelum penarikan, platform “Know Your Customer” (KYC) dan Anti-Money Laundering (AML) harus diselesaikan. Untuk melakukan ini, Anda harus memberikan bukti alamat Anda dan foto untuk identifikasi.
  • Pilih metode setoran. Setiap platform Ethereum menawarkan metode perbankannya sendiri. Ini sering merupakan campuran dari transfer bank, kartu kredit atau pembayaran PayPal. Setiap platform kemungkinan akan mengenakan biaya untuk setiap metode deposit.
  • Setor uang. Dibutuhkan 24 jam hingga beberapa hari untuk sampai ke akun platform Anda. Durasi deposit dapat bervariasi berdasarkan platform dan metode deposit yang dipilih.
  • Beli Eter dengan uang yang Anda setorkan. Setelah Anda memiliki saldo di akun maka sudah dapat digunakan untuk membeli Eter.

Penting untuk dimengerti bahwa sebagai investor, Anda akan berurusan dengan risiko. Ini tidak hanya terjadi ketika Anda berinvestasi di Ethereum, tetapi juga ketika Anda mulai berinvestasi di saham, obligasi, atau instrumen investasi lain. Oleh karena itu penting untuk hanya menginvestasikan uang yang dapat Anda lupakan untuk jangka waktu panjang. Penting juga untuk menyebarkan peluang, karena dengan begitu Anda juga akan menyebarkan risiko. Dengan berinvestasi di beberapa cryptocurrency atau produk keuangan lainnya, Anda akan mengurangi risiko.

 

 

 

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi