Mengapa Waktu Kiriman Forwarder China Begitu Lama ?
in Forwarder

Mengapa Waktu Kiriman Forwarder China Begitu Lama ?

Sedang belajar cara impor barang dari China ? (alibaba, taobao, 1688, dll ). Saya yakin anda akan mencari tau tentang apa itu skema forwarder barang dan dimana mencari jasa forwarder tersebut ?.

Skema forwarder barang

Skema forwarder barang secara singkat digambarkan sebagai sebuah skema pengiriman barang antar negara, dimana kita akan dibantu oleh jasa forwarder mulai dari menerima barang di gudang mereka di China, mengirimkan barang ke Indonesia sampai dengan pengurusan barang di pabean dan mengirimkan barang ke alamat kita. Langkah Langkah skema forwarder adalah sebagai berikut :

  1. Barang kita beli dan dikirim ke Gudang forwarder di China
  2. Forwarder akan menerima dan mengirimkan barang ke Indonesia
  3. Forwarder akan mengurus semua hal terkait dengan kepabeanan di Indonesia
  4. Forwarder mengirimkan barang ke alamat kita sebagai customer

jasa_forwarder_china

Dimana mencari jasa forwarder ?

Karena kita tinggal di Indonesia, maka kita bisa mencari jasa forwarder tersebut di Indonesia. Carilah jasa forwarder yang melayani pengiriman barang dari China ke Indonesia.

Berapa lama waktu pengiriman forwarder ?

Waktu pengiriman barang disesuaikan dengan metode pengiriman forwarder yang digunakan.

  • Jika menggunakan skema forwarder udara, maka umumnya makan waktu 1-3 Minggu sejak barang masuk Gudang di China. 1 Minggu ini jika kita menggunakan skema forwarder udara Standar. Dan 2-3 Mingguan jika kita menggunakan jasa forwarder udara standar (ekonomis)
  • Jika menggunakan skema forwarder laut, umumnya makan waktu 4-5 Mingguan, terhitung sejak barang masuk ke Gudang forwarder di China

Kenapa pengiriman barang dengan skema forwarder begitu lama ?

Sebuah pertanyaan yang muncul adalah kenapa pengiriman barang demikian lama ?. sebagai contoh pengiriman forwarder udara bisa sampai 2-3 mingguan ?. Bukankah perjalanan pesawat dari China ke Indonesia tidak sampai 1 hari ?. Demikian pula jika menggunakan skema forwarder laut. Kenapa sampai 4-5 Mingguan, sedangkan perjalanan kapal hanya makan waktu 10-12 hari saja ?

Perlu diketahui, yang Namanya skema forwarder adalah sebuah rangkaian proses dari menerima barang digudang, melakukan administrasi di Gudang, pemeriksaan Bea Cukai di China, proses perjalanan fisik barang, pemeriksaan kepabeanan di Indonesia, hingga proses adminitrasi di Gudang forwarder di Jakarta.

Dan perlu diketahui juga, bahwa Ketika paket masuk ke Gudang di China, tidak serta merta langsung dikirim saat itu juga. Ada waktu tunggu tertentu yang harus dilalui oleh paket, hingga memenuhi kuota untuk pengiriman. Misalnya jika pengiriman menggunakan forwarder laut, maka memerlukan waktu tunggu untuk memenuhi satu container lebih dahulu, baru barang bisa dikirim. Nah lamanya waktu menunggu ini tergantung pada seberapa besar perusahaan forwarder yang anda gunakan. Semakin besar perusahaan itu, maka trafiknya juga makin besar dan berefek pada lebih cepat terpenuhinya kuota pengiriman yang dibutuhkan.

jasa_forwarder_rajabeli.com

Proses selanjutnya adalah pengiriman. Untuk proses ini secara umum pengiriman kapal dari China ke Jakarta makan waktu sekitar 10-12 hari saja, jika menggunakan jalur direct atau langsung. Artinya kapal dari China langsung ke Indonesia, dan container tidak melakukan transit di perjalanannya. Lain halnya jika forwarder menggunakan jalur alternatif atau transit. Dimana kapal akan berhenti di Pelabuhan antara dan container diturunkan untuk mengganti kapal. Disini sudah aka nada selisih waktu antara pengiriman dengan jalur laut secara direct dan secara transit.

Setelah barang sampai ditujuan, maka container juga akan masih menunggu proses pemeriksaan dengan antrian di bea cukai. Dan ini tergantung skema forwarder yang digunakan. Jika menggunakan skema jalur resmi atau undername, maka waktunya akan lebih cepat, dibandingkan jika kita menggunakan skemaforwarder Borongan door to door.

Nah itulah sedikit penjelasan mengnai lamanya waktu pengiriman dengan skema forwarder, serta penjelasan mengenai kenapa waktu pengiriman forwarder bisa lama ? sedangkan perjalanan dengan pesawat dan kapal laut sebenarnya cukup cepat.

whatsapp_rajabeli.com

RajaBeli.com

RajaBeli.Com melayani pembelian dan pembayaran di ebay, aliexpress, amazon, paypal dan ratusan situs jual beli Online diseluruh dunia, dengan Aman, Mudah dan Bergaransi

Post Comment